1. Eksekusi mati jilid III kasus narkoba sudah dilaksanakan di Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah (29/7) pukul 00.46 WIB. Dari 14 terpidana, Kejaksaan Agung hanya mengeksekusi (tembak mati) 4 terpidana diantaranya adalah Freddy Budiman (Indonesia), Seck Osmani (Senegal), Humprey EIjeke (Nigeria) dan Michael Titus (Nigeria). Sementara 10 terpidana mati yang eksekusinya ditunda adalah Merri Utami (Indonesia), Zulfiqar Ali (Pakistan), Gurdip Singh (India), Onkonkwo Nonso Kingsley (Nigeria), Obina Nwajagu (Nigeria), Ozias Sibanda (Zimbabwe), Federik Luttar (Zimbabwe), Eugene Ape (Nigeria), Pujo Lestari (Indonesia), Agus Hadi (Indonesia).
  2. Terkait eksekusi mati, mantan Presiden BJ Habibie menyurati Presiden Jokowi agar meninjau kembali keputusan ekskusi mati terhadap terpidana mati asal Pakistan Zulfiqar Ali. Dalam suratnya Habibie mengatakan, dari laporan para advokat dan lembaga swadaya masyarakat yang telah mempelajari kasus-kasus hukuman mati, warga Pakistan Zulfiqar dinilai tidak bersalah. “Saya mengimbau kepada Bapak Presiden untuk meninjau atau mempertimbangkan kembali keputusan eksekusi tersebut” tulis Habibie. Dalam suratnya Habibie menambahkan, lebih dari 140 negara dunia sudah menerapkan kebijakan moratorium atau penghapusan hukuman mati. Namun hingga isi surat tersebar di kalangan media, belum ada respon yang diberikan Jokowi atas surat dari Habibie tersebut.
  3. Kerusuhan karena persoalan suku, agama, ras dan antargolongan (SARA) terjadi di Kota Tanjungbalai, Sumatera Utara (29/7). Akibat kejadian itu, sejumlah vihara rusak akibat amuk massa. Menurut polisi, kerusuhan dipicu adanya keberatan dari seorang warga etnis Tionghoa atas volume azan yang dikumandangkan di salah satu masjid. Teguran yang dinilai kasar dan menyinggung jemaah di dalam masjid memancing emosi warga. Dari kejadian tersebut, kepolisian telah menetapkan 17 orang tersangka perusakan dan penjarahan sejumlah vihara. Enam tersangka diantaranya dipulangkan karena masih di bawah umur. Kendati sudah menangkap para pelaku pengrusakan, pihak kepolisian masih akan melacak pelaku utama yang memprovokasi dibalik kerusuhan tersebut.
  4. Kerusuhan Tanjung Balai tak hanya melukai segelintir orang. Presiden Joko Widodo mengaku kecewa karena kerusuhan dipicu isu SARA. Tak ingin kerusuhan serupa terjadi di daerah lain, Presiden meminta masyarakat untuk saling menjaga toleransi dan kebhinekaan. “Jangan sampai isu SARA seperti itu melebar kemana-mana. Saya kira kita semua harus belajar dari sini bahwa mayoritas mengayomi yang minoritas, yang minoritas juga saling bertoleransi” kata Presiden. Tak lama mendapat laporan kerusuhan, Presiden langsung memerintahkan Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk turun langsung ke lapangan dan mengumpulkan tokoh-tokoh setempat. Presiden juga meminta Kapolri untuk menindak tegas semua yang bertindak anarkis.
  5. Menteri Pertahanan dari Indonesia, Malaysia dan Filipina kembali bertemu di Nusa Dua Bali, membahas jaminan keamanan di wilayah maritim Laut Sulu yang berbatasan dengan tiga negara tersebut. Patrol maritim diharapkan menjadi langkah dalam memberikan jaminan keamanan maritim terhadap ancaman terorisme, kejahatan lintas negara, perdagangan manusia, pengungsian dan perdagangan gelap narkotika. Pada pertemuan tersebut diusulkan pembentukan posko militer bersama untuk mempermudah mekanisme koordinasi, distribusi informasi dan intelijen serta perlunya deklarasi bersama bagi dimulainya implementasi kerja sama di lapangan . Petemuan di Pulau Dewata ini merupakan pertemuan ketiga yang membahas langkah lanjutan dua pertemuan sebelumnya.
  6. Untuk pertama kali lomba lari marathon kelas internasional akan digelar di Indonesia Timur. Ajang sport tourism Toraja Marathon 2016 akan melibatkan 1.000 peserta dari kalangan amatir hingga profesional. Acara tersebut akan digelar di Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara, Sulawesi Selatan pada 13 Agustus 2016. Ajang Toraja Marathon 2016 dibagi menjadi 4 kategori yang akan diperlombakan. Pembagian tersebut berdasarkan jarak tempuh yang dilalui para pelari, ada 5K, 10K, 23K dan terakhir full marathon 42K. Penyelenggaraan lomba lari marathon ini sangat menguntungkan pariwisata, karena mendatangkan kunjungan wisatawan dalam jumlah besar sehingga meningkatkan perekonomian daerah.
  7. Topan Nida menerpa Hong Kong sejak akhir pekan lalu melumpuhkan aktivitas warga. Listrik di beberapa distrik mati berjam-jam, ratusan penerbangan batal, serta trasnportasi umum berhenti beroperasi. Topan ini tercatat sebagai topan paling kuat sejak terakhir kali menimpa Hong Kong pada 1983.
  8. Olimpiade musim panas 2016 resmi dimulai. Indonesia mengirimkan 28 atlet terbaik ke Rio de Jainero. Sebanyak 17 diantaranya merupakan atlet putra dan 11 putri, mereka akan bertarung di tujuh cabang olahraga. Bulutangkis masih diandalkan untuk meraih mendali emas untuk menaikan kembali kejayaan Indonesia. Cabang olahraga lain yang diharapkan menuai prestasi adalah angkat besi. Sepanjang keikutsertaan di Olimpiade, atlet angkat besi indonesia sudah menyumbang tiga emas dan lima perungu.
  9. Kementerian Pemuda dan Olahraga menjanjikan bonus Rp 5 miliar bagi atlet Indonesia yang berhasil meraih mendali emas dalam Olimpiade 2016 di Rio de Jeneiro, Brazil. Atlet peraih perak dan perungu pun dijanjikan bonus sebesar Rp 2 miliar dan Rp 1 miliar. Tak hanya itu saja, Menpora juga menyiapkan sejumlah hadiah lain diantaranya tunjuangan masa depan bagi para peraih mendali Olimpiade. “Peraih mendali emas akan mendapatkan Rp 27 juta per bulan, mendali perak Rp 15 juta per bulan dan Rp 10 juta untuk peraih perungu” kata Menpora. Ia menambahkan tunjangan masa depan berlaku bagi seluruh atlet dan mantan atlet nasional yang menyambet medali olimpiade termasuk atlet paralimpiade.
  10. New York melarang para pelaku kejahatan seksual terdaftar bermain Pokemon Go. Hal ini disampaikan Gubernur Andrew Coumo, yang mengumumkan ada 3.000 pelaku kejahatan seksual yang saat ini masih dalam pengawasan dan akan dibatasi memainkan permainan Pokemon Go. Dalam surat terbukanya yang ditujukan pada pengembang game tersebut, Niantic, Cuomo juga menawarkan untuk mengirim data pelaku kejahatan seksual sehingga para pengguna bisa otomatis diblokir saat hendak bermain. Memberi perlindungan bagi anak-anak di New York jadi prioritas pemerintah, karena itu Cuomo tidak ingin kecanggihan teknologi membuka peluang baru bagi para predator berbahaya untuk berburu korban baru.