1. Kementerian Kelautan dan Perikanan punya terobosan baru untuk merangkul para nelayan agar lebih aman melaut. Bekerjasama dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, baru-baru ini dilakukan sistem informasi cuaca kepada nelayan melalui sistem layanan pesan singkat elektronik atau biasa disebut SMS. Pemberian informasi cuaca melalui pesan singkat pada telepon seluler ini diharapkan bisa efektif dan dapat memberikan informasi lebih awal untuk para nelayan sebelum melaut. Informasi ini dikirimkan setiap hari, meliputi kondisi kecepatan angin, cuaca, dan tinggi gelombang perairan. Hal ini juga diharapkan bisa mengurangi kecelakaan pada saat pelayaran. Sekitar 163.000 nelayan terdata memperoleh kartu nelayan, dan sekitar 90 persen diantaranya memiliki telepon selular. Pemberitahuan informasi cuaca ini nantinya akan disinergikan dengan pembagian kartu nelayan.
  2. Polisi dan TNI diminta mengungkap rangkaian penyerangan disertai penembakan yang terjadi pada Rabu (28/11) saat iring-iringan Kapolda Irjen Tito Karnavian. Gerakan sparatis tersebut diduga melibatkan pihak asing dalam penyerangan dan tindak kekerasan yang berkepanjangan di Papua. Sebelumnya, aparat kepolisian menangkap warga Ukraina di Papua setelah mengikuti serangkaian upacara perayaan Papua. Sebelum memasuki mobil Polisi, warga Ukraina itu berteriak untuk kemerdekaan Papua. “Papua Merdeka” teriak warga Ukraina.
  3. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) siap menggandeng ‘raja dangdut’ Rhoma Irama dalam bursa calon presiden 2014. Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar yakin bahwa Rhoma Irama adalah Capres dari PKB. Sementara, Rhoma Irama mengungkapkan, keinginannya maju sebagai calon presiden karena didesak dan diberi kepercayaan para ulama dan habib. “Saya sama sekali tidak berambisi. Hanya karena saya diberi kepercayaan oleh para ulama dan para tokoh politik islam, dan Alhamdulillah PKB juga memberikan kepercayaan kepada saya, maka saya menyatakan siap tampil sebagai Capres 2014 nanti” papar Rhoma.
  4. Bupati Garut Aceng HM belakangan ini mendapat kritik tajam karena ulahnya menikahi gadis berusia 18 tahun dan kemudian menceraikannya empat hari kemudian. Keputusan Aceng tersebut mendapat banyak respon negatif dari berbagai pihak. Sebagai kepala daerah, Aceng seharusnya mampu menjadi teladan dan memberikan contoh yang baik pada warganya. Kasus ini mendesak Mentari Dalam negeri dan Gubernur Jawa Barat untuk segera menegur Aceng dan memberikan sanksi.
  5. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menggelar rapat terbatas (ratas) dalam rangka membahas penyediaan lapangan pekerjaan. Menurut SBY, pihaknya menginginkan agar lapangan pekerjaan di Indonesia di tahun mendatang bisa bertambah. Apalagi dunia saat ini tengah dilanda kemerosotan industri yang mengakibatkan pengangguran semakin bertambah karena banyaknya PHK oleh perusahaan. Hadir dalam ratas tersebut Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN) Chairul Tanjung, Menaketrans Muhaimin Iskandar, Menkeu Agus Martowadojo, Menteri BUMN Dahlan Iskan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu dan Mensesneg Sudi Silalahi.
  6. Lebih dari 1000 peserta dari seluruh Indonesia antusias mengikuti turnamen bulu tangkis terbuka yang diselenggarakan Nasdem Sport. Turnamen tersebut akan diselenggarakan di GOR Padjajaran Bogor, Jawa Barat mulai 3-6 Desember 2012. Dengan digelarnya ajang ini diharapkan bisa mengembalikan kejayaan dunia bulu tangkis Tanah Air, sehingga bisa melahirkan atlet nasional dari berbagai daerah di Indonesia.
  7. Program diet anggota polisi gendut saat ini semakin digencarkan. Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo menyambut baik program sehat tersebut dilakukan, bahkan Timur berharap program ini bisa diikuti seluruh jajaran polisi, mulai dari bawah hingga tingkat atas. Menurut Timur, dengan tubuh sehat dan berat badan ideal, anggota polisi bisa lebih lincah dan efektif dalam operasi kerja di lapangan. Kapolri juga menegaskan bahwa program diet ini sudah dilangsungkan secara nasional.
  8. Tersingkirnya Timnas Indonesia di babak penyisihan Piala AFF 2012 diharapkan jadi bahan renungan bagi kubu-kubu yang bertikai di PSSI. Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Malarangeng mengatakan, konflik yang terjadi di PSSI menjadi penyebab kekalahan Timnas Indonesia di ajang paling bergengsi se Asia Tenggara. Andi berharap semua pihak yang bertikai bisa mengambil hikmah dari kegagalan Timnas di Piala AFF. Pada penyisihan grup, Indonesia kalah telak 2-0 dari Malaysia. Kekalahan itu memaksa Indonesia harus rela tidak masuk semi final.
  9. Tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan simulator ujian SIM di Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Djoko Susilo mengaku takut ditahan oleh KPK. Pengakuan tersebut dinyatakan oleh kuasa hukumnya Hotma Sitompul saat mendampingi tersangka menjalani pemeriksaan di kantor KPK (3/1). Djoko baru sekali menjalani pemeriksaan di kantor KPK, dan ia menyatakan siap untuk diperiksa untuk kedua kalinya demi mengungkap penyelewengan uang negara.
  10. Bahasa Indonesia berpotensi menjadi bahasa internasional. Guru Besar Bahasa Indonesia Universitas Sebelas Maret Surakarta, Profesor Dr Handayani menyatakan hingga kini program studi bahasa Indonesia sudah diajarkan di 45 negara di dunia. Profesor Dr Handayani mencontohkan, di Australia sudah ada 500 sekolah yang mengajarkan bahasa Indonesia. ini menjadi potensi untuk menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional. Bahkan saat ini hampir di seluruh perguruan tinggi di ASEAN membuka program studi bahasa Indonesia.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?50684

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :