1. Empat hari jelang Lebaran, Jakarta mulai sepi ditinggalkan oleh sebagian warga yang mudik. Beberapa ruas jalan di Ibu Kota nampak lengang dari keseharian yang selalu padat kendaraan. Warga yang tidak mudik mengaku senan karena bisa menikmati perjalanan dalam waktu singkat dan tanpa macet.
  2. Dukungan untuk Hillary Clinton untuk maju pada pemilu Presiden Amerika Serikat pada 2016 mendatang semakin mulus. Sabtu (11/7) lalu, persaturan guru (American Federation of Teachers) yang beranggotakan 1,6 juta guru di seluruh AS menyatakan dukungannya bagi istri mantan presiden AS Bill Clinton itu. Dukungan tersebut diklaim sebagai dukungan persatuan nasional terbesar yang diberikan pertama kalinya kepada salah satu kandidat calon presiden AS 2016. American Federation juga pernah mendukung Hillary dalam pencalonannya sebagai calon Presiden AS pada 2007 lalu, hanya saja ketika itu dukungan yang diberikan terpecah dimana salah satu kubu memberikan dukungan kepada Barack Obama.
  3. Indonesia menambah beberapa negara untuk bebas visa. Hal ini disampaikan Menteri Pariwisata, Arief Yahya mulai tahun depan Indonesia akan memperluas pintu masuk untuk turis asing. “Pariwisata Indonesia terus memperkuat sisi pelayanan termasuk pintu masuk, tapi saya menjamin di tahun 2016 pintu masuk yang menerima bebas visa sudah bisa masuk dari wilayah Indonesia mana saja. Untuk sementara, pintu masuk yang diperbolehkan untuk negara tambahan bebas visa yaitu Bandara Soekarno Hatta (Jakarta), Hang Nadim (Batam), Kuala Namu (Medan), Juanda (Surabaya), Ngrah Rai (Bali), Pelabuhan Laut Sekupang Pelabuhan Laut Tanjung Uban (Riau) dan Pelabuhan Laut Batam Center. “Sembilan pintu masuk yang diberikan ini adalah pintu masuk yang sudah siap dari segala aspek termasuk layanan dan sekuritasnya.”
  4. Mudik sudah menjadi tradisi di Indonesia dikala Lebaran. Tak mau kalah dengan penduduk Jakarta yang mulai pulang kampung, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat pun melakukan ritual mudik, namun bergantian. Hal ini dilakukan agar tidak ada kekosongan dalam memimpin pemerintahan di Ibu Kota.
  5. Menjelang Idul Fitri 2015, Polres Jakarta Utara semakin mengintensifkan pengamanan di mal-mal yang ada di Jakarta Utara. Hal ini dilakukan untuk mengatisipaso aksi teror dan kriminalitas sekaligus memberi rasa aman dan nyaman pada masyarakat yang sedang berbelanja kebutuhan Lebaran. Petugas melakukan patrol secara rutin ke 16 mal yang ada di wilayah Jakarta Utara, mereka juga blusukan ke dalam mal dan mengamati situasi, kondisi dan aktifitas yang ada di dalam mal. Pengamanan akan dilakukan baik sebelum Lebaran maupun sesudahnya.
  6. Akibat peristiwa kebakaran yang terjadi di JW Lounge di Terminal 2E Bandara Soekarno-Hatta beberapa waktu lalu, maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia menaksir nilai kerugian mencapai 8,5 miliar. Disampaikan Direktur PT Garuda Indonesia Arif Wibowo, nilai kerugian yang ditanggung pihiknya sebagian besar merupakan dana kompensasi yang dibayarkan kepada penumpang yang mengalami penundaan dan pembatalan penerbangan . “Peristiwa kebakaran itu berimbas pada penundaan dan pembatalan sejumlah penerbangan Garuda saat musibah itu terjadi”paparnya.
  7. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menyelenggarakan Posko Mudik 2015 untuk memberikan layanan kesehatan gratis bagi pemudik Idul Fitri tahun ini. Posko ini tersedia di lima titik padat pemudik di tiga pelabuhan dan dua terminal besar, yaitu Pelabuhan Merak (Banten), Palabuhan Soekarno Hatta ( Makassar, Palabuhan Gilimanuk (Bali), Terminal Kampung Rambutan (Jakarta) dan Terminal Bungurasih (Surabaya). Di Posko Mudik BPJS ini, para pemudik bisa memperoleh layanan secara gratis, baik untuk memeriksa kondisi kesehatan maupun konsultasi. Di setiap posko akan dilengkapi dokter, paramedis, ambulans, dan petugas BPJS Kesehatan yang siap memberikan pelayanan.
  8. Maskapai Australia, Virgin Australia menyatakan belum akan mengadakan penerbangan ke Bali, karena ancaman abu vulkanik akibat erupsi Gunung Raung di Jawa Timur. Maskapai ini telah mengumumkan bahwa semua penerbangan dari dan ke Bali dibatalkan (13/7). Virgin Australia mengatakan pihaknya menempatkan keselamatan penumpang sebagai pertimbangan pertama atas pembatalan ini, meskipun beberapa warga Australia saat ini masih terdampar di Bali, akibat pembatalan penerbangan sebelumnya Minggu (12/7). Bandara Ngurah Rai dan 4 bandara lainnya sempat ditutup pada Jumat (10/7) karena erupsi Gunung Raung.
  9. Tiga kampung di wilayah Distrik Agandume, terancam kelaparan akibat hujan es yang melanda kampung itu, hal ini disampaikan Bupati Puncak Willem Wandik. Hujan es terjadi hampir setiap tahun terutama di bulan Juni-Juli. Akibat hujan es tanaman seperti umbi-umbian tidak bisa dipanen dan dikonsumsi karena membusuk, namun belum ada laporan korban jiwa dalam musibah ini. Wandik mengungkapkan total penduduk Distrik Agandume ada 11.000 jiwa.
  10. Guna mengamankan Arus Mudik Lebaran 2015, Polda Metro Jaya menerjunkan 6.642 personel yang disebar di titik-titik rawan yang akan menempati Pos Pelayanan dan Pos Pengamanan. Kebijakan ini dilakukan untuk mengatisipasi lonjakan pemudik yang diperkirakan mencapai 1,5 juta kendaraan, baik di Jakarta maupun di Sumatera. Adapun pos pelayanan juga menyediakan bengkel untuk membantu pemudik yang mengalami gangguan pada kendaraannya. Demi mencegah terjadinya kecelakaan, Polda Metro Jaya juga menyiapkan pos yang dilengkapi layanan kesehatan termasuk dokter dan psikiater.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/78529

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

greatpremium

 

 

 

 

kabari store pic 1