1. Seorang pria tidak dikenal meledakkan diri di halaman Mapolres Poso, Sulawesi Tengah, pada pukul 08.25 WITA. Pelaku bom bunuh diri melakukan aksinya menggunakan sepeda motor dengan menghentikan sepeda motornya di depan Masjid At-Taqwa, kompleks halaman Mapolres Poso, dan secara tiba-tiba terjadi ledakan. Akibat ledakan itu tubuh pelaku ditemukan hancur, tangan dan kakinya lepas dari tubuh, namun kepala masih utuh.  Tidak ada korban jiwa dari pihak kepolisian. Saat ini kasus tengah diselidiki pihak berwajib.
  2. Tentara Nasional Indonesia (TNI) bekerjasama dengan Amerika Serikat dan Australia, menggelar latihan gabungan penanggulangan bencana. Latihan ini untuk meningkatkan kemampuan personel TNI dalam satuan reaksi cepat penanggulangan bencana, mengatasi dan menangani bencana.  Latihan gabungan dilakukan pada 3 – 5 juni di Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian Sentul, Bogor, Jawa Barat.
  3. Tahun depan, Gubernur DKI Jakarta akan menyulap Pekar Raya Jakarta (PRJ) dengan nuansa yang agak berbeda, yaitu bernuansa kerakyatan yang lebih ditonjolkan. Tak hanya itu saja, lokasi PRJ juga akan dirubah, jika biasanya PRJ digelar di Kemayoran, tahun 2014 nanti PRJ bisa ditemui di Lapangan Monas, Jakarta Pusat. Hal tersebut sengaja dilakukan Jokowi, agar seluruh masyarakat Jakarta bisa meningkati pesta rakyat dengan lebih gembira dan tidak ada lagi kepentingan komersil.
  4. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menerima penghargaan dari lembaga Appeal of Conscience Foundation (ACF) yang bermarkas di Amerika Serikat, karena dianggap mampu menjaga toleransi dalam berbangsa dan bernegara. Presiden SBY menyebut penghargaan yang diterimanya merupakan penghargaan bagi rakyat indonesia.
  5. Badai tornado yang menerjang Oklahoma City mengakibatkan banjir lumpur di ibu kota Negara Bagian Oklahoma, Amerika Serikat. Akibatnya puluhan ribu rumah tak teraliri listrik, bahkan korban tewas meningkat menjadi 12 orang dan sedikitnya 100 orang terluka saat diberlindung. Bencana ini diperkirakan karena badai besar dalam jangka waktu cukup lama atau biasa dikenal dengan supercells. Supercells tersebut menghasilkan tornado yang sangat kuat disertai hujan es. Tidak hanya Oklahoma, badai tornado ini juga menghantam Negara Bagian Missouri.
  6. Pasca aksi bom bunuh diri yang terjadi di Markas Kepolisian Resor Poso, Sulawesi Tengah (3/5). Beberapa Mapolres di Indonesia melakukan penjagaan ekstra ketat dilingkungannya. Salah satunya Mapolresta Depok, yang melakukan pemeriksaan kepada setiap pengunjung yang datang menggunakan alat pelacak bom.
  7. DPR tengah menggodok draft Rancangan Undang-Undang Komponen Cadangan Pertahanan Negara (KCPN). Dalam RUU tersebut, pegawai negeri sipil (PNS) dan buruh telah memenuhi persyaratan wajib menjadi anggota komponen cadangan alias wajib militer (Wamil). Hal tersebut sengaja dirancang mengingat pentingnya mempersiapkan masyarakat ketika negara berada di dalam keadaan terancam, sehingga RUU ini layak dimasukkan ke dalam Program Legislasi Nasional. Ada beberapa pihak yang mendukung lahirnya RUU Wamil, namun tidak sedikit yang menentang rancangan kebijakan baru DPR ini.
  8. Tiga Lembaga Sosial Masyarakat (LSM) mendesak partai politik peserta Pemilu 2014 untuk membatasi anggaran belanja kampanye mereka. LSM yang terdiri dari Rumah Pemilu untuk Demokrasi, Transparasi Internasional Indonesia (TI), dan Jaringan Pendidikan Pemilih Untuk Rakyat meminta partai politik untuk bisa mencegah tindak korupsi parpol dan kadernya untuk maju menjadi anggota legislatif. Pasalnya selama ini mereka menilai banyak kader yang merasa terbebabi untuk kembalikan modal politik yang besar setelah sukses mendapat kursi di gedung DPR. Dengan dibatasinya anggaran kampanye, selain mencegah tindak korupsi, pemerintah juga dapat menyelenggarakan pemilu yang lebih efektif.
  9. Jakarta Fair akan segera digelar. Rencananya tanggal 6 Juni 2014, Pekan Raya Jakarta akan dibuka sebagai perayaan HUT Jakarta. Sekitar 80 pedagang kerak telor akan turut serta untuk memeriahkannya. Ratusan produsen dan perajin Usaha Kecil Menengah, juga akan dihadirkan seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Jakarta Fair telah menyiapkan sekitar 2.650 stand yang terdiri dari berbagai macam produk, mulai dari makanan, fashion, aksesoris sampai alat-alat elektronik. Tahun ini Jakarta Fair mentargetkan transaksi sebesar Rp 4,5 triliun dengan pengunjung 4,5 juta.
  10. Calon tenaga kerja Indonesia (TKI) yang akan berangkat ke luar negeri, mulai tahun depan wajib lulus psikotes. Hal tersebut diupayakan karena pemerintah ingin mengurangi TKI yang bermasalah.  Hal tersebut disampaikan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Mohammad Jumhur Hidayat. Jumhur mengatakan banyak TKI yang telah memiliki keterampilan dan keahlian kerja tetapi setelah ditempatkan di luar negeri merasa tidak betah dan ingin dipulangkan. Tes psikologi meliputi tes tertulis dan wawancara yang diselenggarakan oleh lembaga kredibel dari berbagai perguruan tinggi. “Pemerintah sudah menyiapkan sistem dan mekanismenya” paparnya.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?56164

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :