1. Rio Haryanto akhirnya mewujudkan mimpinya untuk bisa tampil di Formula 1 (F1). Tim Manor Racing mengumuman kepastian bergabungnya Rio pada 18 Februari 2016. Ini berarti Rio menjadi pebalap Indonesia pertama yang berhasil menembus ajang balap mobil internasional. Prestasi ini harus dibanggakan, pasalnya pria 22 tahun itu menjadi pebalap Asia satu-satunya di ajang balap mobil bergengsi dunia. Musim ini, hanya Rio yang jadi wakil Asia.
  2. Kereta Api Indonesia (KAI) memberlakukan sistem check in dan boarding pass bagi calon penumpangnya. Kebijakan tersebut berlaku mulai Senin 22 Februari. Sebagai langkah awal, kebijakan ini baru akan berlaku di Stasiun Bandung.
  3. Kebijakan kantong plastik berbayar mulai berlaku Minggu (21/2) bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional. Penerapan program sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan No S.123/PSLB3-PS/2016 itu dicanangkan Menteri Lingkungan Hidup. Selain Jakarta dan sekitarnya, kantong plastik berbayar juga berlaku di 22 kota. Harga kantong plastik dibandrol Rp200 per lembar, dimana nantinya dana ini akan digunakan untuk mengelola sampah.
  4. Yayasan Puteri Indonesia kembali melahirkan juara baru Puteri Indonesia, menggantikan Puteri Indonesia 2015 Anindya Kusuma Putri. Dia adalah Kezia Roslin Cikita Warouw wakil dari Sulawesi Utara. Dengan gelar tersebut, Kezia berhak mengikuti ajang kontes kecantikan dunia, Miss Universe.
  5. Pemprov DKI Jakarta mentargetkan membangung 28.100 unit rumah rusun sewaan (Rusunawa) tahun ini. Jumlah tersebut diharapkan bisa jadi solusi untuk warga yang kesulitan mendapat tempat tinggal. Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, jumlah itu bakal terbagi dalam 57 tower dengan ukuran rata-rata tipe 34 hingga 36. Konsentasi pembangunan di pinggir Jakarta.
  6. Fiji, negara di perairan Oceania diterjang badai Winston yang merupakan 5 badai terdasyat di dunia. Dikabarkan 17 orang tewas dalam bencana tersebut. Sebelumnya, angin dengan kecepatan 298 kilometer per jam menghantam negara kepulauan kecil di Pasifik Selatan itu. Topan menumbangkan pepohonan merobohkan tiang listrik dan menyebabkan banjir besar. Perdana Menteri Fiji Frank Bainimarama mengumumkan keadaan darurat akan berlaku selama 30 hari.
  7. Grup band Slank menyambangi markas Komisi Pemberantasan Korupsi Senin (22/2). Kedatangan mereka untuk bertemu pimpinan KPK dan menggelar konser mini dipelataran Gedung KPK. Tak hanya itu saja, Bimbin cs datang juga untuk memberi dukungan kepada KPK. Slank juga menolak revisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK yang tengah bergulir di DPR.
  8. Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo mengatakan akan mengundurkan diri dari jabatannya jika revisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK tetap dilakukan oleh DPR. Terdapat empat poin dalam revisi UU KPK, yakni pembatasan kewenangan penyadapan, pembentukan dewan pengawas, kewenangan KPK dalam penerbitan surat perintah penghentian penyidikan (SP3) serta kewenangan rekrutmen penyelidik dan penyidik. Atas empat poin yang dianggap akan melemahkan KPK tersebut, penolakan revisi UU KPK terus bergulir.
  9. Pemerintah melalui Satgas 115 akan menenggelamkan 30 kapal pelaku penangkapan ikan secara ilegal di lima lokasi berbeda. Proses penenggelaman kapal dipimpin langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti selaku Komandan Satgas 115 melalui live streaming dari Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta yang diledakkan secara serentak pada Senin (22/2) tepat pukul 10.00 WIB. Sejak Oktober 2014 hingga saat ini sudah ada ratusan kapal yang sudah ditenggelamkan, diantaranya 50 kapal Vietnam, 43 kapal Filiphina, 21 kapal Thailand, 20 kapal Malaysia, 2 kapal Papua Nugini, 1 kapal Tiongkok dan 14 kapal berbendera Indonesia.
  10. Januari 2016 sejumlah provinsi menyatakan kejadian luar biasa (KLB) demam berdarah dengue (DBD). Kementerian Kesehatan mengumumkan KLB DBD telah terjadi di 9 kabupaten dan 2 Kota dari 7 provinsi di Indonesia. Dari wilayah tersebut tercatat 492 orang dan 25 orang meninggal akibat DBD sepanjang bulan Januari 2016. Untuk menekan KLB DBD masyarakat dihimbau untuk melakukan pemberantasan sarang nyamuk, 3M Plus, secara berkelanjutan sepanjang tahun dan menjadi Juru pemantau jentik (jumantik) di rumah masing-masing.