1. Helikopter milik TNI Angkatan Darat jenis Bell 412 nomor HA 5171 mengalami kecelakaan di Poso, Sulawesi Tengah, Minggu (20/3) sekitar pukul 17.55 WITA. Helikopter yang ditumpangi 13 orang disambar petir karena cuaca buruk. Untuk menghormati jasa para prajurit, Panglima Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan semua jenazah anggota TNI yang gugur akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta.
  2. Presiden Joko Widodo menyampaikan rasa duka citanya yang mendalam atas musibah jatuhnya helikopter TNI AD di perkebunan Kelurahan kasiguncu, Kecamatan Poso Pesisi, Sulawesi Tengah. “Dukacita mendalam atas gugurnya 13 prajurit TNI dalam jatuhnya helikopter TNI AD 5171 di Poso. Mereka gugur jalankan tugas negara-Jkw,” tulis Presiden Jokowi dalam akun twitter resminya @jokowi, Senin (21/3).
  3. Mendagri Tjahjo Kumolo resmi memberhentikan Ahmad Wazir Nofiandi Marwadi sebagai Bupato Ogan Ilir, Sumatera Selatan, setelah Nofandi ditetapkan sebagai tersangka oleh Badan Narkotika Nasional (BNN). Sikap tegas ini sekaligus peringatan bagi pejabat lain agar menjauhi narkoba. Demi kesinambungan roda pemerintahan, Mendagri menujuk Wakil Bupati HM Ilyas Panji Alam menjadi Bupati Ogan Ilir.
  4. Debut pebalap Indonesia Rio Haryanto tak berjalan mulus di Formula 1, Sirkuit Albert Park Melbourne, Australia. Rio terpaksa mengakhiri lomba lebih dini di lap 19. Masalah teknis di sektor driveline membuat Rio tak bisa melanjutkan lomba setelah red flag dikibarkan.
  5. Penggunaan sinar laser di kawasan bandara akan ditindak tegas. Disampaikan Corporate Secretary AirNav Indonesia, Ari Suryadharma penggunaan sinar laser yang langsung ditembakkan ke pesawat termasuk kegiatan yang membahayakan keamanan dan keselamatan penerbangan. Kegiatan tersebut dilarang oleh Pasal 210 UU Nomor 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan. Pelanggaran terhadap pasal tersebut akan dihukum pidana paling lama tiga tahun dan denda paling banyak 1 miliar. Berdasarkan laporan yang diterima AirNav Indonesia ternyata pilot maskapai penerbangan nasional kerap diganggu oleh laser.
  6. Bakal calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, Donald Trump mendapat penolakan dari masyarakat AS, saat hendak melakukan rangkaian kampanye di Negara Bagian Arizona. Para demonstran memblokade jalan tol di Fountain Hills, dekat kota Pheonix, Arizona, Sabtu waktu setempat. Selain di Arizona, pada hari yang sama, aksi unjuk rasa menentang Trump juga terjadi di Manhattan, New York. Aksi penolakan Trump bukan kali ini saja terjadi, sepekan lalu kampanye di Chicago terpaksa dibatalkan setelah terjadi bentrokan antara para pendukung Trump dan anti Trump.
  7. Munculnya taksi online pelat hitam berbasis aplikasi di Ibu Kota menghadirkan sikap pro dan kontra. Taksi pelat hitam dianggap menimbulkan ketidakadilan. Pengusaha taksi resmi meminta pemerintah menindak tegas atas keberadaan taksi pelat hitam, juga mendukung Dishub menangkap tangan taksi pelat hitam saat beroperasi. Pengusaha taksi resmi menuntut taksi pelat hitam untuk mengurus perizinan, sebab tanpa perizinan membuat biaya taksi resmi berbeda dengan taksi pelat hitam.
  8. Presiden Amerika Serikat, Barack Obama melakukan lawatan ke Havana, Kuba. Kunjungan ini dinilai bersejarah, pasalnya kunjungan terakhir orang nomor satu AS dilakukan pada 88 tahun silam. Didampingi Michelle Obama dan kedua putrinya, Obama menginjakkan kaki di Havana, Kuba untuk membuka kembali keduataan besar AS di Havana. “Kunjungan ini bersejarah” tutur Obama. Dalam lawatan tersebut, Presiden Obama rencananya akan bertemu dengan Presiden Raul Castro untuk membicarakan perdagangan dan reformasi. Meski permusuhan selama berpuluh tahun, banyak rakyat Kuba menanti-nantikan kunjungan Obama.
  9. Cagar Biosfer Blambangan di Jawa Timur, ditetapkan sebagai Cagar Biosfer dunia oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan dan Kebudayaan PBB (Unesco). Penetapan tersebut dilakukan pada sidang dewan Koordinasi International Program MAB (Man and the Biosphere/manusia dan Biosfer) ke 28 di kota Lima, Peru pada 18-20 Maret 2016.
  10. Pemerintah menyampaikan protes kepada Kuasa Hukum Sementara Tiongkok di Jakarta Sun Wei Dei terkait pelanggaran yang dilakukkan oleh penjaga pantai Tiongkok di wilayah perairan RI. Menlu Retno Marsudi mengaku telah memanggil dan menemui Kuasa Hukum Kedutaan Besar China. “Dalam pertemuan itu, kami menyatakan protes keras dan sampaikan nota yang berisi sebagai berikut, pertama terdapat pelanggaran coast guard China terhadap hak berdaulat dan yuridiksi di wilayah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) dan landasan kontingen” kata Retno. Dalam pertemuan tersebut, pemerintah menekan kepada pihak China bahwa dalam hubungan bernegara yang baik, prinsip hukum internasional termasuk UN Clos 1982 harus dihormati.