logo top 10

  1. Hujan deras yang mengguyur Jakarta menyebabkan sejumlah area Ibukota tergenang. Di beberapa tempat air mulai merendam rumah. Berdasarkan data BPBD DKI Jakarta hingga Senin (13/1) hampir 28 kelurahan, 72 RW, 233 RT di 18 kecamatan terendam banjir. Adapun korban terdampak berjumlah 3.742 KK atau 11.972 jiwa dan menimbulkan pengungsi 1.545 jiwa yang tersebar pada 23 lokasi pengungsian. Daerah banjir terparah berada di Cawang, Karamat Jati, Cililitan, Bidara Cina dan Kampung Melayu.
  2. Akibat banjir, PT PLN terpaksa melakukan pemadaman gardu listrik di 136 titik wilayah Jakarta. Gardu yang dipadamkan berada di wilayah-wilayah yang terendam banjir. Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Disjaya dan Tangerang Roxy Swagerino, menuturkan pemadaman terhadap gardu listrik tersebut terpaksa dilakukan untuk menjaga keamanan warga agar tidak terkena sengatan listrik. Roxy menjelaskan ada tiga alasan yang membuat gardu di sejumlah wilayah dipadamkan, pertama karena gardu terendam, kedua karena lingkungan di daerah gardu terendam, dan yang ketiga gardu daerah sekitar atau keduanya terendam. Pemadaman dilakukan sejak Minggu (12/1), dan baru akan dinyalakan kembali setelah kondisi benar-benar memungkinkan atau banjir telah surut.
  3. Sebanyak 300 personel Brigade Mobil Kepolisian Daerah Metro Jakarta Raya diturunkan ke beberapa lokasi banjir. Kasat Brimob Polda Metro Jaya Kombes Pol Heny Sulistya mengatakan pasukannya diterjunkan untuk membantu mengevakuasi korban banjir di Jakarta dan sekitarnya. Ratusan personel diterjunkan sejak Minggu malam ke beberapa lokasi banjir seperti di Kampung Pulo, Bekasi, Cileduk, Kampung Duri, Bendungan Hilir dan Depok.
  4. Sejumlah sepeda motor melintas di jalan tol Jagorawi melalui pintu tol Taman Mini, Jakarta Timur, Senin (13/1) pagi. Beberapa jalan arteri di Jakarta banjir membuat motor diizinkan masuk tol. Salah satunya Tol Jagorawi arah Jakarta. Padahal kondisi tol pagi ini juga padat. Banjir yang menggenangi wilayah Jakarta dan sekitarnya membuat akses jalan terputus dan terjadi kemacetan  di mana-mana.
  5. Nama Anas Urbaningrum masuk sejumlah media internasional setelah ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena kasus gratifikasi terkait proyek pembangunan sekolah olahraga Hambalang. Anas Urbaningrum menjadi tersangka dalam kasus gratifikasi terkait proyek pembangunan sekolah olahraga Hambalang sejak 22 Februari 2013. Dalam kasus Hambalang ini, Anas disebut-sebut menerima Toyota Harrier dari rekanan proyek Hambalang. Mobil mewah itu diterima saat Anas masih menjabat Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPR atau sebelum menjabat Ketua Umum Demokrat.
  6. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menolak rencana pemberian gelar Jenderal Besar kepadanya seperti yang diusulkan Panglima TNI Jenderal Moeldoko. Melalui Sektretaris Kabinet Sudi Silalahi, SBY mengganggap kerjanya selama ini terutama soal alutsista karena sudah menjadi tugas presiden. “Terus terang beliau menolak dalam hal ini tapi kita mengapresiasi apa yang disampaikan Panglima TNI. Apa pun yang dilakukan sejumlah kebijakan beliau untuk memajukan TNI itu memang benar adanya. Tapi sekali lagi tidak memerlukan penghargaan seperti itu karena memang kewajiban presiden” terang Sudi. Sebelumnya, Panglima TNI mengatakan Presiden SBY layak mendapatkan penghargaan sebagai Jenderal Besar.
  7. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksikan puncak hujan terjadi pada pertengahan Januari hingga Februari mendatang. Terlebih lagi jika dipicu tumbuhnya siklon tropis di selatan Jawa, hujan ekstrem berpotensi  terjadi. “Berdasarkan laporan BMKG, hujan deras dan cuaca ekstrem berpotensi terjadi hingga bulan depan. Karena itu, warga harus tetap waspada” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho.
  8. Penduduk di Charleston di negara bagian West Virginia, Amerika Serikat, diimbau tidak meminum atau mencuci dari air keran. Ini karena sungai setempat tercemar bahan kimia. Dilansir laman Itv, sedikitnya lima ribu galon bahan kimia industri 4- methylcyclohexane methanol atau Crude MCHM bocor ke Sungai Elk. Tumpahan kimia berasal dari sebuah tangki milik perusahaan di Charleston, Freedom Industries. Pihak berwenang mengatakan perusahaan tersebut memproduksi kimia untuk industri tambang, baja dan semen. Agen Federal Manajemen Darurat telah mengirim 75 trailer berisi air kemeasan untuk dibagikan kepada 300 ribu warga. sekretaris Departemen Kesehatan dan Sumber Daya Manusia karen Bowling menjelaskan 73 orang dilarikan ke UGD, sementara lima orang dirawat di rumah sakit untuk observasi. Mereka mengalami gejala keracunan, termasuk mual, muntah, pusing, diare, reuam dan kemerahan pada kulit.  Kontaminasi di sungai Elk juga membuat beberapa restoran setempat tutup.
  9. Air terjun terkenal Niagara terletak di perbatasan Amerika Serikat dan Kanada dilaporkan membeku karena cuaca ekstrem badai salju melanda Amerika beberapa hari ini. Suhu udara tercatat 52 derajat celcius di bawah nol. Air terjun tersebut normalnya bisa mencurahkan 500 ribu liter air per detik, namun kini tak berdaya karena menghadapi badai salju dan cuaca ekstrem.  Cuaca dingin menerjang Amerika telah menyebabkan ribuan penerbangan dari  dan ke Amerika ditutup, begitu juga sejumlah kantor, sekolah dan fasilitas umum lainnya berhenti beroperasi.
  10. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta segera menerbitkan surat pernyataan siaga darurat banjir agar semua unsur yang bertanggung jawab menangani bencana tersebut bisa cepat bergerak, termasuk dengan merekayasa cuaca bila diperlukan. Saat ini Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo telah mengintruksikan jajarannya untuk memproses pembuatan surat pernyataan siaga darurat banjir. Salah satu langkah penanggulangan banjir Jakarta, yaitu Melalui surat pernyataan siaga darurat banjir, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dapat melakukan rekayasa cuaca sehingga dapat mengurangi potensi banjir di Jakarta.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?61074

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :