1. Pasangan cagub dan cawagub Rieke Diah Pitaloka- Teten Masduki tidak menerima hasil rekapitulasi pemilihan gubernur yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah Jawa Barat. Hasil tersebut menempatkan pasangan Ahmad Heryawan – Dedy Mizwar sebagai pemenang. Tim Rieke menyatakan hasil tersebut dicapai karena kecurangan. Menurut tim Rieke hasil rekapitulasi tidak sesuai dengan fakta di lapangan dan melakukan kecurangan secara sistematis, teroganisir dan masif. Berbekal bukti yang telah dikumpulkan, rencananya pasangan Rieke – Teten akan melaporkan ke MK. Berdasarkan hasil rekapitulasi yang dilakukan oleh KPUD Jabar, Rieke-Teten memperoleh 5.714.997 suara, terbanyak ke dua setelah pasangan Aher – Dedy yang memperoleh suara terbanyak dengan 6.515.313 (32,6 %) suara. Dede Yusuf – Lex Laksamana dengan 5.077.522 suara, Irianto Mahfudz Sidiq Syafiudin (Yance) – Tatang Farhanul Hakim mendapat 2.448.358 suara, dan pasangan Dikdik Mulyana Arief Mansyur – Cecep Nana Suryana Toyib memperoleh 359.233 suara.
  2. Penembakan delapan anggota TNI dan empat orang sipil di Kabupaten Puncak Jaya, Papua (21/2) disoroti banyak pihak. Kondisi ini meminta presiden untuk turun tangan dan perduli dengan kematian aparat negara, karena jika tidak terungkap kematian aparat negara akan menjadi sia-sia dan menimbulkan katakutan tersendiri bagi aparat keamanan yang ditugaskan di Papua.
  3. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mendoakan Anas Urbaningrum sebelum bertolak ke Jerman dan Hungaria. Di sela-sela pidatonya, SBY berharap Anas terbebas dari dakwaan atas kasus pembangunan sport center Hambalang. Anas ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK pada 22 Februari lalu. Anas diduga menerima gratifikasi berupa mobil Toyota Harrier saat dirinya menjabat sebagai Ketua Fraksi Demokrat di DPR.
  4. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan akan memeriksa mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani di Amerika Serikat terkait kasus skandal Bank Century guna mempercepat proses penyelidikan. Sri Mulyani kini menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia, dan sejak tahun 2010 Sri Mulyani menetap di Washington, Amerika. Karena alasan jarak yang cukup jauh dan waktu yang tidak memungkinkan ditengah kesibukannya di Bank Dunia,  KPK memutuskan mengirim tim penyidik ke AS.
  5. Upaya untuk memberantas maraknya dugaan investasi emas bodong yang terjadi belakangan ini, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berjanji akan meminta pemberi izin perusahaan investasi non uang untuk memperketat izin. OJK akan membawa kasus investasi imitasi ke Satgas Waspada Investasi, dari situ akan ditelusuri guna mencari tahu otoritas pemberi izin perusahaan-perusahaan investasi bodong. OJK juga akan aktif melakukan edukasi untuk mencegah penyimpangan investasi.
  6. Berdasarkan laporan inteligen yang diterimanya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengungkapkan ada pihak-pihak yang memanfaatkan dinamika politik nasional saat ini. Disampaikan SBY, pihak tidak bertanggungjawab tersebut memanfaatkan situasi ditengah kemelut internal Partai Demokrat. Apalagi pasca penetapan mantan ketua PD, Anas Urbaningrum sebagai tersangka. Menurut SBY indikasi tersebut jika dibiarkan akan berujung pada gangguan stabilitas pemerintah. Untuk itu SBY meminta elite politik dan kelompok tertentu agar jangan keluar dari jalur demokrasi. Ia meminta juga agar jangan ada upaya untuk membuat pemerintah terguncang.
  7. Wakil Menteri Kesehatan Ali Ghufron Mukti, mengatakan pada 2014 mendatang proses visum di RS akan digratiskan dan ditanggung oleh Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Menurutnya Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan peraturan yang mewajibkan petugas kesehatan yang tengah menangani pasien anak/ perempuan yang dicurigai menjadi korban kekerasan untuk segera melaporkan ke polisi.
  8. Kurikulum 2013 seluruh pembiayaan pengadaan buku pelajaran akan ditanggung pemerintah, baik pusat maupun di daerah. Dengan begitu siswa tidak terbebani biaya pembelian buku. Pengawasan distribusi buku pelajaran untuk kurikulum 2013 juga akan diperketat untuk menghindari adanya pungutan oknum tertentu, maka distribusi buku dipastikan langsung sampai di sekolah, tidak lagi melalui dinas pendidikan kabupaten atau kota.
  9. Kawasan pedestrian di seputar kawasan dalam areal Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat semakin diperhatikan dan dipercantik. Kini sudah bersih dan bebas pedagang kaki lima. Selain dibersihkan dari Pedagang kaki lima, Pemerintah Kota Madya Jakpus juga mencat kembali kawasan Monas. Kini Monas nampak lebih terawat, tertib dan bersih.
  10. Pelatihan bagi calon TKI dinilai dapat meningkatkan kualitas dan kompetensi TKI. Untuk itu Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi A Muhaimin Iskandar juga mengusulkan untuk menambah pelatihan dari 200 jam menjadi 400 jam. Pemerintah juga berjanji akan memberi subsidi pembiayaan pelatihan TKI. Menurutnya penambahan jam pelatihan sudah dimasukkan dalam paparan RUU Perlindungan Pekerja Idnonesia di Luar Ngeri (PPILN). Mendukung perbaikan kualitas calon tenaga kerja Indonesia, Himpunan Pengusaha Jasa Tenaga Kerja Indonesia Siap mejalankan kewajiban selama 400 jam.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?53432

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :