1. DPR berencana menaikkan persyaratan dukungan bagi calon independen yang mau maju dalam Pilkada. Usulannya, jumlah KTP yang semula 7,5 persen akan dinaikan menjadi 10 persen dari jumlah daftar pemilih tetap. Ada wacana perubahan, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama yang akan maju melalui jalur independen tak mau ambil pusing, ia mengatakan usulan itu tidak akan berpengaruh terhadap dirinya. Sebab, Teman Ahok (relawan Ahok) telah membuat antisipasi dengan mengumpulkan dukungan KTP yang lebih banyak dari target. Dia mengatakan akan mengikuti apa pun yang diputuskan Mahkamah Konstitusi.
  2. Munculnya foto Ani Yodhoyono dengan tulisan ‘Calon Presiden Partai Demokrat 2019’ tertulis ‘Lanjutkan’ menjadi trending topic di Twitter, Selasa (15/3). Istri mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono disebut-sebut akan maju menjadi calon presiden 2019 mendatang. Terkait foto yang beredar di dunia maya, Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan tidak membantah foto tersebut memang dibuat oleh kader Partai Demokrat.
  3. Diduga karena Konsleting listrik RS Mintoaharjo Pejompongan, Bendungan Hilir, Jakarta (14/3) menimbulkan kebakaran. Empat orang warga sipil yang saat itu sedang melakukan terapi oksigen, tewas. Kini polisi tengah menyelidiki penyebab pasti peristiwa tersebut.
  4. Usulan untuk melibatkan Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam proses pilkada untuk menghindari Calon Kepala Daerah terlibat narkoba disambut baik oleh KPU. Berkaca dari kasus Bupati Ogan Ilir Wazir Nofandi yang diduga terlibat narkoba dan memanipulasi hasil tes urine saat proses pengajuan berkas pencalonan bupati. Diharapkan penjaringan calon kepala daerah diperketat sehingga tidak terulang kembali.
  5. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mempersilakan BNN melakukan tes urine terhadap semua kepala dan wakil kepala daerah di Indonesia. BBN dapat melakukan tes urine tanpa didahului pemberitahuan. “Tidak perlu ada intruksi dari Mendagri supaya kepala dan wakil kepala daerah melakukan tes narkoba” kata Tjahjo.
  6. KPU menetapkan pemilihan kepala daerah serentak golombang II pada 15 Februari 2017. Ketua KPU Husni Kamil Malik mengatakan Pilkada akan diikuti oleh 101 daerah diantaranya 7 provinsi, 76 kabupaten, 18 kota. Ketujuh provinsi yaitu Aceh, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Gorontalo, Sulawesi Barat dan Papua Barat.
  7. Senator Amerika Serikat, Marco Rubio, mundur dari bursa pencalonan presiden. Kandidat yang cukup populer di kalangan pemilih Partai Republik ini memutuskan mengakhiri perjuangannya karena kalah telak dalam pemilihan di Florida, kampung halamannya. Kesempatan Donald Trump melaju ke calon presiden yang diusung Partai Republik terbuka lebar.
  8. Indonesia ditetapkan menjadi negara tema bagi festival seni dan budaya terbesar di Eropa (Europalia 2017) yang akan berlangsung di beberapa negara di benua Eropa selama empat bulan. Hal tersebut disampaikan Menlu Retno LP Marsudi di Istana Merdeka. Dengan menjadi negara tema, maka semua yang terkait seni dan budaya termasuk arsitektur dan kuliner Indonesia akan terekspos selama empat bulan di bulan Eropa sepanjang 2017, berpusat di Belgia mulai Oktober 2017.
  9. Irjen Tito Kurniawan resmi dilantik menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Usai dilantik, Tito mengaku optimis penanggulangan terorisme maupun radikalisasi di Tanah Air akan berkembang pesat di bawah kepemimpinannya. Pernah menjadi Kadensus sejak November 2009 – Oktober 2010 menjadi modal utamanya dalam bertugas saat ini. Tito juga pernah bergabung dengan tim yang berhasil membongkar jaringan terorisme pimpinan Nordin M Top.
  10. Ganda campuran Indonesia Prevaan Jordan dan Debby Susanto mencetak sejarah dengan meraih gelar juara All England 2016 untuk pertama kalinya. Prevaan dan Derbi berhasil mengalahkan wakil Demanrk Joachim dan Christina di final. Prestasi di All England bisa menjadi modal bagi Prevaan dan Debby sebelum tampil di ajang Olimpiade Rio de Janeiro di Brasil pada 5-21 Agustus mendatang.