1. Polda Jawa Barat akan melakukan pengawasan dan pengamatan terhadap warga negara asing (WNA) yang datang ke Indonesia khususnya di Jawa Barat. pengamatan dilakukan mulai dari merazia penginapan yang dicurigai dihuni para WNA. Upaya tersebut dilakukan setelah muncul kasus penangkapan 30 WNA asal Taiwan di lokasi perumahan elit di Bandung beberapa waktu lalu. Para WNA tersebut merupakan bagian dari pengembangan kurir sabu internasional yang sebelumnya ditangkap Bareskrim Mabes Polri. Dari hasil penggerebekan, polisi berhasil mengamankan bukti sabu 260 butir psikotropika golongan 4, satu set bong alat hisap dan masih banyak lagi. Dengan adanya penangkapan tersebut polisi tak hanya meningkatkan pengawasan di wilayah elit, namun juga melakukan pengamatan di hotel-hotel.
  2. Indonesia kembali merasakan bencana kabut asap yang setiap tahun di Pulau Sumatera dan 365 titik di Pulau Kalimantan. Akibat kabut asap, warga sekitar mulai mengidap penyakit infeksi saluran pernapasan (ISPA). Tidak hanya itu, banyak siswa yang terganggu sehingga sekolah diliburkan, belum lagi penerbangan terganggu karena bandara harus ditutup karena asap semakin parah. Sejauh ini upaya pemadaman kebakran hutan telah dilakukan, baik jalur darat maupun udara. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mengerahkan 2 pesawat terbang untuk operasi hujan buatan di Riau dan Sumsel.
  3. Presiden Joko Widodo perintahkan aparat penegak hukum untuk menindak tegas pelaku pembakaran hutan. “Tindak tegas pelakunya, saya sudah perintahkan Menteri Kehutanan. Kalau dibiarkan kebakaran akan terus berlanjut. Ini praktik tidak betul dalam pengelolaan negara yang harus dihentikan” tegasnya. Presiden turun tangan langsung memantau penanganan kebakaran hutan di Banyuasin, Sumsel. Presiden juga memantau langsung posko di wilayah yang terdampak kabut asap.
  4. Kementerian Kehutanan telah mengantongi nama-nama perusahaan yang diduga melakukan pembakaran lahan. “Datanya sudah ada, sekarang masih dalam proses konfirmasi supaya hasil jelas tidak simpang siur” kata Juru Biacara Kementerian Kehutanan Eka Widodo. Eka tidak menyebutkan berapa perusahaan yang diduga sebagai dalang kebakaran, namun pihaknya akan memberi sanksi tegas pada perusahaan pelaku pembakaran, termasuk mencabut izin pengelolaan hutan. Kebakaran menimbulkan 99 persen asap yang disebabkan oleh prilaku manudia. Sisanya 1 persen disebabkan oleh cuaca yang ekstrim serta kondisi lahan yang mudah terbakar.
  5. Kehadiran Ketua DPR Setya Novanto dan wakil Ketua DPR Fadli Zon dalam kampanye bakal calon presiden AS dari Partai Republik Donald Trump menuai kritik pedas. Banyak kelangan menilai pertemuan tersebut adalah pelanggaran serius dan dituduh melanggar kode etik dalam UU MPR, DPR, DPD, DPRD (UU MD3) karena aksi foto bersama Donald Trump. Kedatangan dua pimpinan DPR dalam kampanye Trump dinalai berbanding terbalik dengan kampanyenya yang pada saat itu menyebutkan anti Amerika dan menuding Jokowi sebagai antek Amerika. Menjawab kritikan dari berbagai pihak, Wakil Ketua Fadli Zon mengatakan, polemik yang terjadi terkait kehadiran delegasi palemen Indonesia dalam kampanye pengusaha Donald Trump dilakukan oleh orang-orang yang gagal paham. Dia memprediksi banyak pihak yang sengaja membesar-besarkan kehadiran delegasi Indonesia.
  6. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama atau Ahokk mengaku akan menyulap Jl Sudirman-Thamrin jadi tempat berkumpul warga Jakarta. Untuk memuluskan rencananya, pekan ini Ahok akan berkunjung ke beberapa tempat di sepanjang ruas jalan dan bersosialisasi ke pemilik gedung yang ada di Jl Sudirman-Thamrin. Ahok akan menawarkan insentif pada pemilik gedung, dengan mengizinkan pemilik membuka café di bawah gedung. Selain memasang lampu di dinding gedung, pinggiran jalan pun akan dirombak. Tak hanya itu, tanaman-tanaman yang ada di tepi jalan juga akan dipindahkan ke trotoar dan pagar-pagar pembatas jalan di trotoar akan dibuka. Ahok ingin tembok pembatas antara gedung di jalan Sudirman –Thamrin dibongkar, agar gedung berada dalam satu area. “Mereka bisa menggunakan lobby gedung untuk bikin café atau restoran yang cepat saji. Betul-betul jadi tempat nongkrong 24 jam” tegas Ahok.
  7. Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro didapuk menjadi Ketua Development Committee Bank Dunia menggantikan Marek Belka yang merupakan Gubernur Bank Sentral Polandia. Bambang akan bertugas mulai tahun 2016 setelah terpilih secara aklamasi. Sebagai Ketua, Menkeu Bambang akan memimpin forum para menteri keuangan dan gubernur sentral anggota Bank Dunia. Peran mereka adalah memberi arahan strategis bagi aktivitas global Bank Dunia dalam mendorong pembangunan ekonomi dunia dan mobilisasi sumber-sumber financial untuk mencapat target pembangunan global, serta berbagai agenda global lain.
  8. Indonesia akan menjadi tuan rumah Sidang Tahunan International Monetary Fund (IMF) dan Bank Dunia pada 2018 mendatang. Indonesia terpilih sebagai tuan rumah setelah mendapatkan lebih dari 97 persen suara dalam pemungutan yang dilakukan oleh 188 negara IMF dan Bank Dunia. Rencananya pertemuan akan dilangsungkan di Bali pada Oktober 2018. Sebanyak 1000 peserta diperkirakan akan hadir. Acara yang digelar setiap tiga tahun sekali itu akan membahas agenda ekonomi dan pembangunan global yang diadakan di luar markas besar kedua institusi Bretton Woods yang pusatnya di Wahsington DC.
  9. Kementerian Perdagangan menargetkan ada ratusan pengusaha baru UKM siap menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pada 2016 mendatang. Disampaikan Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perdagangan, Kemendag, Parluhutan Sianturi, tahun ini sebanyak 508 UKM dari seluruh Indonesia siap bersaing. Kementerian Perdagangan siap memberi pendampingan tentang sektor-sektor yang digeluti UKM.
  10. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat menyatakan, saat ini wilayahnya berstatus siaga kebakaran hutan. Siaga kebakaran hutan ditetapkan sejak Agustus, pasalnya sejumlah hutan di Jawa Barat terbakar, diantaranya hutan kawasan Gunung Guntur di Garut, Gunung Ceremai dan Gunung Burangrang di Purwakarta. Berkaca dari tiga kasus tersebut, ada beberapa faktor penyebab kebakaran, salah satunya karena cuaca yang mengakibatkan banyak pohon menjadi kering dan mudah terbakar.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/79735

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

greatpremium

 

 

 

 

 

kabari store pic 1