1. Ketua DPD Gerindra DKI M Taufik menuntut pemilihan Presiden (pilpres) diulang karena pihaknya menemukan banyaknya pemilih illegal di ribuan tempat pemungutan suara (TPS). Pihaknya mencatat, ada sekitar 2000 TPS bermasalah dari total 12.408 TPS di Jakarta. “Terlihat dari daftar pemilih khusus tambahan (DPKTb), Cuma menggunakan KTP padahal bukan penduduk setempat,” ungkap Taufik.
  2. Koalisi Independen Demokrasi Penyiaran (KIDP) mendesak Kementerian dan Informasi (Kemenkominfo) segera menindaklanjuti rekomendasi Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) mencabut izin penyelenggaraan penyiaran Meto TV dan TV One. Sebab, kedua stasiun televisi tersebut dianggap menyalahgunakan frekuensi public untuk kepentingan politik peserta Pemilu Presiden 2014. Hal ini diungkapkan Ketua KIDP sebagai perwakilan dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia, Eko Maryadi. “Kami mendesak pemerintah, dalam hal ini Kemenkoinfo, untuk segera merespon rekomendasi KPI agar mengevaluasi, bahkan mencabut izin penyelenggaraan frekuensi publik”. Menurut Eko, KPI telah melayangkan teguran kedua sebelum rekomendasi itu disampaikan ke Kemenkoinfo. Namun, kedua stasiun televisi tersebut terus melakukan pelanggaran. Kedua televisi melanggar Pasal 36 ayat 4 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang penyiaran, yang berisi ‘Isi siaran wajib dijaga netrlitasnya dan tidak boleh mengutamakan golongan tertentu’.
  3. Kembali purta dan putri Indonesia mengukir prestasi. Mereka adalah Riswi Haryatfrehni, Rahadyan Aulia, Afra Meilianda, Ni Wayan Erly, Immanuel Sanka, Muhammad Ali Fikry dan Nungke Diah yang merupakan mahasiswa Biologi Universitas Gajah Mada, Yogyakarta. Mereka berhasil meriset cumi-cumi sebagai obat, dimana tinta yang selama ini dibuang ternyata bermanfaat menjadi obat anti kanker. Karena penemuan tersebut, tim riset UGM menjadi wakil Indonesia dalam ajang Internasional Young Invetors Awards (IYIA) yang berlangsung pada 4-5 Juni lalu dan mendapatkan penghargaan Gold Prize serta Special Award dari Association of Polish Inventors and Ritionalizers.
  4. Pesawat maskapai Amerika Serikat, United Airlines, terpaksa mendarat darurat di sebuah bandara terpencil karena ada bau yang janggal di dalam pesawat. Diduga ada kerusakan yang dialami pesawat Boeing 777 itu.  Dikutip CNN (13/7), insiden ini terjadi pada Jumat lalu dalam penerbangan dari Honolalu ke Guam. Pesawat mendarat di bandara kecil di Pulau Midway dan menghabiskan waktu tujuh jam sebelum penumpang diterbangkan lagi ke Hawaii.
  5. Indonesia akhirnya resmi memiliki rumah sakit nasional khusus menangani otak dan saraf. Senin (14/7) Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RS PON) diresmikan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. Presiden berharap, RS PON bisa menjadi rumah sakit berkelas internasional, dan tidak tertinggal dari Negara maju lainnya.
  6. Tim Hukum Jokowi-JK mengklaim menerima sebanyak 160 laporan dugaan kecurangan yang terjadi selama Pilpres 2014 di berbagai daerah. Untuk merespons aduan-aduan tersebut, anggota tim Jokowi – JK telah menyiapkan sebanyak 64 pengacara.  Tim sukses Jokowi – JK menilai ada beberapa kecurangan di 16 provinsi, seperti Banten, Yogya, Lampung, Sumsel, Jabar, Aceh, Maluku. Untuk itu disiapkan pengacara untuk mendampingi disetiap wilayah. Para pengacara yang dikerahkan tim Jokowo berasal dari partai koalisi, dimana masing-masing partai menurunkan kadernya yang berprofesi sebagai pengacara. Jika benar terjadi tindakan pidana umum, maka pengacara yang telah disiapkan akan membantu mengurusnya.
  7. Sejumlah artis Ibu Kota yang tergabung dalam Gerakan Kawal KPU mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan (13/7) untuk memberikan dukungan moril bagi penyelenggara pemilu. Keterlibatan sejumlah pekerja seni tersebut dalam Gerakan Kawal KPU untuk mendapatkan proses dan hasil pilpres yang jujur dan adil guna mendapatkan kepemimpinan nasional yang sesuai dengan harapan rakyat.
  8.  Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyiapkan 7.000 unit bus untuk mengantisipasi lonjakan pemudik. Selain itu, Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta akan melakukan pemeriksaan kesehataan bagi pengemudi bus. Pemeriksaaan dilakukan untuk meminimaliasasi kecelakaan yang disebabkan oleh human error. Pemprov DKI Jakarta telah bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi DKI Jakarta. Sejumlah institusi akan membuka posko-posko kesehatan di lokasi tertentu yang diperuntukan bagi pemeriksaaan kesehatan pengemudi. Pemeriksaan akan difokuskan pada pengecekan urine terkait penggunaan narkotika dan minuman keras.
  9. Proses Pilpres telah menimbulkan pembelahan masyarakat yang begitu membahayakan. Untuk itu kedua capres tersebut akan dipertemukan. Din Syamsudin selaku Ketua PP Muhammadiyah akan menjadi penengah dan akan mempertemukan Jokowi dan Prabowo untuk upaya peta jalan damai. “Saya sudah kirim SMS kepada purtra terbaik bangsa ini. Pak Prabowo dan Pak Jokowi untuk bertemu, ya kita upayakan untuk meredakan suasana. Saya upayakan Selasa atau Rabu datang bisa terwujud” katanya.
  10. Badan Penanggulangan Bencana Daerh (BPBD) Trenggalek, Jawa Timur mengintruksikan warganya bersiaga penuh mengantisipasi ancaman banjir bandang dan tanah longsor yang disebabkan hujan deras yang terus mengguyur wilayah tersebut.  Kasi Kedaruratan BPBD Trenggalek, Ahmad Budiharjo mengatakan peningkatan kewaspadaan dilakukan dengan mengerahkan seluruh personel TRC (tim reaksi cepat) yang ada di tingkat kecamatan untuk terjun ke daerah-daerah rawan bencana.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?67970

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :