1. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Ny Ani Yudhoyono menggelar acara open house pada hari raya Idul Fitri 1433 Hijriah di Istana Negara, Jakarta, Minggu (19/8). Acara open house itu juga dihadiri oleh Wakil Presiden Boediono dan Ny Herawati Boediono, jajaran anggota Kabinet Indonesia Bersatu II, hingga rakyat biasa dan penyandang tunanetra. Sekitar 1.400 warga Jakarta dan sekitarnya turut hadir. Acara open house untuk masyarakat umum dimulai pukul 15:30 – 17.00.
  2. Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB) menggelar pentas kesenian pada libur Lebaran 21-26 Agustus 2012  untuk memberikan hiburan kepada para pengunjung. Sejumlah kesenian seperti tari tradisional coke’an, gambyeng, pertunjukan sulap, orkes keroncong dan pergelaran wayang kulit. Semua sajian hiburan dan fasilitas atraksi tambahan tersebut diharapkan dapat menambah lama kunjungan wisatawan di Candi Borobudur dan kawasan sekitar. Selama liburan Lebaran harga tiket masih normal dan tidak ada kenaikan, baik untuk wisatawan lokal maupun wisatawan asing.
  3. Jakarta yang ditinggal sebagian penghuninya terlihat sangat lengang dan bebas dari kemacetan. Jika biasanya dari pagi hingga malam hari terlihat ramai dan macet, kini hanya nampak sejumlah kendaraan roda dua dan roda empat yang melintas. Sejumlah tol tampak lancar, pasalnya warga Jakarta lebih memilih untuk menggunakan jalan bebas hambatan karena ingin memanfaatkan kondisi Jakarta yang sepi pada hari kedua Lebaran.
  4. Selama libur lebaran 1433 Hijriah, volume sampah di Volume sampah di Jakarta berkurang drastis. Jika pada hari biasa rata-rata volume sampah mencapai 5.300 ton, pada hari pertama Lebaran, Minggu (19/8), kemarin volume sampah hanya 2.420,48 ton.  Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Eko Baruna, mengatakan, volume sampah saat malam takbiran dan hari pertama Lebaran justru menurun hingga 50 persen. Eko menilai berkurangnya volume sampah tersebut  disebabkan sebagian besar warga ibu kota mudik Lebaran ke kampung halaman.
  5. Pemerintah berjanji akan mempercepat pembangunan di Papua dan Papua Barat yang saat ini kondisinya jauh tertinggal dari daerah lain di Indonesia. Dana triliunan  rupiah sudah disiapkan untuk pembangunan tahun depan, demikian disampaikan oleh Presiden SBY. “Kita akan tingkatkan pelaksanaan kebijakan keberpihakan kepada masyarakat asli Papua di beberapa perguruan tinggi unggulan di luar Papua, di sejumlah instansi pemerintah yang strategis serta pemagangan di berbagai instansi pemerintah di luar Papua,” ungkap SBY. Ia juga mengatakan akan mengintensifkan langkah-langkah pergurangan angka kemiskinan melalui peningkatan ketahanan pangan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.
  6. Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengucapkan selamat merayakan Idul Fitri untuk umat Islam Amerika Serikat dan seluruh dunia.  “Michelle dan saya menyampaikan salam hangat untuk umat Muslim di Amerika Serikat dan seluruh dunia yang merayakan Idul Fitri,” kata Obama dalam pernyataan resmi yang dirilis Gedung Putih.
  7. Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengikuti kegiatan aksi kebersihan di Pantai Ancol. Dengan mengambil tema yang masih berkaitan dengan Idul Fitri, Gubernur mengajak para pengunjung Pantai Ancol dan warga Jakarta untuk menjaga kebersihan pantai maupun lingkungan lain di Jakarta. “Pantai milik kita bersama, jadi harus kita jaga bersama. Lingkungan yang bersih akan menjadi indah, karena kebersihan sebagian dari iman,” ucapnya. Foke yang ditemani istrinya, terlihat bersemangat mengumpulkan sampah-sampah di arena pantai bersama para pengunjung. Ia berharap dengan kerja sama seluruh warga maka akan membuat Jakarta terus menjadi kota wisata yang aman, sejahtera untuk warganya. “Maju terus Jakarta,” ujarnya.
  8. Gelar Miss World 2012 direbut oleh Miss China, Yu Wenxia, setelah mengalahkan pesaing terdekatnya, Miss Wales Sophie Elizabeth Mould (runner-up I) dan Miss Australia Jessica Michelle Kahawaty (runner-up II). Selain menjadi pemenang utama, Yu Wenxia dan Sophie Elizabeth Mould juga memenangkan dua penghargaan lain, masing-masing Talent Champion dan Beach Fashion. Pada malam final yang berlangsung di Dongsheng Fitness Center Stadium, di Ordos, Mongolia Dalam, Sabtu (18/8), Yu juga menghentikan harapan 115 kontestan lainnya, di antaranya yang menjadi favorit seperti Miss Mexico Mariana Reynoso dan Miss America Claudine Book. Adapun kontestan Indonesia Ines Putri Tjiptadi berhasil menempati urutan 14 di babak 15 besar.
  9. Enam orang tewas setelah banjir bandang menerjang empat desa di Kecamatan Leuser, Sabtu dini hari. Keempat desa yang terkena banjir adalah Desa Anag Timbul, Liang Pangi, Gaye Sendah dan Desa Sepakat. Banjir juga membuat ratusan rumah warga dan fasilitas umum rusak. Ribuan warga terpaksa mengungsi akibat bencana tersebut. Sementara dari enam warga yang dipastikan tewas, empat diantaranya belum ditemukan, dan dua diantaranya sudah dimakamkan. Warga dan tim gabungan Aceh Tenggara dan TNI masih terus melakukan evakuasi dan pemulihan di lokasi banjir.
  10. Mantan Ketua MPR masa Orde Baru Letnan Jenderal Purnawirawan Mohammad Kharis Suhud meninggal dunia di Jakarta, Senin (20/8) dinihari. Tokoh militer dan politikus Indonesia ini wafat sekira pukul 01.00 WIB pada usia 87 tahun. Kharis Suhud lahir di Madiun, Jawa Timur, 10 April 1925. Ratusan pelayat turut mengantarkan jenazah Kharis ke pemakaman di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta. Kharis Suhud menjabat Ketua MPR masa Orde Baru mulai dari tahun 1987 hingga 1992. Sebelumnya, pada 1982 hingga 1987 Kharis Suhud memimpin Fraksi ABRI. Pada tahun 1975—1978, ia menjabat sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Thailand.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?48138

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :