1. Dunia terguncang dengan pemboman dan aksi penembakan yang menewaskan 129 orang dan ratusan luka-luka. ISIS jadi target penumpasan AS dan negara Eropa. Terkait aksi teror yang dilancarkan ISIS di Paris, Prancis, para pemegang kekuasaan di Uni Eropa menyerukan agar segera diselenggarakan pertemuan darurat antar para menteri dalam negeri Uni Eropa pada 20 November mendatang di Beligia.
  2. Beberapa warga negara asing telah berhasil diidentifikasi di antara para korban serangan teroris di Paris yang menyebabkan 129 orang meninggal dan ratusan orang luka-luka. Menurut hitungan dari beberapa sumber resmi di seluruh dunia, setidaknya ada 23 warga asing kehilangan nyawa dalam serangan tersebut. Pejabat Prancis memperingatkan bahwa data tersebut diperkirakan akan meningkat karena ada ratusan orang yang terluka, beberapa diantaranya luka parah.
  3. Pengamanan sejumlah Kedubes di perketat. Sebagai langkah pencegahan tindak pidana terorisme Polda Metro Jaya meningkatkan pengamanan sejumlah kantor kedutaan besar (kedubes) beberapa Negara kawasan Eropa serta Kedubes Amerika Serikat dan Australia, di Jakarta. Peningkatan pengamanan ini sebagai langkah antisipasi serangan terorisme seperti yang terjadi di Paris, Prancis, akhir pekan kemarin. Kepala Bidang Hukum Polda Metro Jaya Komisaris Besar Muhammad Iqbal dalam keterangan persnya menerangkan, peningkatan pengaman bukan permintaan dari Kedubes yang bersangkutan melainkan inisiatif Kapolda Metro Jaya Inspektur Tito Karnavian.
  4. Wakil Presiden Jusuf Kalla mengintruksikan Panglima TNI Jenderal Gatot Numantyo meningkatkan kewaspadaan dari ancaman terorisme yang masuk ke Indonesia. Wapres meminta Jenderal Gatot mengerahkan anak buahnya mengamankan obyek strategis dan wilayah perbatasan. Wapres menegaskan, penjagaan ketat di obyek vital dan perbatasan dapat meminimalisir kemungkinan masuknya orang asing yang bertujuan melakukan aksi terorismee di wilayah NKRI.
  5. Pemerintah Amerika Serikat terus mengungkapkan rasa simpatinya terhadap tragedi di Paris. Salah satunya dengan mengibarkan bendera setengah tiang di bangunan-bangunan resmi di seluruh dunia.
  6. Kementerian Luar Negeri masih menelusuri kemungkinan adanya warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban serangan di Paris, Prancis. Kemlu mengaku belum menerima laporan adanya WNI yang menjadi korban tragedi tersebut. KBRI Paris sudah melakukan koordinasi dengan WNI di Prancis dan menghimbau WNI di Prancis untuk meningkatkan kewaspadaannya. WNI juga diminta untuk menghindari wilayah-wilayah rawan.
  7. Teror Paris menyulut kemarahan Amerika Serikat dan negara-negara yang hadir dalam pertemuan G20 di Anatalya, Turki. Presiden Obama bahkan mengajak Presiden Rusia Vladmir Putin untuk ikut bergabung dengan negara-negara sekutu untuk meningkatkan kekuatan memberantas ISIS. Pertemuan Obama dengan Putin berlangsung pada makan siang di sela acara G20. Penasehat Kebijakan Luar Negeri Russia, Yur Ushakov mengatakan keduanya sepakat pada transisi Suriah harus difokuskan terlebih dahulu pada membasmi ISIS di kawasan Irak dan Suriah.
  8. Pemerintah Indonesia mengajak komunitas internasional untuk meningkatkan kerja sama internasional untuk memerangi terorisme dan paham radikalisme. Hal ini disampaikan Presiden Joko Widodo dalam Working Dinner Session KTT G-20 . “Diperlukan pendekatan terpadu yang mengharuskan negara-negara bersatu dan mengesampingkan perbedaan politik untuk menghadapi ekstremisme dan terorisme” kata Presiden. Presiden Jokowi menyatakan kesiapan Indonesia untuk bekerja sama dengan masyarakat internasional dalam menghadapi terorisme serta menumbuhkan toleransi, baik dalam negeri maupun luar negeri.
  9. Banjir menggenangi sejumlah wilayah di Jakarta (16/11), khususnya di bantaran Sungai Ciliwung. Banjir akibat meluapnya sungai Ciliwung karena hujan deras melanda Bogor pada Minggu sore dan menyebabkan status Bendungan Katulampa siaga satu. Data resmi Badan Penanggulangan Bencana Daerah pada pukul 03.00 WIB Senin dini hari melaporkan Kelurahan Pejaten Timur, Kelurahan Rawajati, dan lokasi depan Pasar Induk Kamat Jati, Jakarta tergenang banjir. Selain itu banjir juga menggenangi persimpangan Hex di Jalan Raya Bogor, karena pintu air di lokasi jebol.
  10. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menghapus denda Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor. Tujuannya agar wajib pajak tidak terus menunggak bayar pajak. Program ini berlaku mulai 16 November 2015 sampai 31 Desember 2015.