1. Aktivitas vulkanik Gunung Bromo terus meningkat. Dalam dua hari terakhir, terjadi empat kali letusan. Aktivitas yang meningkat menyebabkan abu terus mengarah ke Malang, akibatnya Bandar Udara Abdulrachman Saleh ditutup. Tak hanya itu saja, paparan abu vulkanik Bromo,  membuat masyarakat aktif meminta masker dan obat tetes mata ke posko siaga bencana Gunung Bromo terdekat.
  2. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mempersilakan partai politik jika ingin mendukungnya pada pilkada 2017 mendatang. “Silakan saja kalau partai mau mendukung,” kata Ahok. Namun ia menjelaskan bahwa ia akan maju melalui jalur independen pada Pilkada DKI 2017. Langkah tersebut ditempuh Ahok untuk menghargai kerja keras pendukungnya, yaitu Teman Ahok, yang sudah mengumpulkan KTP sebagai syarat Basuki mencalonkan diri melalui jalur independen.
  3. Presiden Joko Widodo mengirimkan utusan khusus merespon konflik dan memanasnya hubungan Saudi Arabia dan Iran. Ia menegaskan pemerintah Indonesia harus serius mencari solusi untuk mengatasi ketegangan kedua negara. Menurut Presiden pengiriman utusan khusus merupakan upaya yang mendesak dan sangat penting. Selain itu juga untuk memberikan pesan bahwa Indonesia serius untuk mencari solusi mengatasi ketegangan yang terjadi. Ke depan, Presiden mengatakan akan menawarkan diri menjadi mediator dalam ketegangan dua negara tersebut.
  4. Korlantas Polri mengeluarkan aturan baru untuk pengguna kendaraan roda dua atau motor. Mulai Mei 2016 SIM C dinyatakan tidak berlaku lagi untuk semua jenis motor. Golongan SIM C kini dibagi menjadi 3, yakni SIM C (polos), SIM C1 dan SIM C2. 3 golongan tersebut diklasifikasikan berdasarkan kapasitas mesin motor (CC). penggantian SIM C dengan golongan baru akan dimulai serentak pada Februari – April 2016.
  5. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Kementerian Agama mewajibkan setiap pasangan calon pengantin menanam pohon lima batang per orang sebelum menikah sebagai salah satu upaya mewujudkan rehabilitasi hutan dan lahan seluar 5,5 juta hektar. Pemerintah akan berperan serta dengan menyediakan bibit pohon yang ditanam oleh masyarakat. Teknisnya kewajiban menanam pohon untuk calon pengantin adalah dengan menunjukkan bukti foto bahwa pasangan tersebut sudah menanam lima pohon per orang, setelah itu KUA akan mengeluarkan surat nikah.
  6. Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mempromosikan bisnis di sektor kelautan dan perikanan kepada investor dan Duta Besar negara sahabat. Susi mengaku bisnis perikanan saat ini menjadi primadona, pasca upaya masif pemberantasan illegal Unregulated Unreported (IUU) Fishing. Menteri Susi mendorong investor untuk menanamkan modalnya pada sektor hilir, ia pun meyakinkan kepada investor untuk tidak khawatir dengan iklim bisnis perikanan di Indonesia. berbagai izin telah diupayakan untuk dipangkas, karena itu investasi sangat terbuka untuk siapa saja dan dari negara manapun. KKP tahun ini menganggarkan Rp 3,73 triliun atau 27 persen dari total anggaran KKP dari APBN-P 2016.
  7. Otoritas Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makssar mengamankan seorang perwira polisi. Ipda Cahyo Widyanto diamankan karena mengaku membawa bom dalam tasnya saat akan diperiksa petugas keamanan bandara. Tindakan perwira tersebut ternyata hanyalah iseng, karena saat dipersiksa beberapa kali oleh petugas tidak ditemukan bom dalam tasnya. Meskipun hanya sebuah keisengan Ipda Cahyo tetap harus menjalani pemeriksaan.
  8. Paripurna DPR dengan agenda pelantikan ketua DPR diwarnai interupsi dan penolakan. Penetapan Ade sebagai Ketua DPR mendapat sejumlah perlawanan. Sidang Paripurna sempat memanas, bahkan selebaran penolakan pun sempat beredar di kompleks DPR. Namun , pada akhirnya Ade Komarudin tetap dilantik menjadi Ketua DPR. Setelah sah dilantik, Ade menandatangani berita acara pelantikan.
  9. Meski sudah mengundurkan diri dari kursi Ketua DPR, Setya Novanto nampaknya masih akan berurusan dengan MKD. Bukan lagi kasus ‘papa minta saham’, kali ini mantan Ketua DPR ini dilaporkan oleh salah seorang aktivis M Junaidi. Kasus yang dilaporkannya adalah katebelece atau surat pengatar dari pejabat atas nama Setya Novanto yang ditujukan ke Pertamina. Kendati Novanto membantah telah mengirimkan katebelece, Junaidi tetap melapor ke MKD.
  10. Sebanyak 113 selebriti menyatakan terima kasih dan mendukung Presiden Obama terhadap kebijakan pengetatan kepemilikan senjata api. Jessica Alba, Elizabeth Bank, Liam Neeson, Tobey Maguire, Sarah Jessica, John Lucas, Mandy Moore adalah sederet selebriti yang mendukung kebijakan tersebut. Para artis menyebutkan insiden-insiden penembakkan missal di AS sangat tidak manusiawi, karena itu mereka mengajak warga AS dari berbagai lapisan untuk bersama-sama mendukung kebijakan baru Presiden Obama.