1. Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry menyampaikan ucapan selamat hari kemerdekaan yang ke 69 tahun bagi Indonesia. Melalui situs resmi Departemen Luar Negeri AS, Kerry mewakili Presiden Barack Obama dan rakyat Negeri Paman Sam, menyampaikan ucapan selamat. “Saya bahagia dapat mengirimkan doa dan harapan terbaik bagi rakyat Indonesia dalam perayaan ke-69 hari kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus” tulis Kerry. Dalam ucapannya, Kerry menambahkan bahwa Indonesia merupakan negara demokrasi yang tengah berkembang pesat dan memainkan peranan kepemimpinan global yang penting di kawasan Asia Pasific dan dunia.
  2. Para penggiat cyber meluncurkan sebuah website independen untuk mengawasi jalannya pemerintahan yaitu ‘KawalMenteri’ (www.kawalmenteri.org). website independen tersebut merupakan website yang mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk aktif mengusulkan dan menilai para calon menteri yang terbaik. Kawalmenteri.org juga memungkinkan untuk menyampaikan pendapat secara langsung dan penilaian publik terhadap menteri yang akan duduk di kabinet baru. Selain halaman web KawalMenteri.org, terdapat juga akun jejaring sosial Twitter (@KawalMenteri) dan Facebook (facebook.com/KawalMenteri).
  3. Kota Bandung menjadi salah satu tujuan kunjungan wisatawan domestik. Tingginya kunjungan wisatawan tentu saja memberikan dampak ekonomi yang besar. Namun, di sisi lain, juga menimbulkan dampak negatif berupa kemacetan dan meningkatnya jumlah sampah. Karena itu, Walikota Bandung Ridwan Kamil  akan memberlakukan kebijakan baru yaitu setiap kendaraan khususnya mobil yang ingin masuk Bandung agar dilengkapi tempat sampah. Aturan tersebut masih dalam kajian, termasuk sanksi bagi warga yang melanggar aturan.
  4. Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BPPI) siap mendukung pemerintah yang baru untuk merealisasikan tercapainya target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara hingga lima tahun kedepan. Ketua BPPI Wiryati Sukamdani menyatakan, target kunjungan wisman sebanyak itu sampai lima tahun ke depan sangat realistis mengingat potensi pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia masih sangat luas. Sebelumnya, dalam buku 22 Solusi Cerdas Jokowi untuk Indonesia, Jokowi mentargetkan kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara sampai 2019.
  5. Mulai Senin (18/8) uang kertas rupiah NKRI sudah bisa didapatkan warga Indonesia baik melalui bank maupun mesin anjungan tunai mandiri (ATM). Untuk peredarannya, Bank Indonesia juga membuka loket penukaran di seluruh kantor di Indonesia untuk mempermudah masyarakat yang ingin menukar uang kertas NKRI Rp 100.000.
  6. Amerika Serikat kembali dilanda kerusuhan yang berbau  SARA. Protes merebak setelah terjadi penembakan remaja kulit hitam oleh polisi kulit putih. Penembakan terjadi pada tanggal 9 Agustus, dipicu ketegangan rasial di daerah luar kota dengan mayoritas penduduk kulit hitam. Hasil otopsi pertama menyebutkan Michael Brown, remaja kulit hitam Missouri meninggal akibat luka tembak. Sebelumnya, Gubernur Missouri, Jay Nixon mengkritik polisi karena mengeluarkan gambar CCTV yang diduga menunjukan Brown tengah mencuri di toko. Seperti dilansir BBC, Nixon mengatakan keluarnya foto tersebut hampir satu minggu setelah seorang polisi menembak Brown di Ferguson, St Lois, merupakan upaya untuk menjelek-jelekan pria yang sudah meninggal. Penyidikan masih terus berlangsung, karena itu Jaksa Agung, Eric Holder memerintahkan untuk melakukan otopsi kedua.
  7. Presiden Amerika Serikat, Barack Obama mengungkapkan bahwa saat ini biaya pendidikan sangat tinggi dan menyulitkan banyak keluarga. Karena itu orang nomor satu AS itu akan mengubah situasi tersebut dengan inisiatif baru. Dalam pidato mingguannya Obama menyatakan langkah baru ini mencakup reformasi sistem pinjaman mahasiswa dengan lebih banyak uang dialokasikan ke mahasiswa ketimbang ke bank, perluas cakupan hibah dan keringanan pajak perguruan tinggi untuk mahasiswa dan keluarga, juga peluang bagi siswa untuk membatasi pembayaran pinjaman pendidikan mereka hingga 10 persen dari pendapatan mereka. Presiden AS menyerukan kepada Kongres agar meloloskan RUU yang memungkinkan mahasiswa mengubah paket pinjaman mereka dengan tingkat suku bunga lebih rendah dari yang berlaku saat ini, agar biaya pendidikan dapat terjangkau.
  8. Ratusan pendaki dari sejumlah daerah di Indonesia melakukan upacara peringatan Dirgahayu Republik Indonesia ke  69 tahun di Gunung Rinjani Nusa tenggara Barat (17/8). Selain dari NTB, ratusan pendaki berasal dari Jakarta, Jawa Barat, Malang, Surabaya, Makassar, Palembang dan Sumatera. Ada sekitar 200 orang yang ikut dalam upacara pengibaran bendera di Gunung Rinjani.
  9. Peringatan HUT RI ke 69 kembali digelar di bawah laut. Kali ini 30 orang penyelam dari beberapa instansi di Sumatera Barat mengibarkan Merah Putih di bawah permukaan Laut Gosong Kapal, Padang, Sumatera Barat, Senin (18/8).
  10. Direktur Utama PT Pertamina, Karen Agustiawan berniat mengundurkan diri dari jabatannya dengan alasan ingin mengajar di Universitas Harvard Amerika Serikat. Hal tersebut diungkapkan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan. Dahlan menyebutkan, Karen telah berkali-kali meminta dirinya untuk tidak memperpanjang masa jabatan di Pertamina, Namun, permintaan tersebut selalu ditolak. Mulai per 1 Oktober bos Pertamina resmi berhenti.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?68930

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :