1. Seluruh Pegawai Negeri Sipil dan apratur pemerintah lainnya dianjurkan untuk meluangkan waktu untuk mengantarkan anak-anaknya berangkat sekolah pada hari pertama masuk sekolah baik SD, SMP maupun SMA, Senin (27/7). Hal ini disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chisnandi dalam penyataan resminya. Anjuran tersebut merupakan upaya meningkatkan budi perkerti anak, membangun kepercayaan diri serta sebagai bentuk komitmen yang kuat dari orang tua terhadap lingkungan sekolah. “Mengatar anak di hari pertama masuk sekolah, memberikan motivasi untuk percaya diri dan berperilaku baik di sekolah adalah bagian dari pembangunan karakter anak” kata Yuddy. Oleh karena itu, ia minta agar keterlambatan masuk bekerja tidak dicatat sebagai pelanggaran disiplin selama dilakukan atas izin dan dalam batas waktu yang proporsional.
  2. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengingatkan sekolah untuk tidak melakukan praktik perpeloncoan seperti tertuang dalam Permendikbud Nomor 55 tahun 2014 Tentang Masa Orientasi Peserta Didik Baru di Sekolah. Larangan ini kembali ditegaskan lewat surat edaran tertanggal 24 Juli 2015. Dalam Surat Edaran Nomor 59389/MPK/PD/Tahun 2019 tentang Pencegahan Praktik Perpeloncoan, Pelecehan dan Kekerasan pada Masa Orientasi Peserta Didik Baru di Sekolah itu, Mendikbud mengimbau masyarakat khususnya orangtua/wali peserta didik untuk memantau dan mengawasi pelaksanaan orientasi peserta didik baru. Bila ditemukan adanya penyimpangan, Mendikbud meminta masyarakat melaporkan ke laman http://modp.kemdikbud.go.id atau melalui dinas pendidikan setempat.
  3. Untuk pertama kalinya, umat Buddha memperingati hari raya Asadha 2559/20015 di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah (26/7). Pada kegiatan ini hadir sekitar 3.000 umat dari berbagai daerah di Indonesia dan dunia. Asadha adalah waktu pertama kali Buddha mengajarkan dharma kepada dunia. Pembacaqan Tripikata, kita suci agama Buddha, bertujuan melestarikan ajaran-ajaran yang terkandung di dalamnya, sekaligus dapat memberikan semangat spiritual bagi umat Buddha untuk lebih menghayati ajaran Buddha Gotama.
  4. Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo menegaskan, pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) akan ditunda, jika batas waktu pendaftaran hanya diikuti oleh satu pasang calon. Sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) dan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pemilihan Kepada Daerah disebutkan bahwa bila sampai akhir waktu pendaftaran hanya ada satu pasangan, maka pendaftaran akan diperpanjang 10 hari kemudian tiga hari. Namun jika setelah dua kali perpanjangan tetap belum ada satu calon, maka Pilkada di daerah tersebut ditunda sampai 2017.
  5. Memperingati hari Kemerdekaan RI ke 70 tahun sekaligus menunjukkan kedaulatan Indonesia di Tanah Papua pasukan Marinir akan mengibarkan bendera ‘Sang Merah Putih’ di Puncak Gunung Cartenz, Papua yang memiliki ketinggian 4.884 mdpl pada 17 Agustus 2015 mendatang. Pendakian akan melibatkan sekitar 20 anggota Marinir yang akan menginjakkan gunung bersalju di sebelah barat Central Highland, Papua. Di samping dua misi utama tersebut, Marinir juga akan memanfaatkan momen tersebut untuk mempromosikan penyelamatan terumbu karang di Laut Indonesia. Hal ini ditandai dengan pembentangan spanduk ‘Save Our Littoral Life, Selamatkan Kehidupan Pesisir’. Ekepedisi ini diakan dipimpin oleh Letnan Kolonel (Mar) Ferry Marpaung. Ekspedisi ini bertujuan untuk menunjukkan kepada dunia internasional bahwa sejengkal tanah di Papua adalah bagian dari NKRI.
  6. Komunitas masyarakat Jakarta yang menamakan diri TemanAhok membuka posko-posko di beberapa pusat perbelanjaan dan mal untuk menggalang dukungan KTP terhadap Basuki Tjahaja Purnama untuk maju sebagai calon guberbyr DKI 2017 lewat jalur independen. Langkah ini dilakukan TemanAhok karena persyaratan yang sulit untuk calon independen. Sebab TemanAhok harus mengumpulkan 1 juta KTP warga yang mendukung Ahok maju di Pemilukada DKI 2017.
  7. Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan melaksanakan seminar tentang songket bersamaan dengan peluncuran pakaian khas daerah menuju warisan dunia di Palembang pada pertengahan Oktober 2015 mendatang. Sumsel akan meluncurkan songket sebagai warisan budaya menuju dunia yang dalam acara tersebut juga memecahkan rekor MURI.
  8. Indonesia memberangkatkan 61 kontingen ke ajang Special Olympic World Games (SOWG) 2015 di Amerika Serikat. Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa, didaulat memimpin kontingen Merah Putih. Perhelatan SOWG 2015 resmi dibuka oleh Ibu Negara Amerika Serikat, Michelle Obama di Los Angeles (25/7) waktu setempat. Dalam sambutannya, Michelle Obama menyampaikan salam dan apresiasi presiden AS Barack Obama, kepada para atlet yang tetap bersemangat mengukir pencapaian terbaik. Perhelatan diikuti oleh 177 negara, 7.000 atlet, 3.000 pelatih, 5.000 tamu kehormatan, 5.500 keluarga, 30.000 relawan, 500 penonton, 2.000 perwakilan media, 25 cabor, 27 tempat pertandingan serta 1 dunia inkursi.
  9. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menyatakan pada musim kemarau ini terdapat empat kecamatan yang melaporkan mengalami kekeringan, diantaranya Bantargadung, Warungkiara, Ciracap, dan Gegerbitung. Akibat kekeringan, warga di sejumlah desa dari empat kecamatan itu mengalami kesulitan mendapatkan pasokan air bersih.
  10. Dua pekan setelah ditinggalkan pemudik, jalanan ibu kota kembali seperti biasanya, macet di mana-mana. Selama libur Lebaran, Jakarta terlihat sepi dan tak ada kemacetan. Namun mulai Senin 27 Juli 2015, Jakarta mulai ramai dan cenderung padat. Kendaraan harus kembali sabar mengantri untuk melintasi jalan di setiap kawasan Jakarta. Bahkan tak hanya jalan protokol, jalan tol dalam kota pun tampak padat dengan antrian kendaraan bermotor.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/78786

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

greatpremium

 

 

 

 

Kabaristore150x100-2