1. Presiden Joko Widodo mengatakan Indonesia mendukung sepenuhnya perjuangan kemerdekaan Palestina. Indonesia akan membangun kantor konsulat kehormatan di Ramallah dalam waktu dekat, sebagai wujud nyata dukungan untuk Palestina. “Palestina harus bersatu, Indonesia siap mendukung hal ini. Selama Palestina belum merdeka, selama itu pula Indonesia tetap memperjuangkan kemerdekaannya,” kata Presiden di Balai Sidang Jakarta, di depan peserta KTT Luar Biasa OKI 2016.
  2. Pekan ini menjadi momentum menarik dan paling ditunggu pecinta astronomi dan masyarakat umum. Fenomena gerhana matahari total pada 9 Maret menjadi perhatian dunia. Memanfaatkan momentum GTM dengan ‘open house’ di dunia maya. Badan antariksa pemerintah AS telah mempersiapkan diri untuk menyiarkan langsung detik-detik GMT melalui jaringan NASA TV.
  3. Gerhana matahari total GMT akan melintasi 12 provinsi di Indonesia. Fenomena langka ini dimanfaatkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyiarkan live streaming pada 9 Maret. BMKG menyebar penelitinya di 18 kota. Penayangan live streaming ini dilakukan untuk masyarakat yang ingin melihat fenomena langka namun tak bisa ke lokasi gerhana. GMT 2016 melintasi Sumatera, sisi selatan Kalimantan, Sulawesi Tengah dan Maluku Utara.
  4. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta secara resmi melarang Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB) beroprasi di Ibu Kota sejak 5 Maret 2015. APTB hanya boleh beroperasi sampai halte luar Transjakarta. Pelarangan APTB terkait masalah perizinan dengan Kementerian Perhubungan. Megenai hal itu masyarakat dihimbau menyesuaikan kebijakan tersebut.
  5. Badan Koordinasi Modal (BKPM) mengindetifikasi minat investasi dan investor Amerika Serikat. Mereka mengincar tiga sektor yaitu ekonomi kreatif, coldstorage dan pelayanan jasa kesehatan. Kepala BKPM, Franky Sibarani menyampaikan minat investasi dari AS disampaikan melalui kantor perwakilan BKPM di New York. Pejabat Kantor Perwakilan BKPM di New York, Elsa Noviliyanti mengemukakan bahwa pihaknya terus melakukan komunikasi intensif dengan investor-investor terkait.
  6. Kabar duka untuk dunia teknologi, Ray Tomlinson, pria kebangsaan Amerika Serikat yang dikenal sebagai bapak ‘email’ meninggal dunia di usia 74 tahun akibat serangan jantung. Tomlinson juga yang menciptakan lambang @ untuk alamat email yang masih dipakai saat ini. Tomlinson meninggal pada Sabtu 5 Maret di kediamannya di Lincoln, Massachusetts, Amerika Serikat.
  7. Majelis Ulama Islam (MUI) Bali mengimbau umat muslim yang ada di wilayah Pulau Dewata melakukan salat Gerhana Matahari Total dengan tertib pada Rabu, 9 Maret. Seperti diketahui GMT berbarengan dengan perayaan Hari Raya Nyepi tahun Saka 1938 dimana perayaan ini tidak boleh melakukan kegiatan seperti Amati geni, Amati karya, Amati lelungan dan Amati lelanguan. Untuk menghormati peryaan Kepala MUI Bali Taufik As’Hadi mengatakan, MUI Bali tidak mengadakan salat sunnar GMT secara berjamaah. Pihaknya menjelaskan, bila umat muslim salat sunnah GMT di masjid pun tidak boleh menggunakan pengeras suara, dan menuju masjid harus berjalan kaki.
  8. Terpidana pencucian uang Labora Sitorus akhirnya menyerahkan diri setelah empat hari masuk menjadi buruan polisi. Seharusnya Labora dieksekusi di LP Cipinang, namun dia melarikan diri dari kediamannya saat dijemput kejaksaan. Selama ini Labora mengaku sakit dan menyalahgunakan izin berobat agar dapat kembali ke rumahnya. Hal tersebut membuat Labora tak kunjung ditahan hingga menjadi narapidana 15 tahun atas kasus tindak pidana pencucian uang karena kepemilikan dana di rekening bank sebesar 1,5 triliun.
  9. Kabar duka muncul ditengah penyelenggaraan Java Jazz 2016, Minggu (5/3) dini hari. Usai tampil, legenda jazz Indonesia Ireng Maulana meninggal dunia akibat serangan jantung. Kepergian Ireng membawa suasana berbeda pada perhelatan hari terakhir Java Jazz 2016. Dalam hingar binger festival musik jazz terbesar di Asia Tenggara itu, semua berduka untuk Ireng.
  10. Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan pemerintah membangun 11 panti sosial untuk merehabilitasi dan membina anak-anak yang berhadapan dengan hukum. Panti sosial tersebut nantinya akan digunakan untuk menampung anak-anak yang melakukan tindak criminal serta merehabilitasi dan membina mereka. Kofifah berharap tahun 2017 sudah tidak ada lagi anak-anak yang bermasalah dengan hukum, karena itu perlu diberikan bimbingan terutama kepada anak-anak jalanan yang rentan tersandung masalah hukum.