1. Twitter resmi menyambut tiga ikon budaya dari Yogyakarta melalui akun @candiborobudur, @candiprambanan dan @kratonjogja. Ketiganya menjadi ikon budaya pertama di Indonesia yang memiliki akun twitter terverifikasi, dimana biasanya verivikasi diberi kepada tokoh-tokoh masyarakat tertentu. “Kami bangga dapat membantu mengangkat nama @candiborobudur, @candiprambanan dan @kratonjogja di mata dunia, sekaligus untuk mempromosikan keindahan alam Yogyakarta” kata Roy Simangunsong, Country Business Head Twitter Indonesia.
  2. Presiden akan segera melakukan pertemuan dengan panglima militer dan Menlu Malaysia dan Filipina untuk membahas rencana patrol bersama. Patrol bersama menjadi salah satu upaya mencegah perompak. Terkait kasus penyanderaan WNI di wilayah laut Filipina. Presiden menegaskan proses pembebasan WNI yang disandera kelompok bersenjata bukanlah hal sederhana. Namun Presiden tidak pernah menyerah dan terus memproses upaya pembebasan WNI. “Kita berharap bisa segera diselesaikan” katanya.
  3. Pada peringatan Hari Kartini, PT Transjakarta meluncurkan bus gandeng khusus untuk perempuan. Bus berwarna merah muda memiliki 38 tempat duduk dan mampu mengangkut 80 orang berdiri. Ada 10 bus yang akan dioperasikan di koridor 1 rute Blok M – Kota, untuk rute selanjutnya akan dilakukan bertahap. Tujuan diluncurkannya busway khusus perempuan adalah untuk memberi penumpang kenyamanan dan mengatisipasi kriminalitas dan pelecehan seksual.
  4. Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menyelenggarakan teleconference bersama kepala lembaga pemasyarakatan (Kalapas) se Indonesia. Sebanyak 200 Kalapas mengikuti teleconference. Teleconfrence dilakukan untuk mengatisipasi kerusuhan seperti di Lapas Banceuy, Bandung agar tidak terulang.
  5. Program pengembangan Taman Wisata Penangkaran Burung Berbasis Pendidikan dan Lingkungan di Dusun Karangtalun Desa Wukirsari Imogiri Bantul semakin digencarkan. Wukirsari Bird Farm akan menyelenggarakan gerakan melepas 1000 burung pada 1 Mei 2016. Ketua Wukisari Bird Farm Indonesia Agung Trinawanto mengatakan gerakan pelepasan burung dilakukan sebagai simbol melestarikan beragam spesies burung. Jenis burung yang akan dilepas diantaranya kepodang, pleci, truncukan, perkutut dan kulitang.
  6. Seorang pemuda di Amerika Serikat ditangkap setelah mengancam akan melancarkan serangan bom di kampanye calon presiden dari Partai Republik Donald Trump. Sean Taylor Morkys diduga merencanakan serangan setelah ia menulis kalimat bernama ancaman di twitter pribadinya. Pesan bernada ancaman tersebut diketahui oleh Secret Service ketika capres Donald Trump berbicara di depan warga Kota Bridgeport, Connecticut, Amerika. Morkys sempat ditahan meski saat ini telah dibebaskan dengan jaminan sebesar USD25 ribu. Namun Morkys tetap diwajibkan mengadiri persidangan yang dijadwalkan akan digelar 4 Mei 2016.
  7. Tak berselang lama setelah menangkap buronan kasus korupsi Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI), Samadikun Hartono, aparat berwenang berhasil menangkap Hartawan Aluwi, buronan kasus penggelapan dana nasabah Bank Century dari tempat persembunyiannya di Singapura. Buron selama delapan tahun, penjahat kelas kakap tersebut langsung ditahan di Rutan Bareskrim dan diperiksa terkait kasus yang menjeratnya.
  8. Presiden Joko Widodo meminta para pengusaha untuk jujur dan tidak pelit memberikan data pada Sensus Ekonomi 2016. Data-data yang dikumpulkan melalui sensus ekonomi akan dimulai 1-30 Mei 2016. Presiden mengajak para pengusaha, baik besar, menengah, kecil hingga mikro untuk memberikan data yang benar sehingga nantinya bisa menjadi data pemerintah untuk melihat daya saing usaha dalam negeri. Aka nada 340 ribu tenaga pendukung survey untuk petugas lapangan yang tersebar di 81.789 desa dan kelurahan. Untuk mendukung program tersebut, Presiden meminta seluruh kementerian dan lembaga untuk membantu para petugas.
  9. Pulau Bali darurat Deman Berdarah (DBD). Dinas Kesehatan Bali mencatat sejak Januari – April 2016 sudah ada 30 orang meninggal akibat penyakit tersebut, sementara penderita DBD hingga saat ini tercatat 6.812 orang. Pasien yang meninggal rata-rata disebabkan karena lambat penanganan. Mengatisipasi jatuhnya korban, Dinas Kesehatan Bali mengajak peran serta masyarakat untuk bergotong royong membersihkan sarang nyamuk dan menerapkan hidup bersih.
  10. Presiden Joko Widodo meminta seluruh jajaran dibawahnya untuk mengendalikan harga pangan jelang Lebaran tahun ini. “Harga daging, beras, minyak betul-betul jadi perhatian utama. Saya ingin tahun ini harga-harga stabil” kata Presiden dalam rapat terbatas di Kantor Presiden. Tak hanya itu saja, Jokowi juga meminta kemacetan yang kerap terjadi di jalur mudik sebisa mungkin dapat dihilangkan.