1. Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama optimis,Indonesia terutama Jakarta telah siap menyelenggarakan perhelatan akbar Asian Games 2018 mendatang. Meskipun pada kenyataannya masih banyak infrastruktur yang belum siap menghadapi Asian Games. “Tentu ini sebuah beban yang baik untuk Jakarta setelah 56 tahun, baru terpilih lagi jadi tuan rumah Asian Games. Kita akan mempertontonkan Indonesia yang sudah total berubah” kata calon Gubernur DKI Jakarta itu. Ahok turut menandatangani nota kesepahaman Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games ke-18 di Incheon, Korea Selatan (19/9). Selain Jakarta ada dua kota lain yakni Bandung dan Palembang akan menjadi kota penyelenggara.
  2. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono tiba di Bandara Internasional John F Kennedy, New York, AS. Kedatangan Presiden SBY ke New York dalam rangka menghadiri sejumlah pertemuan dalam rangkain sidang umum PBB. Dalam Sidang Umum kali ini juga Presiden akan menyampaikan pidato dalam sesi debat. Presiden SBY juga akan memimpin sidang pleno KTT Iklim PBB 2014 dan menyampaikan sambutan pembuka dalam Open Government Partership High Level Event. Selama di New York, Presiden juga dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral.
  3. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, tahun in setiap 40 detik ada satu orang yang bunuh diri. Jumlah itu mengalahkan korban perang dan bencana alam. “Bunuh diri membunuh lebih dari konflik, perang dan bencana alam. Ada 1,5 juta kematian kekerasan setiap tahun di dunia. 800 ribu diantaranya akibat bunuh diri” ungkap Shekhar Saxena, Direktur Departemen Kesehatan Mental WHO. Angka bunuh diri tertinggi ditemukan di Eropa Timur, Eropa Tengah dan Asia. Sebanyak 25 persen terjadi di negara-negara kaya.
  4. Bencana kekeringan melanda 17 dari 22 kabupaten dan kota di Provinsi NTT. Akibatnya, sekitar 40 jiwa kesulitan mendapatkan air bersih. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah NTT, Tini Thadeus mengatakan warga sulit mendapatkan air bersih, untuk mendapatkan air bersih warga harus berjalan kaki berkilo-kilo meter. Untuk mengatasi krisis air, Pemerintah Provinsi NTT sudah mengajukan permohonan bantuan dana kepada pemerintah pusat senilai Rp 15 miliar. Dana akan digunakan untuk membuat 10 sumur bor di setiap kabupaten dan kota. Namun hingga kini permohonan belum ditanggapi.
  5. Menteri BUMN Dahlan Iskan optimis untuk bisa memproduksi mobil listrik lokal. Dan hingga kini ia mengaku sudah menemukan investor yang mampu memproduksi mobil listrik. “Mobil listrik Indonesia harus bangkit. Kita sudah mendapatkan investor mobil listrik Indonesia” papar Dahlan. Investor mobil listrik untuk Indonesia sudah memiliki pabrik dan sudah memiliki izin untuk memproduksi missal mobil listrik.
  6. Insiden penembakan terhadap empat personel Batalyon 134/Tuah Sakti (TS) Batam, Kepulauan Riau, membuat Kodam I/Bukit Barisan Melakukan langkah pengamanan. Gudang senjata dijaga ketat sebagai bentuk antisipasi. Kepolisian dan TNI bekerjasama membentuk tim gabungan untuk menyelidiki kasus penembakan anggota TNI.
  7. Ratusan pekerja seks komersial (PSK) dari lokalisasi Payo Sigadung, Kota Jambi kembali melakukan unjuk rasa mendesak DPRD Kota Jambi mengkaji ulang Perda pemberantasan pelacuran dan asusila yang akan diberlakukan Oktober mendatang. Para PSK mengancam akan menginap di Gedung DPRD Kota Jambi, jika tuntutan mereka tidak dikabulkan. Ketua Forum Masyarakat Untuk Keadilan yang mengkoordinir demonstrasi para PSK, Budi Siahaan menuntut jika Perda diberlakukan maka pemerintah kota juga menutup semua tempat hiburan malam.
  8. Aturan kedisiplinan Pegawai Negeri Sipil (PNS) terus ditingkatkan. Dalam UU No 51 tahun 2014 disebutkan, bila PNS dianggap tidak disiplin langsung diberhentikan. Disiplin yang dimaksud adalah ketidakhadiran. PNS yang tidak hadir tanpa keterangan sebanyak 46 kali dalam setahun, maka yang bersangkutan dapat langsung dipecat. Dengan aturan ini, diharapkan tidak ada lagi PNS yang bolos  tanpa alasan dan meninggalkan pekerjaan.
  9. Untuk kesekian kalinya, kantor KPK dikirimi benda-benda berbau klenik. Terakhir, Sabtu (19/9) KPK dikirimi pot berbau menyengat. Pot tersebut ditaruh oleh serorang wanita, entah apa maksudnya, di dalam pot berisi beberapa benda diantaranya kutipan ayat suci, panah, batu-batuan dan koran. Jubir KPK, Johan Budi mengatakan lembaga antikorupsi sama sekali tidak terpengaruh dengan aksi-aksi klenik semacam itu. Pasalnya terbongkarnya kasus-kasus korupsi tetap dilakukan sesuai prosedur.
  10.  Presiden terpilih Joko Widodo masih menyeleksi 200 orang dari profesional untuk diangkat menjadi menteri. Hal itu disampaikan Deputi Tim Transisi, Eko Putro Sandjojo, bahwa sampai saat ini belum ada pembicaraan Jokowi-JK terkait komposisi menteri. Sampai saat ini, kata Eko belum ada kandidat menteri, baik dari kader partai koalisi termasuk partai PDI Perjuangan (PDIP) partai pengusung Jokowi.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?70082

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :