1. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan operasi tangkap tangan. Kali ini, enam orang terjaring dan diantaranya diduga hakim Mahkamah Agung, pengusaha, dan oknum pengacara. Keenam orang tersebut digelandang ke dalam gedung KPK guna menjalani pemeriksaan intensif untuk menentukan status keterlibatan mereka.
  2. Rio Haryanto harus mengumpulkan dana sebesar 15 juta Euro untuk bisa berlaga di ajang Formula One (F1). Jumlah dana yang tidak sedikit membuat netizen membuat crowdfunding untuk bisa membantu meringkankan dana yang dibutuhkan oleh pembalap muda Indonesia itu. Catur Sunaryo tergerak membuka crowdfunding melalui website KitaBisa.com. Dia mengajak masyarakat Indonesia untuk turut andil meluluskan jalan Rio bersama tim Manor Motorsport.
  3. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara masih memberlakukan status Siaga Darurat sejak letusan Gunung Soputan, Sabtu Pekan lalu. Hingga kini status tersebut belum dicabut. Disampaikan Kepala BPBD Minahasa Tenggara Joppie Mokodaser, status Siaga Darurat Gunung Soputan diberlakukan sejak erupsi pada awal tahun 2016 dan masih berlaku sampai saat ini.
  4. Sebanyak 1001 warga di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, mulai terserang berbagai penyakit pasca dilanda banjir bandang, diantaranya gatal-gatal, infeksi kulit, dermatitis, infeksi saluran pernapasan, deman, sakit perut dan diare. Terjangkitnya penyakit hampir merata di lokasi yang dilanda banjir. Untuk menanggulanginya Dinas Kesehatan telah membuka posko kesehatan di Puskesmas setempat dan memberikan pelayanan kesehatan keliling dengan menggunakan Puskesmas Keliling sebanyak lima unit. Dinas Kesehatan mengerahkan 10 dokter untuk memberikan pelayanan kesehatan keliling yang dibantu 30 orang perawat, 10 bidan desan dan tenaga surveilan sebanyak 10 orang.
  5. Presiden Joko Widodo dijadwalkan bertemu dengan pemimpin perusahaan-perusahaan raksasa bidang teknologi informasi (IT) dalam kunjungannya ke Amerika Serikat pada 15-17 Februari 2016. Pertemuan dengan pimpinan perusahaan raksasa IT itu merupakan bagian dari kunjungannya ke AS dalam rangka KTT AS-ASEAN. Dalam KTT AS-ASEAN yang berlangsung pada 15-16 Februari, Indonesia akan mengusung tema Kerja Sama untuk Perdamaian dan Kesejahteraan. KTT –AS-ASEAN dilaksanakan di Sunnylands, California, AS. setelah menghadiri KTT – AS-ASEAN, Presiden dan rombongan akan menuju ke San Fransisco untuk menyampaikan pidato kunci acara US-ASEAN Business Council (US-ABC) pada 17 Februari.
  6. Presiden Jokowi menyatakan akan mengangkat peranan masyarakat melalui media sosial dalam pemberantasan terorisme di Indonesia. Masalah itu akan diangkat presiden saat memimpin sesi pertemuan yang dihadiri para pemimpin negara-negara ASEAN dan Presiden AS, Barack Obama. “Kesempatan ini akan saya gunakan untuk berbagi pengalaman sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia dalam membangun toleransi, mencegah radikalisasi serta memberantas terorisme” kata Presiden.
  7. Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak gelombang kedua dilangsungkan pada 15 Februari 2017, yang diikuti oleh 101 daerah dari tingkat provinsi, kabupaten dan kota. Hal ini disampaikan Ketua KPU RI Husni Kamil Manik dalam peresmian peluncuran Pilkada Serentak 2017 di Jakarta.
  8. Gubernur DKI incumbent Basuki Tjahaja Purnama mulai didukung parpol untuk mempertahankan kursinya di Pilgub 2017. Namun Ahok mantap maju lewat jalur independen memanfaatkan kerja keras Teman Ahok yang telah mengumpulkan hampir 700 ribu KTP dukungan. Partai Nasdem telah mendeklarasikan diri mendukung Ahok di Pilgub 2017.
  9. Penerapan kantong plastik berbayar yang akan diuji pada 21 Februari 2016 mendatang. Penjualan kantong plastik per lembar Rp 200 dalam rangka mengurangi limbah plastik. Di Indonesia, sebanyak 17 kota akan menerapkan aturan plastik berbayar. Diantaranya Jakarta, Bandung, Bekasi, Depok, Bogor, Tanggerang, Solo, Semarang, Surabaya, Denpasar, Palembang, Medan, Balikpapan, Banjarmasing, Makssar, Ambon dan Papua.
  10. Memasuki komunitas Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), kota Jakarta telah kedatangan banyak pekerja asing. Berdasarkan data Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DKI Jakarta, saat ini jumlah pekerja asing di Jakarta sudah mencapai 5.000 orang. Mereka berkerja di berbagai bidang pekerjaan seperti industry, garmen, infrastruktur, teknik sipil, bidang teknologi informatika dan sebagainya.