1. Kementerian Sosial  akan mengupayakan anak-anak yatim piatu yang tinggal di pondok pesantren maupun panti asuhan bisa mendapatkan akta kelahiran dengan mudah. Ini dilakukan agar status mereka bisa dilegalkan menjadi anak yang diakui negara. Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, pondok pesantren atau panti asuhan tidak harus menunggu status menjadi Lembaga Sosial Anak (LKSA). Sebab pihaknya menyiapkan draf Peraturan Presiden (Perpres) dan Surat Keputusan Bersama (SKB) dan berkoordinasi dengan Kementerian Hukum agar dapat melegalkan status anak dengan mendapatkan akta kelahiran.
  2. Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok tidak melarang pemudik membawa sanak saudaranya ke Jakarta. Asalkan, warga perantau itu bisa mempunyai pekerjaan yang layak, dengan kata lain Ahok melarang keras warga daerah manapun membawa sanak saudaranya ke Jakarta hanya untuk menjadi gelandangan dan pengemis tinggal di pinggir-pinggir sungai. Gubernur siap membantu warga perantauan untuk pindah domisili di Jakarta dengan KTP DKI Jakarta. Ahok akan mendorong mereka agar bekerja lebih baik, mempunyai penghasilan yang baik. Selain KTP DKI, Ahok pun siap memberi tempat tinggal bagi mereka di rumah susun selama mereka memberi feed back yang baik juga bagi pemerintah DKI.
  3. Garuda Indonesia mencatat sebanyak 40 penerbangan mengalami penundaan akibat kebakaran di JW Lounge, Terminal 2E Bandara Soekarno-Hatta (5/7). Akibatnya, Garuda harus memberikan kompensasi kepada 4 ribu penumpang sebesar Rp 300ribu per pernumpang hingga penginapan gratis. Selain itu Garuda Indonesia juga membebaskan biaya untuk penumpang yang membatalkan penerbangan, pengubahan jadwal penerbangan dan pengembalian tiket penerbangan yang terdampak insiden itu.
  4. Kotak diduga bom ditemukan di depan rumah anggota penyidik KPK, Afif Julian Miftah di Kota Bekasi. Benda yang diduga bom itu terbentuk dalam bungkusan kota Styrofoam dilapisi lakban hitam dengan rangkaian kabet serta diletakkan di depan gerbang rumah AJM. Mendapati benda yang diduga, pihak kepolisian setempat langsung berkoordinasi dan melakukkan pengamanan dengan memanggil tim Gegana. Teror yang terjadi di rumah AJM bukan hanya sekali, sebelumnya rumah AJM sudah mendapat teror tiga kali, pertama mobil AJM ditusuk sampai delapan kali. Kemudian teror kedua, mobil disiram air keras hingga rusak. Atas kedajian ini, KPK meminta pihak kepolisian segera mengusut siapa pelaku teror tersebut.
  5. Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengklaim birokrasi di lingkungan Pemerintah DKI Jakarta sudah baik. Bahkan dia menjamin tidak ada lagi praktik suap dalam pelayanan kepada masyarakat. Ahok mengaku menerapkan standar pelayanan seperti bank. “Pelayanan kita sudah seperti bank, persis. Artinya program reformasi birokrasi sudah berjalan” tegasnya.
  6. Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa pemerintah memprioritaskan pembangunan pembangkit listrik ramah lingkungan untuk memenuhi target pembangunan listrik 35.000 MW hingga 2019 mendatang. Presiden mengatakan pemerintah perlahan akan beralih dari pembangkit listrik yang berbahan bakar batu bara ke pembangkit listrik yang lebih ramah lingkungan.
  7. Sejarah controversial baru saja tercipta di Negeri Paman Sam. Amerika baru saja melegalkan pernikahan sejenis. Setelah melalui perjuangan yang panjang, kaum gay dan lesbian di negara tersebut mendapat hak mereka untuk menikah dengan sesame di seluruh Amerika. AS bukan negara pertama yang mengesahkan UU Kontroversial ini, tercatat ada lebih dari 20 negara yang melegalkan hal tersebut, diantaranya Belanda, Argentina, Belgia, Brazil, Canada, Perancis dan beberapa negara lainnya.
  8. Rapat paripurna DPR RI yang ke 36 masa sidang IV telah resmi menyetujui Letnan Jenderal TNI (purn) Sutiyoso sebagai Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) dan Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menjadi Panglima TNI. Sesuai dengan persetujuan DPR, maka kedua pejabat akan segera dilantik, namun pelantikan baru akan digelar pada Kamis (10/7). Seharusnya Nurmantyo dan Sutiyoso dilantik di Istana Negara, Senin (6/7), namun pelantikan ditunda. Penundaan dilakukan karena sesuatu alasan yang tidak bisa diungkapkan kepada publik.
  9. Kapolri Jenderal Badrodin Haiti mengaku optimis pelaksanaan pilkada serentak 2015 akan berjalan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan pemerintah yaitu 9 Desember 2015. Menurutnya, tidak ada halangan yang berarti dalam penyelenggaraan pilkada serentak hingga masyarakat tidak perlu takut. Dalam mengukur tingkat konflik setiap daerah, Badrodin mengatakan telah mempunyai sejumlah parameter, diantaranya kelengkapan penyelenggara, sejarah konfliknya dan karakter masyarakatnya. Badrodin juga menjamin netralitas anggota Polri dalam pelaksaan pilkada serentak ini. Dia menegaskan akan menindak anggota polri yang tidak netral dalam pilkada.
  10. Pengurus Pusat Muhammadiyah sudah menetapkan bahwa Idul Fitri tahun ini akan jatuh pada 17 Juli 2015. Sementara pemerintah masih akan menunggu sidang isbat untuk menentukan 1 Syawal 1436 Hijriah. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengakui bahwa kemungkinan beda 1 Syawal itu biasa saja terjadi. Namun dia te tap meminta semua pihak menunggu sidang Isbat yang akan digelar oleh Kementerian Agama.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/78317

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

greatpremium

 

 

 

 

kabari store pic 1