1. Ahmad/Liliyana mengukir sejarah besar pada Olimpiade Rio 2016. Pasangan ganda campuran peringkat ketiga dunia itu berhasil meraih mendali emas setelah mengalahkan Chan Peng Soon/Goh Liu Ying asal Malaysia pada babak final dengan skor 21-14 dan 21-12. Kemenangan Ahmad/Liliyana menjadi kado istimewa bagi Indonesia. Pasalnya emas yang diraih pasangan ganda bulutangkis yang bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus tersebut merupakan emas pertama dan satu-satunya bagi Indonesia di Olimpiade 2016. Sebelumnya kontingen Indonesia sudah manyabet dua perak dari cabang angkat besi.
  2. Seperti janji pemerintah yang akan memberikan bonus kepada kontingen Indonesia yang berhasil memperoleh mendali pada Olimpiade Rio 2016, pasangan bulu tangkis ganda campuran Tantowi Ahmad/Liliyana Natsir berhak mendapatkan bonus karena berhasil memenangkan emas. Pasangan ganda campuran itu akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp 5 miliar dan tunjuangan hari tua sebesar Rp 20 juta per bulan. Sementara itu, bagi atlet angkat besi, Eko Yuli Guna dan lifter Sri Wahyuni yang meraih mendali perak, pemerintah menjanjikan bonur Rp 2 miliar dan tunjangan hari tua masing-masing sebesar Rp 15 juta.
  3. Pemerintah Indonesia bersiap mengandeng 24 profesor asal Indonesia yang bekerja di Amerika untuk bekerja di dalam negeri, salah satunya membantu pemerintah membangun Papua. Hal ini disampaikan Presiden Joko Widodo saat menerima ratusan teladan nasional di Istana Negara. “Ada 24 profesor yang saya minta siapkan bidang pendidikan di Papua. Kita akan bangun juga pusat riset untuk padi di Marauke” kata Presiden. Ke depannya akan ada banyak lagi masyarakat Indonesia di luar yang akan diminta kembali ke dalam negeri untuk membantu pemerintah. Presiden memaparkan, kontribusi mereka sangat dibutuhkan untuk membantu pemerintah membangun persaingan global.
  4. Arcandra Tahar diberhentikan Presiden Joko Widodo secara hormat dari kursi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (15/8). Arcandra yang baru dilantik Presiden pada 28 Juli lalu ini diberhentikan setelah perdebatan soal status kewarganegaraan ganda yang mencuat. Arcandra disebut-sebut memiliki dua paspor, Indonesia dan Amerika Serikat. Pria yang sudah 20 tahun tinggal di Amerika Serikat ini lebih memilih diberhentikan sebagai takdir yang sudah digariskan, dia menerima keputusan presiden. Sebagai pengganti, Presiden Jokowi menunjuk Luhut Binsar Panjaitan selaku Menko Kemaritiman sampai ada pengganti menteri ESDM difinitif.
  5. Belum selesai isu dwi kewarganegaraan mantan Menteri ESDM Achandra Tahar, muncul lagi isu baru. Calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat nasional Gloria Natapradja Hamel batal dilantik Presiden Joko Widodo dikarenakan bermasalah dengan kewarganegaraannya. Dia dianggap masih berwarganegara Perancis. Status kewarganegaraan Gloria baru diketahui satu pekan setelah anggota Paskibra mengikuti pelatihan dan karantina di Cibubur, Jakarta. Meski tidak ikut pelantikan, nasib Gloria lebih beruntung, pasalnya ia kembali diperbolehkan bergabung dan bertugas bersama Paskibra lainnya. Atas intruksi Wakil Presiden Jusuf Kalla, Gloria pun bergabung ke Tim Bima, nama tim Paskibraka yang bertugas menurunkan bendera. Pelajar keturunan Perancis Sunda itu merasa sangat berterima kasih kepada Presiden dan Wakil Presiden atas kesempatan tersebut.
  6. Dua WNI yang disandera kelompok Abu Sayyaf di Filipina Selatan bebas dari sekapan penculik (8/8). Disampaikan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Kemanan (Menko Polhukam) Wiranto, dua orang korban bernama Sofyan dan Ismail. Saat ini keduanya telah ditangani KBRI di Filipina dan sedang menjalani pemeriksaan kesehatan oleh Pemerintah Filipina. Namun Wiranto belum memberi keterangan lebih lanjut terkait bebasnya sandera. Sofyan dan Ismail merupakan dua dari tujuh ABK Tugboat Charler yang dibajak kelompok bersenjata di Fililpina sejak 20 Juni lalu. Hingga kini ada sembilan WNI yang masih disandera. Kawanan penculik diduga adalah kelompok Abu Sayyaf yang sebelumnya juga pernah menculik sejumlah WNI yang bekerja sebagai ABK. Para penculik meminta uang tebusan untuk pembebasan sandera, namun pemerintah Indonesia menolak.
  7. Pemerintah melalui Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia memberikan Pengurangan masa hukuman atau remisi kepada 428 narapidana kasus korupsi dalam peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke 71 tahun. Menkumham Yasonna Laoly mengatakan 428 narapidana tersebut telah memenuhi syarat perundang-undangan untuk mendapatkan pengurangan masa hukuman. Dua penerima remisi diantaranya adalah terpidana kasus suap pajak dan pencucian uang Gayus Tambunan dan terpidana kasus korupsi Wisma Atlet, Nazaruddin.
  8. KPK menyesalkan kebijakan pemerintah yang memberikan remisi bagi koruptor, pasalnya hukuman pidana yang dijatuhkan kepada koruptor merupakan upaya KPK dalam memberantas korupsi. Pemberian remisi, dikatakan KPK sebagai kemunduran dalam upaya pemberantasan korupsi. Karena itu KPK menyiapkan tuntutan pidana mati untuk koruptor. Hal ini disampaikan Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan, untuk mengantisipasi pemberian atau obral remisi pada koruptor.
  9. Mantan Menteri ESDM, Arcandra Tahar akan segera kembali berstatus sebagai WNI. Status Arcandra saat ini merupakan warga tanpa negara (stateless) karena kehilangan status WNI saat menerima paspor dan kewarganegaraan Amerika Serikat pada 2012 lalu, dan kehilangan status kewarganegaran Amerika Serikat saat dilantik sebagai Menteri ESDM akhir Juni lalu. Proses pemberian status WNI Archandra akan rampung dalam sepekan, hal ini dikatakan Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum Kementerian Hukum dan HAM, Freddy Harris. Freddy menjelaskan, proses status WNI akan diserahkan ke Presiden untuk meminta persetujuan DPR. Jika disetujui DPR, Presiden akan menerbitkan SK terkait kewarganegaraan Archandra. Freddy menambahkan tidak ada perlakukan istimewa dalam proses pemberian status WNI kepada Archandra.
  10. Amerika dihebohkan dengan kemunculan sebuah patung yang menggambarkan calon presiden AS Donald Trump tanpa busana. Patung yang muncul di kawasan Union Square, San Francisco, California menarik perhatian masyarakat, bahkan tidak sedikit dari pejalan kaki yang melintas mengabadikan diri di depan patung. Karena menghebohkan, pihak otoritas kota langsung memindahkan patung. Belum diketahui siapa yang membuat dan menaruh patung di area publik tersebut. Kemunculan patung Donald bukan yang pertama kali, bulan lalu sebuah patung Trump juga muncul di Red Hook. Pihak Donal Trump belum berkomentar terkait patung asusila yang menghebohkan publik.