1. Dalam sambutannya pada acara Dharma Shanti Nasional 2013 pada Minggu (7/4) malam, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menghimbau agar tahun politik 2013 ini tidak lagi diwarnai intrik-intrik yang kurang sehat, salah satunya pencemaran nama baik. SBY berharap, hiruk pikuk di 2013 ini bisa berjalan dengan baik dan tidak menampilkan pertarungan yang tidak sehat, sehingga masyarakat bisa menilai pemimpin yang pantas untuk dipilih.
  2. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta hari ini (8/4) secara resmi membuka sistem seleksi dan promosi terbuka atau lelang jabatan melalui online. Disampaikan Kepala Kepegawaian Daerah DKI Jakarta, I Made Karmayoga menjelaskan, semua pegawai negeri sipil (PNS) DKI yang memenuhi persyaratan berhak mendaftarkan dirinya melalui sidak Jakarta.go.id. pendaftaran akan dibuka hingga 8-22 April 2013. Proses lelang melalui beberapa tahapan tes selama dua bulan, dan kandidat yang lolos akan dilantik pada 22 Juni 2013. Dari data saat ini, ada sekitar 25 jabatan lurah dan 3 camat yang masih kosong.
  3. Badan Legislasi (Baleg) DPR akan melakukan kunjungan kerja ke Amerika dan Jepang dalam rangka membahas RUU Advokat. Kunjungan akan dilakukan selama 1 minggu mulai 20-27 April. Baleg DPR RI mengadakan kunjungan kerja sekaligus untuk melihat model organisasi advokat di dua negara tersebut kemudian akan diterapkan di tanah air.
  4. Gubernur DKI Jakarta Jokowi Widodo membuat pernyataan yang sangat berani dan tegas terkait pendanaan Jakarta Emergency Dredging Initiave (JEDI). Dia menyatakan tidak akan mengajukan permohonan peminjaman dana kepada Bank Dunia. Pernyataan tegas itu disampaikan dengan tegas oleh Jokowi karena kesal dengan rumitnya persyaratan yang ditetapkan Bank Dunia. Untuk itu saat ini ia memilih menggunakan dana Anggran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI daripada mengurus persyaratan bantuan tersebut. “Saya ngga mau diatur-atur banyak kayak gitu, mau pinjem saja kok rumit begitu” tegas Jokowi. Ia pun menyatakan tidak mau dipusingkan oleh Bank Dunia.
  5. Enam kecamatan di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, diterjang banjir dan tanah longsor. Akibat musibah tersebut sekitar 2.000 kepala keluarga di Kecamatan Labuan, Pagelaran, Sukaresmi, Cikedal dan Patia mengungsi karena rumah mereka terendam banjir. Bencana longsor juga terjadi di Kecamatan, Mandalawangi yang mengakibatkan sekitar 1.915 jiwa dari 383 KK di Desa Rameam terisolir akibat dua jembatan yang menghubungkan wilayah tertutup longsor. Banjir dan tanah longsor diakibatkan oleh intensitas hujan tinggi sejak Jumat (5/4).
  6. Organisasi masyarakat Islam termasuk Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor menolak kontes kecantikan Miss Wold yang rencananya akan digelar pada 28 September 2013 di Sentul Internasional Covention Center, Bogor. Penolakan karena mereka menganggap kontes tersebut jadi ajang pamer aurat. Menurut Ketua MUI Bogor, KH Murki Aji, kontes kecantikan tersebut bertolak belakang dengan ajaran Islam dan budaya Bogor yang sangat menjunjung tinggi nilai moral dan kesopanan. Dengan diselenggarakannya kontes tersebut di wilayah  Bogor, dikhawatirkan akan muncul gejolak di masyarakat Bogor.
  7. Hari ini (8/4) tepatnya pukul 09.57 Wita, Gunung Lokon di Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut) kembali meletus, setelah terjadi peningkatan kegempaan sejak Minggu. Tinggi debu letusan mencapai tiga ribu meter dari kawasan Tampuluan dan debu letusan terbawa angin ke arah selatan dan barat. Sebagian debu juga menutupi permukiman pendudukan yang ada di lereng gunung.
  8. Jelang hari Buruh Internasional yang biasanya diperingati pada 1 Mei, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta kepada ketua umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi dan anggotanya bertemu serikat buruh untuk membahas persoalan upah minimum sebelum Hari Buruh Internasional nanti. Permintaan khusus kepada Sofjan Wanandi ini dilakukan sebagai tindak lanjut penanganan perbedaan pandangan yang berbuntut aksi demontrasi terkait besaran upah dan kesejahteraan yang harus dibayarkan atau diterima buruh. Pada kesempatan itu pula presiden dihadapan ribuan pengusaha anggota Apindo menekankan dan menegaskan, bahwa kesejahteraan kaum buruh harus menjadi perhatian pemerintah dan dunia usaha. SBY juga menegaskan di tahun 2013, aksi sweaping atau unjuk rasa yang berujung perusakan yang dilakukan oleh buruh agar tidak terjadi lagi, karena menurutnya aksi tersebut tidak dibenarkan dan merugikan dunia usaha dan melanggar hukum.
  9. Pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp 816 miliar untuk 273 kecamatan termiskin di Indonesia pada 2014 mendatang. Langkah ini diupayakan dapat mengurangi masyarakat miskin pada setiap kecamatan. Targetnya, pada 2014 mendatang kemiskinan bisa ditanggulangi.  Pemerintah juga menyediakan program Beasiswa Siswa Miskin, dengan anggaran sebesar Rp 9,2 triliun.
  10.  Saat ini pemerintah tengah menyiapkan aturan hukum sistem pemantauan dan pengendalian bahan bakar minyak bersubsidi BBM). Aturan tersebut akan diterbitkan setelah kajian mengenai subsidi BBM tuntas. Selain itu pemerintah juga tengah mengkaji dampak kebijakan tersebut terhadap masyarakat.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?54603

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :