1. Dalam waktu satu bulan Teman Ahok berhasil mengumpulkan ulang data KTP untuk mendukung Ahok menuju Pilkada 2017. Dalam situs website Teman Ahok, data KTP yang berhasil dikumpulkan per Senin (11/4) mencapai 533.420. Sementara batas minimum data KTP harus dikumpulkan adalah 532.213. Sebagai bentuk syukur, Teman Ahok menggelar syukuran dan makan bersama karena telah berhasil mengumpulkan batas minimun. Meski sudah memenuhi syarat maju jalur independen, Teman Ahok masih berjuang agar data KTP bisa mencapai 1 juta.
  2. Bank Dunia akan membantu pendanaan untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan di Indonesia. bantuan tersebut merupakan bagian dari upaya agar kabut asap tidak terjadi lagi seperti setahun sebelumnya. Ketua Tim Bank Dunia Aryal menyebutkan pendanaan sebesar satu miliar dolar akan dikucurkan bertahap selama tiga tahun.
  3. Presiden Joko Widodo meluncurkan program sinergi aksi untuk ekonomi rakyat di Desa Laangan, Brebes, Jawa Tengah. Program ini bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan taraf hidup pelaku usaha di pedesaan. Alasan Brebes dipilih menjadi lokasi proyek percontohan pengentasan kemiskinan karena kesejahteraan petani bawang disana relative rendah. Peluncuran program tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan petani bawang dan menjadi contoh bagi pelaku usaha di daerah lain.
  4. Setelah 46 tahun menjadi anggota Organisasi Kerja sama Islam (OKI), akhirnya Indonesia untuk pertama kali menjadi wakil tetap RI untuk organisasi internasional yang berdiri pada tahun 1969. “Indonesia siap bekerjasama dengan 57 negara anggota OKI dan dengan pengalaman dan modal besar ‘Unity in Diversity’nya, Indonesia mampu berkiprah di dunia internasional” kata Dubes Maftuh dalam keterangan tertulisnya.
  5. Indonesia terpilih sebagai tuan rumah pertemuan puncak ke-10 para pemimpin Pramuka Kawasan Asia Pasifik  (APRS) pada 2017 mendatang. Rencananya ‘APRS Leaders Summit 10th’ akan digelar di Bali pada April 2017. Penetapan tuan rumah APRS Leaders Summit ditentukan melalui voting. Indonesia berhasil menyisihkan Korea Selatan, Thailand, Bangladesh, dan Pakistan yang sama-sama bersaing untuk menjadi tuan rumah.
  6. Militer Filipina mengatakan 18 tentara telah tewas dalam pertempuran sengit dengan militant Islam pimpinan Abu Sayyaf di Pulau Basilan, Filipina. Lebih dari 50 tentara lainnya terluka dalam bentrokan. Pertempuran tersebut mengupayakan pembebasan sandra diantaranya 10 pelaut WNI.
  7. Ketua MPR Zulkifli Hasan menyampaikan dukacita atas tewasnya 18 tentara Filipina dalam baku tembak dengan kelompok Abu Sayyaf. “Kita turut berduka mendalam atas korban yang terjadi dalam rangka pembebasan warga kita oleh tentara Filipina. Semoga keluarganya diberi kekuatan” kata Zulkifli. Ia berharap pemerintah Indonesia dan Filipina mendapat jalan keluar untuk membebaskan para sandera.
  8. Pemerintah terus berupaya membebaskan 10 WNI yang ditawan teroris Abu Sayyaf. Sebelumnya kelompok Abu Sayyaf meminta tebusan sebesar 50 juta peso atau sekitar Rp 15 miliar untuk membebaskan 10 WNI. Wakil Presiden Jusuf Kalla kembali menegaskan bahwa pemerintah tak akan memberikan uang tebusan. Dia mempersilakan jika pengusaha pemilik kapal yang disandera hendak membayar uang tebusan. Namun dia menegaskan pemerintah tidak akan ikut campur dalam pemberian uang tebusan itu.
  9. BNN kembali mengamankan narapidana pengendali jaringan narkotika dan obat-obatan terlarang di Lembaga Pemasyarakat Lubuk Pakam. Napi yang diamankan bernama Toni yang mendapat fasilitas khusus di dalam lapas. BNN mengamankan barang bukti puluhan ribu kilogram sabu, puluhan ribu pil ekstasi dan puluhan ribu pil happy five.
  10. Indonesia meraih penghargaan Best Destination Promotion di Azerbaijan, International Travel and Tourism Fair 2016. Keindahan ragam budaya Indonesia menarik perhatian pengunjung pameran AITF 2016 yang diselenggarakan pada 7-9 April di Baku Expo Center, Azerbaijan. Banyak pengunjung pameran yang mencari informasi mengenai Indonesia dan membeli cinderamata khas Indonesia. Pameran kali ini diikuti oleh 273 perusahaan dari 28 negara yang mewakili 80 daerah tujuan wisata.