1. Banjir dan tanah longsor terjadi di Kota Manado, setelah hujan terus mengguyur sejak Sabtu (16/2) hingga Minggu (17/2) siang. Akibat dari bencana tersebut sebanyak 16 orang meninggal dunia karena tanah longsor dan 1 orang hanyut karena banjir. Sementara pengungsi tercatat sebanyak 3.832 orang.
  2. Kementerian Pertahanan sedang menyiapkan anggaran untuk membeli sejumlah halikopter tempur dari Amerika Serikat untuk menambah kekuatan alat utama sistem senjata atau alutsista TNI Angkatan Darat. Namun Menhan Purnomo Yusgiantoro menegaskan, pemerintah Indonesia belum bisa memutuskan jenis helikopter tempur Apache atau Black Hawk yang akan dibeli, pasalnya kini Kemhan sedang menghitung dana yang sudah disediakan Kementerian Keuangan dan Bappenas. Harga Apache per unit sekitar 40 juta dolar AS, merupakan helikopter serang tercanggih saat ini, sedangkan Black Hawk harga per unitnya sekitar 20 juta dollar.
  3. Seorang warga negara Indonesia dilaporkan selamat dalam hujan meteor yang terjadi di Rusia Jumat pekan lalu. Kaca-kaca apartemen WNI tersebut hancur setelah ledakan meteor disertai kilatan cahaya mengejutkan warga. Menurut Direktur Informasi dan Media Kementerian Luar Negeri Indonesia, PLE Priyatna, korban berinisial FD tinggal di sebuah apartemen di kota Chelyabinks
  4. Demi menciptkan Monas kembali bersih, aman, dan nyaman sebanyak 150 personil Satpol PP dibantu TNI menjaga kawasan monas, pasalnya sejak beberapa bulan terakhir Monas terlihat kotor dan semrawut. Untuk itu Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menindaklanjuti keluhan masyarakat dengan menertibkan kawasan Monas. Petugas menertibkan delman, usaha mainan anak-anak seperti odong-odong, sepeda-sepedaan dan pedagang kaki lima yang membuka lapak di dalam kawasan Monas. Mereka diminta untuk keluar dari dalam area wisata.
  5. Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) kerampokan, uang sebanyak Rp 208.603.000 raib dibawa perampok. Komplotan pencuri masuk ruang bagian keuangan yang berada dilantai 4, pelaku diduga masuk melalui tangga darurat. Sejumlah uang tersebut rencananya akan digunakan untuk membayar gaji karyawan, namun sayangnya telah raib digasak perampok.
  6. Tak hanya buah impor, aturan pemerintah tentang pengetatan impor holtikultura mendorong harga buah lokal ikutan naik, hal ini terjadi selang beberapa waktu setelah aturan diberlakukan. Kenaikan berkisar 50 -100 persen dikarenakan buah impor semakin berkurang dan beralih menjadi meningkatnya ketersediaan buah-buah lokal. Pemerintah mengeluarkan  pembatasan buah impor karena berharap dapat membuka mata dunia untuk buah-buah indonesia yang juga layak menjadi konsumsi unggulan. Untuk itu Ketua Dewan Holtikultura Indonesia meminta kepada para pedagang agak jangan memanfaatkan kondisi dengan menaikkan harga, karena hal ini dinilai bisa menghambat tercapainya tujuan pemerintah.
  7. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengaku mendapatkan bantuan dari perusahaan pembiayaan Japan International Cooperate Agency (JICA) senilai 2 Triliun Yen. Deputi Bidang Transportasi Sutanto Soehodo usai bertemu dengan JICA di Balai Kota Jakarta menjelaskan bantuan tersebut tidak sebatas konsultan, tetapi suatu tim ahli yang dapat membantu managemen. Namun dalam website JICA, hanya 50 miliar yen atau sekitar 5 triliun yang akan diberikan kepada Pemprov DKI.
  8. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengingatkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) dan pihak terkait untuk tetap waspada dan siap menanggulangi bencana alam. Pasalnya, curah hujan masih tinggi, banjir dan tanah longsor bisa saja terjadi. Saat membuka sidang Kabinet Paripurna di Kantor Presiden, Jakarta, SBY juga menyinggung banjir dan longsor yang terjadi di Manado yang menewaskan belasan orang, juga bencana yang terjadi daerah lain. Presiden mengaku telah menghubungi para kepala daerah yang tengah tertimpa musibah agar segera bisa mengatasi bencana.
  9. 26 imigran gelap asal Srilangka diamankan anggota Polres Pulau Seribu, setelah kapal yang ditumpangi mereka menabrak karang di perairan utara Pulau Tidung, Kepulauan Seribu (18/2). Para imigran terdiri dari 17 laki-laki, 5 perempuan dan 4 balita. Penemuan imigran gelap diketahui oleh nelayan. Mereka menumpang kapal nelayan menuju Pulau Chrismas, Asutralia. Ketika melintas di perairan zona eksklusif kapal mereka rusak. Dan karena ditinggal dua kapten dan ABK kapal, para imigran gelap mendayung sendiri kepalanya selama 3 hari hingga menabrak karang.
  10. Kurang puas dengan peraturan Gubernur nomor 43 Tahun 2007 tentang Tata Cara Penangguhan Pelaksanaan UMP, Gabungan organisasi buruh dan pekerja yang tergabung dalam Masyarakat Pekerja-Buruh Indonesia (MPBI) mengancam akan menggugat Joko Widodo ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Isi gugatan karena dikabulkannya permohonan penangguhan kenaikan upah minimum provinsi DKI Jakarta tahun 2013 sebesar Rp 2,3 juta.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?53033

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :