1. Dua Pesawat KT-IB Jupiter Aerobatic Team (JAT) milik TNI Angkatan Udara Indonesia terbakar di udara dan jatuh setelah bersenggolan saat latihan jelang pameran Langkawi Internasional Maritime & Aerospace Exhibtion 2015 di Malaysia. Kedua pesawat tersebut adalah bagian dari formasi enam pesawat yang sedang berlatih. Sementara pilot dan ko-pilot dinyatakan selamat, keempatnya korban berhasil keluar menggunakan kursi pelontar dan mendarat dengan parasut sebelum pesawat jatuh. Akibat kejadian tersebut, latihan pertunjukan udara dihentikan. Kecelakaan terjadi hanya beberapa jam sebelum para menteri pertahanan semua negara anggota ASEAN dijadwalkan tiba di Langkawi.
  2. Terhitung mulai 2017, pemerintah memberlakukan sistem baru pembayaran jaminan pensiun dan jaminan hari tua PNS dan TNI/Polri seiring pelaksaan UU No 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Pensiun PNS dan TNI/Polri tidak lagi dibiayai APBN dan akumulasi premi murni PNS. Disampaikan Yuliana Setiawati selaku Deputi Bidang Pembinaan Manajemen Kepegawaian Nasional (BKN) sistem baru ini bertujuan meningkatkan kesejahteraan PNS dan TNI/Polri, sekaligus mengatur sistem pengajian baru bagi PNS dan TNI/Polri yang masih aktif.
  3. Jalur Pantai Utara (Pantura) yang menghubungkan Jakarta dengan kota-kota di Jawa terputus karena banjir yang terjadi di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Air meluap setelah sejumlah tanggul Sungai Cimanuk jebol dan menyebabkan ribuan rumah di sepanjang jalan sungai terendam.Ketinggian banjir mencapai 80 cm hingga 1 m yang menyebabkan jalur lalu lintas lumpuh.
  4. Sebanyak 422 jadwal penerbangan di Bandara Ngurah Rai Bali pada Sabtu 21 Maret akan ditiadakan. Seperti tahun-tahun sebelumnya di setiap Perayaan Nyepi, seluruh aktivitas penerbangan ditutup selama 24 jam. Ditutupnya segala aktivitas penerbangan di Bandara Ngurah Rai sudah terjadi sejak tahun 2000 untuk menghormati perayaan Nyepi dan memberi kenyamanan kepada warga Bali yang merayakan.
  5. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yassona Loaly mewacanakan pemberian remisi dan pembebasan bersyarat kepada semua terpidana, termasuk pada pelaku tindak pindana luar biasa, seperti kotuptor. Sontak usualan tersebut menuai pro dan kontra. Plt Pimpinan KPK, Johan Budi menganggap wacana tersebut bertabrakan dengan semangat pemberantasan korupsi. Hal serupa disuarakan Penasehat KPK Abdullah Hehamahua, yang menilai terpidana korupsi tidak layak diberi ampunan. Ia menyamakan koruptor dengan pencuri yang perlu diadili, bahkan kalau perlu dihukum mati sampai jera. “Tak usah berikan remisi kepada koruptor. Saya malah mengusulkan hukuman mati perlu bagi terpidana korupsi seperti terpidana narkoba” tagasnya.
  6. Ratusan warga Desa Lite, Kecamatan Adonara Tengah, Kabupaten Flores Timur, NTT menangkap empat orang asing yang diduga anggota ISIS Minggu (15/3). Warga curiga karena menangkap basa merea membang permen sepanjang jalan antara Desa Horowura munuju Desa Lite. Permen yang dibuang kemudian dipunggut anak-anak. Keempat orang asal Bangladesh itu langsung diringkus tanpa perlawanan karena dianggap mencurigakan. Kini keempat oang tersebut tengah menjalani pemeriksaan di pos polisi setempat.
  7. Presiden Joko Widodo, Senin (16/3) kembali mengumpulkan para menteri dalam Kabinet Kerja untuk mematangkan paket kebijakan ekonomi. Rencananya ada empat poin dari delapan poin paket kebijakan. Adapun empat paket kebijakan yang dikeluarkan presiden yaitu, pemerintah akan mengeluarkan peraturan Menteri Keuangan (PMK) pengenaan bea masuk anti dumping dan bea masuk pengamanan sementara (safeguard) untuk produk-produk impor yang terindikasi dumping. Kedua intensif pajak bagi pengusaha Indonesia yang produknya minimal 30 persen untuk pasar berorentasi ekspor. Ketiga, pemberian bebas visa kepada empat negara yaitu China, Korea, Jepang dan Rusia. Yang keempat adalah meningkatkan komponen bahan bakar nabati (BNN) menjadi 15 persen pada tahap awal agar impor dan BBM bisa dikurangi.
  8. Banyaknya anggaran yang tidak rasional membuat Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berencana memangkas gaji anggota DPRD DKI Jakarta. Menurutnya, hal itu membuat wakil rakyat terbiasa hidup bergelimang harta. “Anggota DPRD itu gajinya gede-gede. Anggaran untuk rumah saja bisa mencapai Rp 30 juta. Makanya, mau aku coret nanti. Kebiasaan keanakan” katanya. Adanya peraturan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang menyatakan anggaran belanja pegawai yang tidak boleh melebihi 30 persen dari APBD membuat dirinya mantap untuk memotong anggaran bagi anggota DPRD DKI.
  9. Ratusan pekerja tambang PT Freeport Indonesia dari tujuh suku masih memblokade jalan tambang di pertigaan Ridhe Camp, Mil 72, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika (16/3). Akibat blokade tersebut, aktivitas transportasi dan akses pekerja tambang dan logistik PT Freeport terhambat. Pasca insiden kecelakaan di tambang terbuka Grasberg yang menewaskan 4 orang pada 27 September 2014 lalu menjadi awal pekerja melakukan mogok kerja. Mereka mendesak pihak manajemen PTFI bertanggung jawab dengan kecelakaan. Jika tuntuan tidak dipenuhi, ratusan pekerja mengancam pensiun dini.
  10. Presiden Jokowi mengundang Komisi Pemberantasan Korupsi untuk menyampaikan kemajuan penyelamatan sumber daya alam (SDA) melalui pencegahan korupsi. Program KPK tersebut adalah ‘Gerakan Nasional Penyelamatan SDA’ yang akan ditandatangani oleh 29 kementerian/lembaga dan sejumlah kepala daerah. Disampaikan Plt KPK Johan Budi, program ini sudah dilakukan KPK sejak 2013 dan program merupakan program lanjutan KPK yang akan diperluas ke bidang maritime dan perkebunan. “Berbeda di 2015 kami masuk ke sektor kelautan dan perkebunan. Presiden menyambut baik dan berkenan hadir di acara penandatanganan sekaligus memberi arahan 29 kementerian/lembaga” paparnya.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/75636

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

greatpremium

 

 

 

 

kabari store pic 1