1. Pergantian kepemimpinan Republik Indonesia menjadi hal yang dinanti-nantikan masyarakat Indonesia. Setelah 10 tahun dipimpun oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Indonesia akan berganti diperintah oleh Presiden Joko Widodo. Menyambut pemimpin baru, rakyat Indonesia menggelar berbagai acara seperti pesta rakyat, syukuran dan doa bersama secara suka rela agar Jokowi mampu membawa Indonesia lebih baik. Berbagai kegiatan digelar rakyat Indonesia di berbagai daerah. Di Jakarta ribuan warga menggelar doa bersama dan khataman Al Quran di Masjid Sunda Kelapa. Usai pelantikan di Gedung MPR, relawan menggelar pesta rakyat bertajuk ‘Syukuran Salam Tiga Jari” dan makan gratis untuk semua masyarakat yang ikut mengiringi hari pertama Jokowi-JK bertugas.
  2. Makan bakso dan siomay sepuasnya di hari pelantikan presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Syukuran rakyat ini digelar relawan untuk menyambut presiden dan wakil presiden Jokowi-JK setelah dilantik di gedung MPR (20/10). Ratusan gerobak berjejer di sepanjang jalan kawasan Monas. Dalam acara kuliner bertajuk ‘Makan Gratis Sampai Habis’ panitia menyiapkan 7000 porsi ketoprak, 25.000 nasi bungkus, 5000 porsi siomay dan bakso sekitar 112.500 porsi. Kuliner rakyat ini ada di tiga titik, Bundaran HI, Jalan MH Thamrin dan Monas.
  3. Jika di Jakara digelar pesta rakyat, Kota Medan tidak mau ketinggalan. Sebuah tumpeng raksasa setinggi 7 meter dipersiapkan sebagai wujud syukur atas pelantikanPresiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Tumpeng raksasa ini dipajang di halaman sebuah restoran di jalan Cik Di Tiro, Medan. Tumpeng dipotong usai pengambilan sumpah jabatan dan dibagikan gratis. Tumpeng raksasa ini diharapkan bisa dapat membawa berkah bagi pemerintahan Jokowi –JK sehingga bagi seluruh masyarakat Indonesia.
  4. Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, John Kerry tiba di Jakarta pada Senin (20/10) pagi. Sebagai utusan khusus Presiden Barack Obama, Kerry memiliki agenda khusus untuk menghadiri pelantikan Presiden terpilih Joko Widodo. Agenda utama, yaitu bertemu Jokowi usai pelantikan. Selain untuk mengucapkan selamat, Menlu Kerry juga akan meminta pemerintah RI mendukung usaha koalisi global dalam melawan kelompol militant Islamic State (ISIS). Alasan lain Kerry melakukan kunjungan singkatnya yaitu untuk menggarisbawahi perekonomian RI yang dinilai sebagai salah satu poros penting di Asia.
  5. Ibunda Joko Widodo, Sudjiatmi Notomiharjo memberi nasihat kepada putra sulungnya. Ibunda berpesan untuk bekerja sebaik-baiknya dengan jujur dan ikhlas. Wejangan tersebut disampaikan sang ibu sebelum berangkat ke acara pelantikan. Jokowi juga sempat sungkem untuk memohon doa restu kepada ibu kandungnya.
  6. Dalam pidato perdana sebagai Presiden RI ke 7, Joko Widodo menyampaikan rasa terima kasih yang setinggi-tingginya kepada mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. “Kerja besar membangun bangsa tidak mungkin bisa dikerjakan sendiri oleh presiden dan wakil presiden, tapi kekuatan kolektif yang merupakan kesatuan seluruh bangsa”. Pelantikan Jokowi turut dihadiri kepala negara dan perwakilan dari negara-negara sahabat.
  7. Presiden Amerika Serikat Barack Obama menyerukan agar warga Amerika Serikat jangan menyerah atas histeria atau ketakutan penyebaran infeksi virus ebola di AS setelah tiga kasus ebola berhasil terdiagnosis dan lebih dari seratus warga dipantau atas kemungkinan terjangkitnya penyakit mematikan tersebut. Hal ini disampaikan Obama saat pidato mingguan setelah terjadi serangkaian keselahan prosedur penanganan ebola hingga menjangkiti sejumlah warga AS.
  8. 17 ribu lampion diterbangkan setelah pelantikan Presiden Jokowi- JK. 300 lampion diantaranya dilepaskan di Monas. Pelepasan lampion di Monas dilaksanakan pada acara syukuran rakyat ‘Salam Tiga Jari’. Lampion disimbolkan sebagai lambang perdamaian, kesejahteraan dan kebahagiaan.
  9. Kuliner tradisional dari sejumlah negara ASEAN akan hadir di Jakarta, tepatnya pada Kaki Lima Night Market yang digelar pada setiap malam minggu di depan Balaikota DKI Jakarta. Rencananya kuliner ASEAN akan menjual berbagai masakan khas dari Malausia, Singapura, Thailand, Brunei, Vietnam dan lainnya. Kaki Lima Night ini merupakan ide dari mantan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, digelar setiap malam minggu mulai pukul 17.00 – 22.00 WIB.
  10. Penampilan Arkarna, band internasional asal Inggris dan Slank menjadi band paling ditunggu di puncak acara Konser 3 Jari yang menjadi rangkaian pesta rakyat untuk merayakan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden ke7 Joko Widodo – M Jusuf Kalla di Monas. Arkarna bersedia datang dan tidak dibayar sama sekali khusus untuk menyambut Jokowi sebagai Presiden RI. Arkarna merupakan salah satu band metal kegemaran Jokowi.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?71796

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :