1. Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah kembali muncul dalam pemberitaan berbagai media massa seiring dengan rencana eksekusi mati tahap ketiga yang akan dilaksanakan oleh Kejaksaan Agung. Namun sampai saat ini belum diketahui secara pasti kapan eksekusi tahap ketiga itu dilaksanakan. Jaksa Agung Muhammad Prasetya juga belum mau memberikan nama-nama yang akan dieksekusi pada tahap ketiga, dia hanya mengatakan bahwa terpidana mati yang akan dieksekusi tahun ini hanya yang telah memiliki status hukum yang jelas.
  2. Setya Novanto resmi terpilih menjadi Ketua Umum DPP Partai Golkar Periode 2014-2019 melalui Musyawarah Nasional Luar Biasa di Bali Nusa Dua Convention Center (17/5). Setya Novanto dinyatakan menang setelah kandidat lainnya Ade Komarudin mengundurkan diri dari pemilihan. Usai terpilih sebagai ketua umum Partai Golkar, Setya pun menyatakan kesiapannya untuk mendukung pemerintahan Jokowi-JK. “Jabatan yang sama terima ini saya pertanggungjawabkan demi kepentingan bangsa, saya akan bekerja sama dengan pemerintah dan mendukung pemerintahan Jokowi-JK, sehingga ini akan menjadi kekuatan besar dengan Golkar ke depan”katanya.
  3. Pemprov DKI Jakarta meluncurkan aplikasi perpustakaan digital berbasis media sosial pertama di Indonesia yang diberi nama iJakarta. Diluncurkan bersamaan dengan hari buku nasional, iJakarta dihadirkan untuk mewujudkan gerakan publik ‘Baca Buku Bareng’ yang didukung oleh Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi DKI, Dinas Pendidikan, Perpusnas dan Yayasan Nusan Membaca. Diharapkan aplikasi ini dapat membuat warga DKI lebih cerdas dan mendorong untuk berbagi soal buku, membangun dialog dan mempublikasikan karya tulis.
  4. Hewan Bison dinobatkan sebagai mamalia nasional Amerika Serikat. Kesepakatan yang menjadikan sebuah kebijakan diresmikan sebagai undang-undang oleh Presiden Obama dengan menyatakan bahwa peran bison sebagai simbol warisan Amerika Serikat secara keseluruhan.
  5. Kementerian Perhubungan membekukan sementara jasa pelayanan penumpang dan barang ground handling maskapai Lion Air dan Air Asia. Sanksi tersebut dilakukan menyusul kesalahan menurunkan penumpang internasional yang diturunkan di terminal domestik. Pembekuan sementara kedua ground handling berlaku selama lima hari sejak surat keputusan dikeluarkan pada 17 Mei 2016.
  6. Departemen Luar Negeri Amerika Serikat mendesak warga Amerika untuk menghindari segala bentuk perjalanan menuju Korea Utara. Mereka memperingatkan penduduk AS yang melakukan perjalanan dapat mengundang risiko dan dipenjara dalam waktu lama apabila melanggar hukum negera di Korea Utara. Menurut Washington, sedikitnya ada 14 penduduk As yang ditahan oleh Pyongyang selama 10 tahun terakhir.
  7. Pemerintah menghimbau para pedagang untuk mendukung upaya menstabilkan harga pangan pokok jelang Ramadan. Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman menyampaikan amanat Presiden Jokowi agar pedagang, pengusaha turut serta menjaga kestabilan harga. Pemerintah ingin bulan Ramadan dan hari raya lebaran tidak diganggu dengan melambungnya harga-harga bahan pangan.
  8. Pemprov DKI Jakarta menegaskan organisasi masyarakat (ormas) dilarang melakukan sweeping tempat hiburan malam atau tempat makan. Wewenang pengawasan hanya boleh dilakukan dilakukan Pemprov DKI dan Polda Metro Jaya. “Tidak boleh dilakukan ormas-ormas yang melakukan sweeping, yang bisa melakukan hanya institusi pemerintah” tegas Wakil Gubernur Djarot Saiful Hidayat.
  9. Musisi senior Deddy Dores meninggal dunia pada Selasa (17/5) karena serangan jantung. Seniman kelahiran Surabaya 28 November 1950 ini dikenal sebagai penyanyi dan pencipta lagu slow rock. Kepergian Deddy Dores meninggalkan duka mendalam bagi dunia musik Tanah Air, sejumlah musisi berencana menggelar konser tribute untuk Deddy Dores.
  10. Pemerintah berencana mengubah skema pemberian beras miskin (raskin) dengan voucher pangan. Hal ini dinilai dapat memberi gizi yang seimbang bagi masyarakat miskin di Tanah Air, seperti yang disampaikan Deputi III Kantor Staf Kepresidenan Denni Puspa Purbasari. Menurutnya konsep voucher pangan rencananya akan diberikan dengan nilai tertentu setiap bulan. Dengan adanya asupan gizi yang cukup, kedepannya diharapkan generasi masa mendatang yang lebih cerdas.