logo top 10

  1. Banjir belum selesai membayangi Indonesia. Hujan deras terjadi di Bandung sejak Minggu malam, menyebabkan tiga kecamatan yang merupakan lokasi pertemuan empat anak sungai meluap. Luapan sungai Citarum mengakibatkan 18 ribu rumah di Kecamatan Bojongsoang, Baleendah dan Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat terendam banjir. Air mulai masuk ke pemukiman warga sejak pukul 02.00 WIB. Ketinggian air mencapai 2 – 3 meter. Kondisi ini membuat warga mengungsi ke tempat-tempat yang lebih aman.
  2. Ketut Pujayasa, warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja sebagai awak kabin di Kapal Pesiar MV Nieuw Amsterdam ditangkap pihak berwenang di Florida, Amerika Serikat. Dia menyerang seorang penumpang perempuan berkebangsaan Amerika Serikat. Pria dari Bali berusia 28 tahun ini menyerang CLW, perempuan berusia 31 tahun pada 14 Februari 2014 di atas kapal pesiar milik Holland Amerika yang tengah melakukan Pesiar Bugil dari agen perjalanan Bare Necessities menuju Karibia. Sebanyak 2 tuduhan dialamatkan kepadanya. Ketut diduga melakukan tindakan pemerkosaan dan percobaan pembunuhan. Atas perbuatannya itu dia terancam 28 tahun penjara
  3. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengintruksikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk menangani asap di Riau. Intruksi tersebut juga diunggah SBY melalui akun twitter presiden @SBYudhoyono. Akibat dampak kebakaran lahan hutan di Riau, bandara setempat ditutup untuk sementara. Menanggapi intruksi presiden, BNPB melakukan langkah dengan meminta sejumlah pihak untuk mempercepat pemadaman dengan mengerahkan helikopter. BNPB juga menyiapkan pesawat Casa 212 untuk memodifiksai cuaca. Terdapat 1.042 titik api di daerah Sumatera, sedangkan di Riau terdapat 962 titik api. Data BNPB menyebutkan ada 6 ribu hetare hutan dalan lahan yang terbakar.
  4. DKI Jakarta akan dijadikan kota percontohan yang berbasis lingkungan. Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Pengelola Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Muhammad Tauhid. “Tidak hanya menyediakan jalur sepeda, Pemprov DKI Jakarta juga akan melebarkan jalur pedestrian untuk membuat masyarakat menjadi nyaman” paparnya. Sistem angkutan umum juga akan ditata dengan lebih baik sehingga semakin banyak masyarakat yang sedang menggunakan transporatsi umum.
  5. Hingga saat ini jumlah pengungsi Sibanung yang masih bertahan di pengungsian sebanyak 15.837 jiwa. Humas Pemerintah Kabupaten Karo Jhonson Tarigan menjelaskan, pihaknya terus memantau perkembangan dari warga yang telah kembali ke kampung halaman mereka. Namun, banyak warga mengeluhkan kondisi lahan pertanian mereka yang hingga saat ini masih belum bisa dikerjakan akibat kerusakan yang ditimbulkan abu vulkanik. Pemerintah menegaskan, seluruh masyarakat tersebut masih akan mendapat perhatian melalui pemberian jaminan hidup sebesar Rp 6.000 per hari kepada masing-masing penduduk, juga bantuan sebesar RP 50.000 per bulan untuk satu kepala keluarga.
  6. Pulau Sumbawa sebentar lagi akan ditetapkan menjadi pulau termuda di Indonesia. Hal ini dijelaskan Anggota Komisi III DPR RI Fahri Hamzah yang mengatakan pengesahan Pulau Sumbawa menjadi Provinsi Pulau Sumbawa (PPS)  akan disahkan pada Mei 2014 mendatang. Fahri mengungkapkan, semua berkas baik secara administratif dan teknis sudah 100 persen memenuhi persyaratan. “Tidak ada masalah dan tidak ada komplen dan tidak ada perbedaan paham antara pemerintah daerah, DPR dan lainnya” ungkap Fahri.
  7. Kelompok musik angkatan udara AS, Pacific Clave, dari U.S Air Force band of the pacific turut serta memeriahkan Java Jazz Festival 2014 yang digelar pada 28 Februari hingga 2 Maret lalu. Tak hanya membawakan musik berirama jazz, Pacific Clave juga piawai memainkan musik salasa, latin dan pop. Setelah unjuk gigi dihadapan penggemar musik di Jakarta, Pasific Clave juga menghibur ribuan santri di pondok pesantren Darul Qalam, Banten, sekaligus memberikan pelatihan tetang musik. Dubes AS untuk Indonesia, Robert Blake menyambut baik kegiatan tersebut. Selain berkunjung ke Indonesia, setiap tahunnya Pacific Clave juga menggelar 400 konser di beberapa negara di dunia.
  8. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menggandeng pihak swasta untuk melestarikan cagar budaya yang ada di Jakarta. selain itu Jokowi juga akan mengintegrasi wisata berbasis kekayaan budaya dan sejarah Jakarta. Langkah ini sengaja diambil mantan Walikota Surakarta ini karena ia menilai saat ini kebudayaan dan sejarah Jakarta masih belum banyak diketahui masyarakat luas. Untuk itu, Jokowi meminta pihak swasta mengembangkan kebudayaan dan sejarah secara bersama-sama. “Supaya kita tidak lupa dengan akar sejarah, budaya dari siapa kita jadi seperti ini, sehingga kita tak kehilangan akar. Ini yang sering diabaikan. Sehingga jati diri kita hilang karena kita ngga ngerti, kita ini apa” paparnya. Jokowi mentargetkan lima tahun mendatang, Jakarta akan menjadi kota yang berbudaya dengan sejarah-sejarah Jakarta.
  9. Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampreas) TNI Grup D diresmikan, Senin (3/3). Dalam keterangan pers Puspen TNI, Upacara peresmian grup baru tersebut dilakukan di Lapangan HItam Mako Paspampres TNI, Tanah Abang, Jakarta. Upacara itu merupakan pengesahan grup baru dari yang sudah ada sebelumnya, yakni Grup A,B,C. Tugas baru Grup D yaitu melakukan pengamanan fisik jarak dekat terhadap mantan presiden dan wakil presiden beserta keluarganya. Selanjutnya, untuk Datasemen Pendukung yang semula berada di bawah Grup C bertugas melatih dan membina kemampuan personel Paspampres TNI. Peresmian tersebut merupakan realisasi Peraturan Panglima TNI NO 37 tahun 2013 tentang Pokok-pokok Organisasi dan Prosedur Paspampres.
  10. Untuk menghibur para pengungsi Gunung Sinabung yang masih tinggal di pengungsian, TNI mengirimkan 100 pendongeng nasional. sebanyak 100 pendongeng nasional itu di datangkan untuk membantu sisi psikologis korban Gunung Sinabung, khususnya anak-anak. Program Pendongeng Kemanusiaan Dharma Pertiwi akan berlangsung selama tiga hari. Selain mengirim pendongeng, bantuan berupa ribuan peralatan sekolah, juga bahan pangan dikirimkan guna membantu korban bencana erupsi Gunung Sinabung yang sudah berbulan-bulan tinggal di pengungsian.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?62111

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :