1. PT Pertamina masih menunggu perintah pemerintah untuk menerapkan penjualan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi dengan dua harga. Sembari menunggu, Pertamina hingga saat ini sudah melakukan pengelompokan SPBU, penyiapan identitas SPBU, sosialisasi, koordinasi dengan stakeholder terkait, dan membentuk Posko Satgas. Rencananya BBM akan dijual dengan dua harga yaitu Rp 4.500 yang hanya boleh untuk motor dan mobil plat kuning (angkutan umum) sedangkan Rp 6.500 untuk kendaraan pribadi.
  2. Pengusaha stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) dibeberapa daerah mengancam berhenti menjual bahan bakar minyak (BBM) baik Premium maupun Solar untuk masyarakat jika pemerintah tetap menerapkan dua harga BBM. Mereka keberatan karena harus ada dua harga, yang nantinya kesulitan memilih mana kendaraan yang boleh mengisi dengan harga Rp 4.500 dan mana yang Rp 6.500. Para pengusaha eks-Karesidenan Surakarta siap mendukung aksi berhenti beroperasi, sekitar 130 SPBU siap tutup pada 6 Mei mendatang jika kebijakan penjualan BBM dengan dua harga.
  3. Badan Investigasi Amerika Serikat (FBI) tengah memburu orang ketiga yang diduga terlibat ledakan bom Boston. Orang tersebut diduga yang melatih duo bersaudara bomber Boston, Tamerlan Tsarnaev dan Dzokhar Tsarnaev. Meski belum terbukti siapa dalang dibalik pemboman itu, FBI tetap siaga dan menyelidiki. Bom rakitan yang digunakan Tsarnaev bersaudara disebut-sebut mirip dengan bom yang digunakan Afghanistan, India dan Pakistan. Bahkan kelompok Al Qaeda di Yaman pernah mempublikasikan petunjuk online untuk merakit bom.
  4. Satu lagi aksi kekerasan terjadi di Amerika Serikat. Kali ini terjadi di dalam gereja disaat umat sedang beribadah. Sekelompok paduan suara di gereja Katolik yang terletak di Alburqueque, AS diserang pria tidak dikenal. Aksi tersebut melukai empat orang anggota suara. Pria tak dikenal itu mengamuk dengan membawa pisau,  dan sempat dilerai jemaat gereja lainnya. Beruntung mereka berhasil membekuk pria tersebut, meski sudah berhasil melukai 4 orang. Saat ini tersangka telah diamankan poliri, namun polisi masih belum mengetahui motif penyerangan tersebut.
  5. Lagi-lagi banjir masih mengancam Tanah Air, dan kali ini terjadi di Sumatera Barat. Sedikitnya 12 desa dan kelurahan di Kecamatan Penyambungan Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Barat terendam banjir sejak Minggu (28/4). Banjir disebabkan karena meluapnya sungai Aek Mata dan Sungai Ranto pasca hujan lebat yang mengguyur wilayah tersebut. Musibah banjir tersebut menyebabkan ratusan warga mengungsi, dikarenakan perumahan warga rusak karena diterjang banjir.
  6. Menyambut hari buruh internasional (May Day) pada 1 Mei, Serikat Pekerja Nasional (SPN) akan menggugat Gubernur DKI Jakarta, Joko WIdodo ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) terkait sikap Jokowi yang merestui penangguhan atas pemberlakuan standar upah yang baru bagi para buruh di Jakarta oleh kalangan korporat. Gugatan yang akan diajukan itu menuntut pembatalan keputusan persetujuan penangguhan pelaksanaan UMP tahun 2013.
  7. Sebanyak 23 ribu personel kepolisian gabungan akan dikerahkan sebagai antipasti potensi kericuhan saat Hari Buruh Internasional atau May Day yang jatuh pada 1 Mei 2013. Rencananya ratusan ribu buruh akan mendatangi Ibukota untuk memperingati May Day. Kapolda mengatakan puluhan ribu personel tersebut akan disebar di beberapa titik Ibukota, seperti di Jl. Sudirman, MH Thamrin dan Istana Negara. Mengatisipasi kericuhan yang akan terjadi, Kapolda menambahkan, pihaknya tengah melakukan koordinasi dengan beberapa presiden serikat buruh.
  8. Ormas Islam yang terdiri dari Front Pembela Islam, Majelis Ulama Indonesia, Muhammadiyah, HImpunan Mahasiswa Islam, Dewan Masjid Indonesia, Alkhairaat dan Tim Pembela Muslim mendesak pemerintah agar membubarkan Densus 88 Antiteror. Mereka menuding pasukan elite milik Polri itu sering melanggar hak asasi manusia dalam menjalankan tugasnya. Selain itu ormas Islam yang tergabung dalam Forum Ukhuwah Umat Islam juga mendesak pemerintah mengevaluasi kinerja Badan Nasional Penganggulangan Teroris (BNPT) karena sering tumpang tindih kerjanya dengan Polri. Desakan agar membubarkan Densus 88 Antiteror ditujukan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
  9. Pada peringatan Hari Buruh Internasional 1 Mei Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan menurunkan sekitar 1 juta buruh ke jalan. 1 juta buruh tersebut akan tersebar di 20 provinsi di Indonesia. Dalam aksinya, buruh akan menolak kebijakan pemerintah menerapkan BBM bersubsidi dua harga yaitu Rp 4.500 dan Rp 6.500 per liter. Kenaikan BBM dianggap akan berdampak pada kenaikan harga barang dan kenaikan harga sewa kontrakan rumah.
  10. Mantan Kabareskrim Komjen (Purn) Susno Duadji dinyatakan masuk dalam daftar pencarian orang (DPO), hal itu disampaikan Jaksa Agung Basrief Arief yang juga menyatakan status DPO pada Susno Duadji sudah pasti berimbas pada pencekalan. Kini Susno tidak diketahui dimana rimbanya. Susno terbukti menyalahgunakan wewenang saat menjabat Kabareskrim, ketika menangani kasus Arowana dengan menerima hadiah sebesar Rp 500 juta untuk mempercepat kasus itu. Pangadilan juga menyatakan Susno terbukti memangkas Rp 4.208.898.749 yang merupakan dana pengamanan Pilkada Jawa Barat saat menjabat Kapolda Jabar pada 2008, untuk kepentingan pribadi.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?55269

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :