logo top 10

  1. Kota Surabaya meraih penghargaan Socrates Award 2014 dari Europe Businnes Assembly (EBA) untuk penghargaan City of the Future (kota masa depan). Penghargaan akan diserahkan pada Rabu (16/4) malam di London, Inggris. EBA adalah perusahaan independen berbasis di Inggris yang memberi perhatian terhadap pengembangan ekonomi, sosial, dan budaya. Sebagai organisasi non pemerintah EBA mempromosikan transformasi ekonomi praktis, pendidikan, kebudayaan dan ilmu pengetahuan. Kategori City of the Future tersebut merupakan yang tertinggi yang bisa disabet peraih penghargaan setingkat kota.
  2. Setelah hampir 69 tahun merdeka, akhirnya Indonesia memiliki pesawat khusus kepresidenan. Pesawat buatan Boeing jenis Business Jet 2 atau BBJ-2 ini khusus dirancang untuk Presiden RI untuk menjalankan tugas-tugas pemerintahan dan kenegaraan. Pesawat Khusus Kepresidenan BBJ-2 ini memiliki panjang sekitar 39,5 meter, panjang sayap 35,8 meter, tinggi ekor 12,5 meter, dan memiliki diameter 3,73 meter. Untuk interiornya, BBJ-2 memiliki panjang 29,97 meter, dengan tinggi 2,16 meter serta lebar 3,53 meter. Interior pesawat dirancang untuk dapat mengakomodasi hingga 67 penumpang. Harganya cukup fantastis, yaitu 89,6 juta dolar atau sekitar Rp 847 miliar.
  3. Setelah menambah jumlah soal kategori sulit pada Ujian Nasional (UN) tahun lalu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melakukan terobosan untuk meningkatkan kualitas soal UN di 2014. Naskah soal UN tahun ini akan disisipkan soal-soal berstandar internasional yang merujuk pada PISA (Programme for International Student Assessment). Mendikbud, Mohammad Nuh, mengatakan bahwa tingkat kesulitan soal UN tahun ini tidak hanya akan terlihat dari meningkatnya komposisi jumlah soal sulit dengan disisipkannya sejumlah soal yang akan mengacu pada standar PISA. “Soal-soal ini untuk mengukur kompetensi siswa dengan menggunakan standar internasional” katanya. PISA merupakan sebuah studi internasional tentang prestasi literasi membaca, matematika, dan sains siswa sekolah berusia 15 tahun. studi ini dikoordinasikan oleh OECD (Orgaisation for Economic Coorperation and Development) yang berada di Paris, Prancis.
  4. Pelajar tingkat SMA, SMK dan sederajatnya, mengikuti pelaksanaan ujian nasional (UN), hari ini. Terkait pengamanan, Polda Metro Jaya, menurunkan minimal satu polisi untuk mengawal pelaksanaan ujian di satu sekolah. Hal ini disampaikan Komisaris Besar Polisi, Rikwanto yang mengatakan jumlah pengamanan diserahkan ke Polres dan Polsek di wilayah masing-masing.  “Disiapkan satu polisi di setiap sekolah yang akan melakukan penjagaan,” katanya. Petugas melakukan penjagaan bersama pihak keamanan sekolah.
  5. Sebanyak 119.879 siswa setingkat SMA, SMK dan MA, termasuk yang tersangkut masalah hukum tetap diberi kesempatan melaksanakan Ujian Nasional (UN) pada 14-16 April mendatang. Meskipun begitu, Dinas Pendidikan DKI Jakarta belum mengetahui jumlah siswa yang tersangkut kasus tersebut. Kepala DInas Pendidikan DKI Jakarta, Larso Marbun mengaku, belum mendata jumlah siswa yang saat ini terjerat kasus hukum. Kendati demikian, mereka akan tetap diberikan kesempatan untuk mengikuti UN tahun ini. “Kita tetap memberikan kesempatan bagi mereka untuk melangkah lebih jauh dengan pertobatan yang dilakukan” papar Larso.  Menurutnya hal itu telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang pendidikan. Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan Komnas Anak untuk mendapatkan masukan untuk sebagai tindakan yang akan diambil.
  6. Kementerian Perdagangan mencatat, beberapa perusahaan produk makanan dan minuman (Manim) tengah mempersiapkan kerjasama dengan distributor internasional. Kerjasama tersebut terjadi menyusul tingginya permintaan produk minuman dan makanan asal Indonesia di beberapa negara seperti China, Italia, Amerika dan Kanada.Direktur Jenderal Perdagangan Ekpor Nasional Kementerian Perdagangan Nus Nuzulia Ishak menyatakan kebanyakan dari kerjasama tersebut akan terus bertumbuh, karena diperkirakan tingkat permintaan terhadap produk Manim nasional di beberapa negara akan meningkat.
  7. Musisi legendaries Iwan Fals berencana akan menggelar konser setelah Indonesia memiliki presiden baru. Iwan pun akan menamakan konsernya dengan tajuk ‘Nyanyian Raya’. Bukan itu saja, Iwan juga akan mengundang presiden terpilih pada konsernya nanti, sebagai ajang silaturahmi kepada pemimpin negeri. Iwan berharap konsernya bisa disaksikan orang banyak.
  8. Mendorong masuknya aliran modal asing ke Tanah Air, Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) kembali menggelar kegiatan perdagangan dan investasi bertaraf internasional. Kegiatan ini akan mempertemukan pelaku bisnis dalam maupun luar negeri dengan pengambil kebijaksaan di daerah serta pelaku bisnis di kabupaten. Bertajuk Internasional Trade and Invesment Summit (AITIS) 2014, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing dalam mempromosikan sektor-sektor potensial di daerah seperti pengembangan pertanian dan perkebunan, pertambangan dan energi, pariwisata, jasa dan teknologi. AITIS melibatkan 176 kabupaten dan diikuti oleh 10 provinsi, 25 pemerintah kota, 15 lembaga kementerian dan 30 BUMN dan kalangan swasta.
  9. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan bahwa wilayah Indonesia aman dari kemungkinan terjadinya tsunami akibat gempa berkekuatan 7,5 skala Richter yang menguncang Kepulauan Solomon, Minggu (13/4) malam. Di sampaikan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, beberapa saat lalu, Pacific Tsunami Warning Center (PTWC) memberikan informasi bahwa gempa tersebut kemungkinan berdampak menimbulkan tsunami lokal di sekitar pusat gempa yaitu Kepulauan Salomon, Vanuata dan Papua Nugini. Namun berdasarkan hasil analisa dari BMKG tsunami tersebut tidak berdampak hingga wilayah Indonesia.  Untuk itu BNPB menghimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak perlu panik.
  10. Untuk meningkatkan jumlah pengunjung baik wisatawan lokal maupun mancanegara, pengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akan menyuguhkan Citra Budaya Tradisi 33 Provinsi di Indonesia yang akan berlangsung mulai 17-20 April 2014. Kegiatan ini juga sejalan dengan tema HUT ke-39 TMII yakni, “Negeriku Satu Indonesia”. Salah satu acara yang akan disuguhkan yakni, Bali Night Sang Sutasoma yang akan menampilkan drama yang diangkat dari kitab suci umat Hindu, Sutasoma. Perhelatan ini akan digelar pada 20 April dan ditargetkan mampu menyedot 100 ribu pengunjung yang sedang menikmati libur panjang akhir pekan di TMII.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?62913

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :