logo top 10

  1. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengajak masyarakat turut berpartisipasi pada pemilihan umum (pemilu) 2014 mendatang. Menurutnya, peran serta masyarakat sebagai penentu kesuksesan pesta demokrasi rakyat lima tahunan itu. SBY juga menilai rakyat sebagai penentu pemimpin yang berkualitas. “Bukan hanya itu, tapi berkualitas dan martabat” kata SBY. Sebab lanjutnya, hanya rakyat yang akan menentukan siapa calon pemimpin 2014 mendatang.
  2. Presiden SBY menetapkan tanggap darurat akibat bencana yang membuat banyak jalan rusak dan persawahan terendam di sejumlah daerah. Dalam keterangan persnya di Kantor Kepresidenan, SBY menyatakan operasi tanggap darurat akan dilaksanakan lebih cepat dan terpadu di daerah yang kerusakannya parah. Presiden menugaskan Kementerian Pekerjaan Umum untuk mengatasi masalah tersebut. “PU mengemban tugas ini dengan harapan percepatan dan peningkatan efektivitasnya” kata Presiden. Tak hanya itu, Presiden juga berharap semua kepala daerah baik gubernur maupun bupati juga turun langsung membantu dan menangani masalah tersebut.
  3. Kerugian sektor logistic akibat banjir yang terjadi di wilayah Jabodetabek mencapai 40 miliar rupiah perhari. Hal ini disampaikan Ketua Umum Kadin DKI Jakarta, Eddy Kuntadi. “Kerugian mencapai 20 hingga 40 miliar rupiah sehari. Bahkan kerugian itu akan terus berlanjut karena infrastruktur transpotasi seperti jalan raya mengalami kerusakan pascabanjir” paparnya. Eddy menyebutkan sejumlah sektor transportasi menjadi usaha yang paling mengalami kerugian saat banjir terjadi. Penyebab kerugian itu ialah kemacetan, peningkatan biaya angkut, bahan bakar serta biaya tunggu kapal. Sejumlah permasalahan tersebut membuat beberapa pusat ekonomi seperti pasar Tanah Anang, Glodok, Mangga Dua sampai pasar Jatinegara mengalami penurunan omset hingga 200 miliar rupiah per hari.
  4. Perayaan Cap Go Meh 2014 di Bogor, Jawa Barat ke-14 kalinya akan digelar pada 14 Februari. Berbagai rutian dan atraksi budaya akan jadi persembahan menarik, bahkan tak hanya barongsai saja, tapi juga akan menampilkan sejumlah kebudayaan dari beberapa daerah, seperti tari Saman dari Aceh.  Panitia Pesta Rakyat Cap Go Meh 2014, Aridin Himawan mengatakan, pelaksanaan Cap Go Meh 2014 ini akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Selain melibatkan banyak orang, beragam acara sebelum parade berlangsung telah digelar lebih dahulu, diantaranya peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang sudah digelar pada Januari lalu, dilanjutkan dengan upacara Ayak Abu, upacara bebersih alter, mandi rupang, sembayang serta Imlek dan festival kreasi lampion. Untuk bulan Februari ini, rangkaian acara Cap Go Meh dimulai dengan melukis massa oleh 24 pelukis di atas kanvas sepanjang 40 meter.
  5. Hingga kini status Gunungapi Sinabung masih dinyatakan dalam status ‘Awas’. Dengan masih berlakunya status ini, Pemerintah Kabupaten Karo memperpanjang masa tanggap darurat hingga 15 Februari 2014. Hal ini dinyatakan dalam Surat Keputusan Bupati Karo Nomor 361/032/Bakesbang/2014 tentang Penetapan Perpanjangan Status Tanggap Darurat Bencana Erupsi Gunung Sinabung Kabupaten Karo Tahun 2014. Masa tanggap darurat bencana erupsi Gunung Sinabung sebelumnya berlaku dari tanggal 2 Februari hingga 8 Februari 2014.
  6. Bencana alam yang melanda berbagai wilayah di Tanah Air mengundang simpati dari berbagai pihak di Ponorogo, Jawa Timur. Puluhan musisi dan penyanyi dangdut mengamen bersama untuk menggalang dana yang nantinya akan disumbangkan kepada korban bencana alam. Memberikan hiburan gratis di keramaian adalah cara yang dipilih puluhan musisi dan artis lokal Ponorogo untuk menarik perhatian masyarakat. Mereka mengamen dengan cara berpindah-pindah dan mendatangi lokasi-lokasi ramai seperti tempat wisata dan pusat-pusat perbelanjaan untuk menarik simpati masyarakat agar mau menyisihkan sedikit rejekinya untuk disumbangkan.
  7. Dua polisi lalu lintas (polantas), Aipda Baru Tamam dan Bripka Ari Adi Saputra patut diapreasasi karena tegas menjalankan tugas. Selama ini, polantas sering dicap sebagai polisi ‘nakal’, karena tak sedikit oknum yang meminta uang dari pengendara bermasalah. Namun dua polantas itu menolak suap dari seorang pengendara yang kedapatan membawa narkoba jenis sabu. Kejujuran keduanya sampai ditelinga atasan. Pada akhir pekan lalu, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Nurhadi Yuwono, memberikan penghargaan kepada mereka. Mereka menjadi contoh polantas antikorupsi bagi rekan-rekannya. Dan sekarang mereka berdua pun dikenal dan dijuluki sebagai polantas antikorupsi.
  8. Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, John Kerry akan memulai lawatannya ke sejumlah negara Asia pada pekan ini. Beberapa tujuan lawaran Kerry adalah Indonesia, China, Korea Selatan dan Uni Emirat Arab. Kunjungan Kerry akan dimulai Kamis (14/2) hingga 18 Februari. Dijelaskan juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Jen Psaki dalam sebuah pernyataan persnya, Kerry akan mengunjungi Seoul, Beijing, Jakarta dan Abu Dhabi untuk bertemu dengan para pejabat senior pemerintah dan membahas berbagai isu bilateral, regional dan global.
  9. Imbas tukar rupiah terhadap dolar melemah, menyebabkan biaya operasional maskapai membengkak. Akibatnya, selain maskapai Merpati Airlines, dua maskapai lainnya yaitu Mandala Tiger dan Sky Aviation tengah menghadapai persoalan financial. Padahal sejak beberapa tahun belakangan, industri penerbangan nasional tengah gencar-gencarnya bertumbuh. Namun akibat hampir semua komponen biaya operasional menggunakan dolar, cukup berdampak bagi kalangan pengusaha khususnya penerbangan. Hal ini pun diakui Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Herry Bakti yang mengatakan, ada dua maskapai lainnya yang sudah melakukan pentupan sejumlah rute penerbangannya.
  10. Selama hampir sebulan beberapa wilayah DKI Jakarta khususnya di bantaran Kali Ciliwung terendam banjir. Dinas Kesehatan DKI Jakarta mencatat sebanyak 24 ribu jiwa pengungsi banjir terserang penyakit. Dari catatan Dinas Kesehatan DKI Jakarta, kebanyakan pengungsi terserang penyakit influenza, gatal-gatal dan demam. Hal ini disebabkan juga karena faktor cuaca dan terlalu sering berada di genangan air. Saat ini penanganan sudah berjalan, penderita serius sudah dirujuk ke rumah sakit dan mendapat penanganan lebih lanjut. Sementara untuk warga yang sakit telah ditangani oleh tim kesehatan di pengungsian masing-masing.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?61598

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :