logo top 10

  1. Sejak dinyatakan hilang pada Sabtu (8/3) dini hari, hingga kini pesawat Malaysia Airlines MH370 belum diketemukan. Sedikitnya 7 negara ikut dalam operasi pencarian, diantaranya Vietnam, China, Malaysia, Indonesia, India dan Amerika. Berbagai upaya telah dilakukan, namun belum membuahkan hasil. Belakangan, misteri hilangnya pesawat jenis Boeing 777-200 muncul spekulasi lain, Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Najib Tun Razak, dalam jumpa persnya di Kuala Lumpur (15/3) mengatakan penelusuran pesawat Malaysia Airlines di laut dihentikan dan mengalihkan pada dugaan aksi pembajakan. Keamanan Malaysia juga telah melakukan investigasi terhadap para petugas (kokpit pilot) dan para penumpang pesawat.
  2. Intelejen Amerika Serikat ikut membantu investigasi kasus dugaan pembajakan Malaysia Airlines MH370. Selain pembajakan, mereka juga kini membuka opsi penggunaan pesawat untuk menyerang sebuah negara. Hal ini disampaikan anggota kongres AS yang menangani bidang keamanan, Michael McCaul. Dia mendapat informasi dari pihak keamanan dalam negeri intelijen hingga pusat kontrateroris AS. Menurutnya, kasus pesawat MH370 bukan kecelakaan. Untuk membuktikannya pihak terkait terus melakukan penyelidikan dan investigasi.
  3. Meski telah resmi diusung sebagai calon presiden dari PDI P, Joko Widodo masih tetap menjalankan tugasnya sebagai Gubernur DKI Jakarta. Hal ini dibuktikan dengan rencana blusukan seperti sebelum ia dideklarasikan maju sebagai capres pada pemilu 2014. Jokowi tetap menjalankan tugasnya dengan melakukan berbagai kunjungan di sejumlah lokasi di Jakarta yang masih bermasalah.
  4. Sebanyak 2800 rumah warga di Deyeuhkolot, Kabupaten Bandung terendam banjir setinggi 1 meter. Kondisi ini membuat lebih dari 3000 kepala keluarga (KK) terpaksa meninggalkan rumah dan dievakuasi ke pengungsian. Banjir terjadi akibat hujan lebat yang menyebabkan Sungai CItarum meluap.
  5. Polemik pencalonan Joko Widodo sebagai Capres pada pemilu 2014 terus bermunculan. Diantara masyarakat yang mendukung Jokowi, banyak juga yang merasa kecewa. Salah satunya Tim Advokasi Jakarta Baru yang akan menggugat Gubernur DKI Jakarta karena dianggap ingkar janji. Koordinator Tim Advokasi Jakarta Baru, Habiburikhman mengatakan, gugatan tersebut dilakukan karena relawan yang membela Jokowi dan warga yang memilih merasa kecewa dengan langkah Jokowi menjadi calon presiden dalam Pilpres 2014. Masih ada belasan catatan janji Jokowi yang dihimpun Tim Advokasi Jakarta Baru dan sampai saat ini masih belum diselesaikan, diantaranya membentuk pemerintah yang profesional, membenahi birokrasi agar pemerintah berjalan bersih, transparan dan profesional. Belum lagi janji membangun Mal PKL, ruang publik dan revitalisasi pasar tradisional hingga tidak menggangu pengguna jalan, mengatasi macet, banjir dan masih banyak lagi.
  6. Gangguan kabut asap yang terjadi di Riau sepertinya membuat kesal banyak pihak, bahkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pun sampai terkena getahnya. Presiden mengaku banyak ‘disemprot’ oleh rakyat karena dinilai lamban menangani kabut asap. Kemarahan diluapkan rakyat melalui jejaring sosial facebook dan twitter pribadi Presiden. SBY menyampaikan kritik yang disampaikan cukup pedas. “Sampai saat ini ada 9.000 akun media sosial yang memarahi saya karena bencana asap. Ada yang marahnya beralasan, tapi ada juga yang tanpa alasan” papar SBY. Untuk menindaklanjuti permasalah asap yang merisaukan dan menggangu sejumlah aktivitas masyarakat setempat, orang nomor satu di Indonesia itu meminta semua pihak menjalankan intruksi sebaik mungkin. “Saya keluarkan intruksi untuk dilaksanakan seluruh pihak, kalau situasi sudah memungkinkan, saya pun ingin meninjau langsung ke sana” tegas SBY.
  7. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono geram dengan aksi para pelaku pembakaran lahan di Ruai. Selama ini SBY menilai sanksi bagi para pelaku masih terlalu ringan. “Presiden minta pelaku pembakaran lahan dihukum berat. Kejahatan itu tidak boleh dipandang ringan karena berdampak luas dan menyengsarakan rakyat banyak” tulis SBY melalui akun twitternya (17/3). Untuk itu SBY memerintahkan seluruh perusahaan di wilayah Riau rela mengeluarkan dana CSR untuk membiayai pengadaan alat pembuka lahan yang dibutuhkan petani hingga ke pelosok. Dia juga menekan pentingnya kesadaran untuk segera menghentikan kabut asap.
  8. Tingkat kemacetan di sejumlah jalan raya di wilayah DKI Jakarta diperkirakan dapat teratasi dengan penerapan konsep jalan berbayar (electronic road pricing/ERP) karena mengurangi penggunaan kendaraan pribadi di Ibu Kota. Hal ini disampaikan Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Pehubungan, Suroyo Alimoeso dalam keterangan persnya. Menurut Suroyo, pemerintah pusat akan segera menerapkan ERP. Sebagai proyek percontohan, selain DKI Jakarta, sistem itu juga akan diterapkan di Surabaya. Jalan yang akan diberlakukan ERP adalah jalan-jalan protocol yang sering dilewati kendaraan dan mengakibatkan kemacetan. ERP akan diterpkan di ruas Jalan Jend. Sudirman –Thamrin, dan bila memungkinkan meluas hingga Jalan Hayam Wuruk.
  9. Rencana kunjungan Bill Gates ke Indonesia sudah terdengar sejak pekan lalu. Pendiri Microsoft itu dijadwalkan tiba di Jakarta pada 5 April 2014 mendatang. Rencananya, melalui Bill & Melinda Gates Foundation, Bill Gates akan meninjau sentra kesehatan masyarakat, dan bertemu dengan sejumlah filantropis, juga mendonasikan dananya untuk Indonesia Heath Fund. Bill Gates mendukung penuh rencana pembentukan ‘Indonesia Health Fund, yaitu sebuah bantuan kesehatan yang dikhususkan untuk menampung donasi para pengusaha dan filantropis di Indonesia. Program ini diharapkan bisa membantu pemerintah dalam mengatasi berbagai masalah endemis yang masih menjangkit masyarakat miskin di seluruh Tanah Air.
  10. Para pemuka lintas agama yang tergabung dalam Paguyuban Umat Beriman Magelang (PUBM) Jawa Tengan menyelenggarakan doa bersama agar Pemilu 2014 berlangsung damai serta melahirkan pemimpin yang bertanggung jawab. Doa berama dan sarasehan para pemuka lintas agama berlangsung di Panti Ekakapti, Kompleks Gereka Santa Maria Magelang. Selain dihadiri perwakilan umat beragama, sejumlah calon anggota legislatif baik tingkat kota, provinsi Jawa Tengah, anggota DPR RI dari berbagai partai politik pun turut hadir dan mendoakan yang terbaik untuk Pemilu 2014.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?62316

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :