1. Pasangan Joko Widodo- Basuki Tjahaja Purnama akhirnya resmi ditetapkan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2012- 1217. Senin (15/10) Jokowi-Ahok menjalani pelantikan dan berjanji akan memberikan perubahan yang berarti selama menjabat sebagai pemimpin Jakarta. Pelantikan berlangsung pukul 10.00 di Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta. Acara pelantikan dihadiri hampir 1000 undangan.
  2. Pedagang makanan turut memeriahkan acara pelantikan Gubernur DKI Jokowi-Ahok. Para pedagang menyediakan makanan gratis bagi warga yang menyaksikan langsung proses pelantikan di Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta. Para pedagang berjejer di trotoar sekitar gedung. Sebanyak 3000 aparat keamanan gabungan dari Polda Metro Jaya, Polres Jakarta Pusat,Brimob, dan Satpol PP mengamankan lokasi pelantikan. Aparat berkoordinasi dengan panitia pelantikan agar proses pelantikan berjalan lancar.
  3. Usai mendapat ucapan selamat dari ribuan undangan yang hadir dalam acara pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Jokowi dan Ahok menemui ribuan warga Jakarta yang telah lama menantinya di halaman Kantor DPRD DKI. Dengan senyum bahagia, Jokowi mengucapkan banyak terimakasih untuk semua pendukungnya. Selanjutnya, Jokowi meminta warga DKI tetap mengawal kinerjanya sebagai orang nomor satu di DKI Jakarta. “Saya minta pada seluruh warga semua agar tetap mengawal saya, agar apa yang akan dilakukan nanti bisa berjalan dengan baik” paparnya
  4. Kepolisian Daerah Sulawesi dan Barat mengerahkan sejumlah anggota mereka ke kampus-kampus di Kota Makassar, Sulsel. Langkah ini sebagai antisipasi tawuran pasca bentrok mahasiswaUMI yang mengakibatkan tiga mahasiswa tewas. Penjagaan diperketat bahkan anggota keamanan yang berjaga dilengkapi dengan senjata.
  5. Bank Dunia menyatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia terbukti tetap kuat menghadapi perlemahan ekonomi dunia, hal ini karena didorong oleh kuatnya konsumsi pribadi dan meningkatnya investasi. Dalam laporan perkembangan Triwulan Perekonomian Indonesia edisi Oktober 2012 yang diterbitkan Bank Dunia di kuartal dua, meningkat sebesar 6,4 persen dan sedikitnya di atas pertumbuhan kuartal pertama sebesar 6,3 persen.
  6. Presiden Amerika Serikat Barack Obama ternyata masih memiliki dukungan kuat pada perang di situs sosial media, dan dukungan para pemilih yang mengikuti pemilu awal. Obama memimpin 59 persen berbanding 31 persen yang diperoleh calon presiden Republikan Mitt Romney dalam jajak pendapat yang ikuti para pemilih,yang memberikan suaranya terlebih dahulu dibandingkan jadwal resmi. Jajak pendapat itu dirilis oleh Reuters/Ipsos dari data yang dikumpulkan dalam beberapa pekan terakhir.
  7. Akhirnya DPR meloloskan anggaran pembangunan Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi. Tanda bintang yang menjadi ganjalan anggaran sebesar Rp 225 miliar yang awalnya tidak bisa dicairkan pun dicabut Komisi III DRR RI. Pada rapat Komisi III telah disepakati alokasi anggaran untuk gedung baru KPK, dan upaya ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja KPK dalam memberantas korupsi.
  8. Anggota DPR Misbakhun meluncurkan sebuah buku yang judulnya cukup mengundang kontroversi yaitu “ Melawan Takluk : Perlawanan dari Penjara Century”. Buku ini ditulis Misbakhun sendiri sejak sebelum, saat dan selama di penjara karena tudingan menggunakan L/C fiktif. Tudingan yang dilontarkan pemerintah, setelah Misbakhun aktif di DPR mengungkapkan skandal dana bail out senilai Rp 6,7 triliun untuk Bank Century. Sebagaimana diberitakan, Misbakhun yang setelah divonis pengadilan negeri dan pengadilan tinggi mengajukan kasasi di Mahkamah Agung (MA), akhirnya mendapat putusan bebas. Nama baiknya harus direhabilitasi. Peluncuran buku ini merupakan salah satu upaya untuk mengembalikan nama baiknya.
  9. Candi Borobudur mendapat sertifikat dari Guinness World Records sebagai situs arkeologis Candi Buddha terbesar di dunia. Sertifikat diserahkan perwakilan Guinness World Records Ltd, Lusia Sinigagliesi kepada Direktur PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur Prambanan Ratu Boko (Persero), Purnomo Siswoprasetjo di Hotel Manohara, kompleks Candi. Borobudur, Magelang, Senin. Candi Borobudur masuk ke Guinness World Records, setelah PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur Prambanan Ratu Boko (Persero) mengajukan proposal. Pada proposal pertama tahun 2011 ditolak karena kurang lengkap datanya dan tahun ini bisa mendapatkannya setelah disurvei.
  10. Aparat Polri telah menyidik 577 kasus dugaan korupsi sepanjang tahun 2012. Dari 577 kasus itu, sebanyak 329 kasus sudah dinyatakan lengkap dan dilimpahkan ke kejaksaan (P21). Hal itu disampaikan Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigadir Jenderal Boy Rafli Amar, Senin (15/10/2012) di Jakarta. Menurut Boy, potensi kerugian negara dalam kasus-kasus korupsi tahun 2012 itu mencapai Rp 1,67 triliun. Keuangan negara yang dapat diselamatkan sebesar Rp 190,4 miliar.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?49772

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :