1. Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan tiga bakal pasangan calon sebagai peserta pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta tahun 2017. Ketiga pasangan calon itu adalah Basuki Tjahaja Purnama – Djarot Syaiful Hidayat, Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni dan Anies Rasyid Baswedan- Sandiaga Salahudin Uno. Setelah penetapan pasangan calon, KPU DKI melakukan pengundian nomor urut pasangan calon. KPU menyatakan Agus Yudhoyono-Sylviana mendapat nomor urut 1, sedangkan pasangan Basuki Tjahaja Purnama – Djarot mendapat nomor urut 2 dan pasangan Anies Baswedan – Sandiaga Uno mendapat nomor urut 3.
  2. Aturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengharuskan Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Syaiful Hidayat cuti selama masa kampanye Pilkada 2017. Calon gubernur petahana tersebut telah menyerahkan kekuasaannya di Jakarta kepada Dirjen Otda Kemendagri Soni Sumasono sebagai pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta. Plt Gubernur DKI Jakarta resmi dilantik oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di Kementerian Dalam Negeri, Jakarta (26/10). Masa kampanye berlangsung selama empat bulan, mulai 28 Oktober 2016 hingga 11 Februari 2017. Selama masa kampanye posisi Ahok akan digantikan oleh pejabat eselon I Kemendagri yang menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta.
  3. Indonesia pecah telur. Puluhan tahun mengirim wakil ke berbagai kontes kecantikan internasional, akhirnya gelar juara dibawa pulang. Ariska Putri Pertiwi, dinobatkan sebagai Miss Grand International dalam grand final yang berlangsung di Westgate International Theater Las Vegas, Amerika Serikat (25/10) waktu setempat. Runner up III Puteri Indonesia 2016 ini tidak hanya berhasil membawa mahkota pertama untuk kontes kecantikan internasional ke Indonesia, tapi Ika juga berhasil menyabet gelar Best National Costume.
  4. Mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan resmi ditetapkan menjadi tersangka atas kasus penjualan aset saat menjabat sebagai Direktur Utama PT Panca Wira Usaha (PWU) sebuah BUMN milik Pemprov Jawa Timur. Usai diperiksa kejaksaan, Dahlan langsung ditahan. Pada awak media Dahlan mengaku tidak kaget dengan penetapannya sebagai tersangka, karena sudah lama dirinya diincar. Namun Dahlan membantah dirinya melakukan korupsi, dia mengatakan hanya menandatangani dokumen yang sudah disiapkan anak buahnya. Selain Dahlan, polisi juga menetapkan Wisnu Wardhana, mantan manager pemasaran PT PWU yang disinyalir melepas 33 aset milik BUMN Pemprov Jatim.
  5. Menko Polhukam Wiranto mengukuhkan Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar (pungli). Satgas dibentuk oleh Presiden Joko Widodo menjadi Perpres No 87 Tahun 2016 dan ditegaskan dalam Keputusan Menko Polhukam No 78 Tahun 2016. Sesuai dengan arahan Presiden, Satgas Saber Pungli efektif bekerja. Sebanyak 236 aparat gabungan masuk dalam Satgas Saber Pungli. Anggota satgas terdiri atas unsur Kepolisan, Kejaksaan Agung, Polhukam, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan, Ombudsman, Badan Intelejen Negara, dan TNI. Pembentukan Satgas untuk menciptakan ketentraman masyarakat, menjadikan proses pelayanan publik lebih bersih dan lebih cepat, serta membangun kepastian dan kepercayaan publik terhadap aparat pemerintah yang melayani. Masyarakat yang ingin mengadukan praktik pungli di lingkungan bisa melapor melalui saberpungli.id atau mengirimkan pesan ke sms center 1193 dan call center 193.
  6. Jelang berakhir masa jabatannya sebagai Presiden Amerika Serikat, Barack Obama memberi grasi atau pengurangan masa tahanan kepada 98 narapidana. Sepanjang tahun ini, Obama telah memberikan grasi kepada 688 narapidana. Pemberian keringanan ini merupakan bagian dari upaya Obama mendorong reformasi dalam sistem peradilan kriminal yang bertujuan untuk mengurangi jumlah narapidana yang ditahan karena kasus narkoba dan kekerasan. Obama akan menyelesaikan masa jabatannya pada 20 Januari 2017.
  7. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meluncurkan program aplikasi berbasis elektronik untuk Lapor Harta Kekayaan Penyelenggaraan Negara berbasis elektronik (e-LHKPN). Dikemukakan Ketua KPK, Agus Raharjo e-LHKPN dibuat untuk mempermudah para pejabat akses pelaporan. Selain itu program aplikasi yang diluncurkan pada 28 Oktober 2016 ini bermanfaat untuk mengurangi tindak pidana gratifikasi serta kasus suap lainnya.
  8. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhajir Effendy memastikan program full day school atau kebijakan sekolah seharian akan diberlakukan tahun depan. Salah satu programnya yakni menerapkan jam kerja guru selama delapan jam. Effendy mengatakan kebijakan tersebut akan berlaku juga di sekolah-sekolah di pedalaman, dan diwajibkan bagi PNS yang mendapat tunjangan profesi dan guru yayasan/swasta. Sementara program full day school akan diterapkan tahun depan, namanya akan berganti menjadi program penguatan pendidikan karakter (P3K).
  9. Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Budi Waseso menegaskan siap menembak mati para pengedar narkoba karena menjadi ancaman serius bagi jutaan generasi muda Indonesia. Tak main-main, BNN pun telah menyiapkan tim khusus yang akan bertindak tegas pada pengedar narkoba, termasuk sudah memiliki dan melatih 50 anjing pelacak khusus narkoba. BNN berkomitmen akan memerangi narkoba karena pengguna narkoba di Indonesia sudah mencapai 5,9 juta.
  10. Patung Dirgantara atau yang dikenal dengan nama Patung Pancoran kini tampil lebih beda dari biasanya. Patung setinggi 35 meter tersebut akan lebih ‘terang’ dengan cahaya lampu warna-warni. Tak hanya Patung Pancoran, rencananya sejumlah ornamen lain seperti gedung taman air mancur, Bundaran HI, Monas, Patung Tugu Tani, Patung Pemuda, Museum Fatahillah bahkan Balai Kota akan dipasangi lampu sorot RGB jenis LED. Pemasangan lampu bertujuan untuk mempercantik kota Jakarta dimana ada titik-titik atau suatu kawasan monumental.