1. Menyambut hari ulang tahun Jakarta yang ke 488, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama membuka pencanangan HUT Jakarta di Plaza Taman Fatahillah, Jakarta Pusat (31 /5). Berbagai kesenian Betawi pun ditampilkan dalam pembukaan tersebut. Sejumlah kesenian Betawi dihadirkan, mulai dari tradisi palang pintu, tarian Betawi, gambang kromong dan lenon. Acara ini akan digelar hingga punya peringatan HUT Jakarta pada 22 Juni mendatang.
  2. Pernikahan putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dengan mantan Puteri Solo tahun 2009 Selvi Ananda, beberapa hari lagi digelar di Kota Solo. Untuk mengamankan prosesi pernikahan putra orang nomor satu di Indonesia, ribuan personel dari TNI dan Polri akan dikerahkan. Sekitar 1.863 personil disiagakan. Pengamanan dilakukan mulai dari kedatangan tamu undangan di Bandara Internasional Adi Sumarmo hingga lokasi pernikahan. Perhelatan pernikahan Gibran-Selvi akan berlangsung pada 11 Juni dan akan selama 3 hari.
  3. Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) memblokir 132 situs yang menjual obat dan komsetik illegal dengan nilai transaksi mencapai 6,9 miliar rupiah. Hal ini disampaikan Kepala BPOM, Roy Sparringa. Menurut Roy, kebanyakan obat illegal yang dijual melalui online adalah obat tradisional berbahan kimia obat (OTBKO) dan kosmetik palsu yang merugikan masyarakat.
  4. Negara negara Asean sepakat untuk mengintensifkan upaya pencarian dan pengamanan manusia perahu yang terkatung-katung di wilayah laut Asia Tenggara. Hal ini tercetus pada penutupan konferensi tingkat tinggi (KTT) migran akhir pekan lalu. Saat ini dilaporkan sudah ada lebih dari empat ribu migran yang mendarat di Indonesia, Malaysia, Thailand, Myanmar dan Bangladesh. Menurut PBB, saat ini masih ada sekitar dua ribu migran yang terlunta-lunta dalam perahu di sekitar Laut Andaman dan Teluk Bengala. Migran yang umumnya berasal dari Bangladesh memutuskan untuk meninggalkan kampung halaman mereka karena kemiskinan.
  5. Banjir bandang yang disebabkan hujan lebat di Texas dan Oklahoma, AS telah memakan korban jiwa. Tercatat hingga akhir pekan, sudah 23 orang tewas akibat tersapu air bah. Jumlah korban di Texas diperkirakan akan bertambah karena saat ini masih ada laporan orang hilang. Musibah tahun ini memecahkan rekor sebagai banjir terburuk yang pernah melanda Texas. Ratusan rumah hancur, jembatan juga terhempas air.
  6. Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry mengalami patah kaki dalam sebuah kecelakaan sepeda. Demikian pernyataan yang disampaikan juru bicara Kemenlu AS, John Kirby. John mengatakan, Menlu John Kery akan menjalani proses pemulihan secara penuh di AS. Dia menyebutkan, Menlu Negeri AS saat ini dalam kondisi stabil.
  7. Amerika Serikat telah menghapus Kuba dari daftar negara yang mensponsori aktivitas terorisme. Langkah AS ini diharapkan dapat menghilangkan kendala utama untuk menuju pemulihan hubungan diplomatik kedua negara. Perubahan politik ini memungkinkan Kuba untuk melakukan aktivitas ke pasar keuangan global dan pinjaman Bank Dunia. Presiden AS, Barack Obama, dalam pidatonya mengumumkan pencarian hubungan dengan Kuba pada 17 Desember 2014 lalu, namun embargo perdagangan AS terhadap negara tersebut masih berlaku kecuali apabila kongres setuju mengakhirinya. Sejak awal Kuba menolak klaim AS bahwa mereka mensponsori terorisme, dan menyebut tuduhan AS tidak berdasar. Sampai saat ini As belum mencabut Suriah, Iran dan Sudan dari daftar negara yang mensponsori terorisme.
  8. Ratusan orang mengatasnamakan dari FPI dan Gerakan Masyarakat Jakarta (GMJ) melakukan longmarch dari Bundaran HI ke DPRD RI untuk menuntut Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mundur dari jabatannya. Dilengkapi pakaian serba putih, pedemo berorasi meminta Ahok segera turun dari jabatannya dan meneruskan hak angket.
  9. Tepat pada 1 Juni hari ini, Indonesia kembali merayakan hari lahirnya Pancasila seagai ideologi dasar negara Indonesia. Sebagai bentuk penghormatan kepada nilai-nilai pancasila Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat menginginkan adanya pelaksanaan upacara secara rutin setiap tanggal 1 Juni untuk memperingati hari kelahiran Pancasila.
  10. Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan bahwa Indonesia bisa menjadi negara maritim yang besar jika semua pulau di Indonesia bisa dipersatukan. Untuk mencapai tujuan itu, Indonesia harus membangun sistem transportasi logistik yang mampu mempersatukan pulau-pulau. Wapres mengatakan, sistem transportasi merupakan salah satu masalah yang dihadapi negara-negara maritim. Pemerintah harus mulai berpikir bagaimana mempersiapkan pulau-pulau yang sebagian besar dipisahkan laut.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/77543

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

greatpremium

kabari store pic 1