1. Basuki Tjahaja Purnama  atau Ahok secara resmi diumumkan sebagai calon Gubernur DKI Jakarta yang usung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), di kantor DPP PDI-P, Jakarta, Selasa (20/9). PDIP juga memutuskan Djarot Saiful Hidayat sebagai cawagub yang akan mendampingi Ahok di DKI. PDIP menilai pasangan Ahok dan Djarot mampu meneruskan dan mengimplementasikan visi dan misi Jakarta Baru yang sebelumnya diusung oleh pasangan Jokowi-Ahok pada Pilkada 2012 lalu. Hal ini dibuktikan dengan hasil survei selama satu tahun terakhir yang konsisten menunjukkan tingkat kepuasan publik DKI Jakarta yang tinggi terhadap kinerja pasangan tersebut. “Maka dengan ini PDIP menyatakan sebagai partai pengusung pasangan Ahok dan Djarot pada Pilkada DKI Jakarta 2017”.
  2. Ketua umum PDIP Megawati Soekarno Putri mengungkapkan alasannya memilih pasangan Ahok-Djarot pada Pilkada DKI 2017. Ahok-Djarot dipilih karena dianggap memiliki nasionalisme tinggi sesuai dengan Bhinneka Tunggal Ika (meski berbeda tetap satu jiwa), sesuai dengan ideologi PDIP yaitu Pancasila. “Kami tidak ingin cari pemimpin yang menimbulkan SARA. Kita ini negara majemuk luar biasa. Itulah keputusan saya” papar Mega. Mantan presiden keempat ini pun turut mendampingi Ahok-Djarot saat mendaftarkan bakal cagub dan cawagub  ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jl Raya Salemba, Jakarta Pusat.
  3. Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan memblokir aplikasi kencan berbau LGBT (lesbian, gay, biseksual, transgender). Diketahui ada sekitar 80 aplikasi dengan konten tengah ditinjau terkait pemblokiran, termasuk situs dating yang disukai kaum LGBT. Kemenkominfo bersama beberapa kementerian lain telah mengadakan pertemuan dan sepakat menutup akses aplikasi, situs dan aplikasi yang berbau LGBT. Kemenkominfo juga akan bertindak tegas menghubungi Apple dan Google untuk menghapus aplikasi-aplikasi yang mengarah ke pornografi di toko aplikasi mereka, App Store dan Google Play Store.
  4. Tiga sandera WNI bernama Lorene Koten, Theodorus Kopong, dan Emanuel dibebaskan oleh kelompok Abu Sayyaf. Pelepasan tiga WNI sesuai kesepakatan antara Presiden RI Joko Widodo dan Presiden Filipina Rodrigo Duterte. Upaya pembebasan WNI dari penyanderaan kelompok Abu Sayyaf masih terus dilakukan. Pasalnya masih ada lima WNI lainnya yang masih berada di Filipina.
  5. Pemerintah melalui Sekretaris Kabinet Pramono Anung membantah adanya dugaan pemberian tebusan dalam pembebasan tiga WNI sandera Abu Sayyaf. Pramono mengatakan proses pembebasan tersebut relatif tanpa hambatan karena hubungan baik Indonesia dan Filipina. Selain tiga sandera yang sudah bebas, kabarnya satu sandera lain sedang dalam proses pembebasan.
  6. Polda Metro Jaya meluncurkan Sistem Aplikasi Pelaporan-Polda Metro Jaya (SIAP-PMJ). Aplikasi ponsel pintar ini untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam melaporkan peristiwa serta gangguan yang terjadi di lingkungan sekitar. Aplikasi dapat diunduh di Play Store dan IOS di App Store. Konsep utama yang ditawarkan adalah tombol panic. Bentuk laporan bisa berupa teks, foto atau video berdurasi maksimal 10 detik.
  7. Ledakan yang terjadi di Distrik Chelsea, Manhattan, Amerika Serikat (17/9) waktu setempat mengakibatkan 29 orang terluka. Bom rakitan berasal dari bom panci presto yang ditempatkan dekat tempat pembuangan sampah. Sebelumnya pada pagi harinya (17/9), ledakan bom pipa juga terjadi di Seaside Park, New Jersey. Pelaku ledakan, Ahmad Khan Rahami (28) warga negara AS keturunan Afghanistan berhasil dibekuk usai terlibat baku tembak dengan petugas (19/9). Penyidik mengaitkan secara langsung Rahami dengan ledakan bom di New Jersey dan di Distrik Chelsea, karena itu Rahami dijerat 10 dakwaan pidana terhadap tersangka bom New York dan New Jersey. Salah satu dakwaan pengguna senjata pemusnah massal.
  8. Curah hujan tinggi menyebabkan bencana tanah longsor dan banjir bandang melanda sejumlah daerah di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Ratusan rumah penduduk terendam banjir akibat luapan sungai Cikendi. Selain melanda rumah penduduk, banjir juga menggenangi beberapa badan jalan di wilayah Garut Kota. Badan SAR Nasional (Basarnas) Bandung menyampaikan hasil laporan sementara tim di lapangan jumlah korban meninggal dunia akibat banjir mencapai 16 orang. Dilaporkan juga 18 orang hilang dalam peristiwa ini.
  9. Menyatakan perang melawan narkoba, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian perintahkan intai seluruh pejabat Polri yang terindikasi terlibat pada peredaran narkoba. Kepala Divisi Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan, pengintaian dilakukan sebagai bukti Polri tidak main-main terhadap pemberantasan narkoba. Tertangkapnya Dirnarkoba Polda Bali, Kombes Pol Franky Haryanto menjadi bukti nyata pengintaian yang dilakukan Polri. Franky diduga melakukan pemerasan dalam tujuh kasus narkoba dai bawah 0,5 gram, yakni meminta uang sebesar Rp 100 juta kepada para tersangka narkoba.
  10. Pemerintah secara resmi membubarkan sembilan lembaga non struktural. Pembubaran diputuskan usai rapat terbatas yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo. Sembilan lembaga yang dibubarkan yakni, Badan Benih Nasional, Badan Pengendalian Bimbingan Massal, Dewan Pemantapan Ketahanan Ekonomi dan Keuangan, Komite Pengarah Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus di Batam, Bintan dan Karimun, Tim Nasional Pembekuan Nama Rupa Bumi, Dewan Kelautan Indonesia, Dewan Nasional Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas, Badan Koordinasi Penataan Ruang Nasional, dan Komisi Nasional Pengendalian Zoonosis.