1. Enam provinsi menetapkan status Siaga Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan, diantaranya Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan. September diperkirakan menjadi puncak dari jumlah titik api atau puncak panas kebakaran hutan dan lahan di Sumatera dan Kalimantan. BNPB menyatakan bahwa status siaga darurat itu memudahkan akses bagi BNPB dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menanggulangi kebakaran hutan.
  2. Sistem pemilihan umum (pemilu) 2019 mengunakan sistem pemungutan suara elektronik (e-voting_ menjadi salah satu program prioritas yang hingga kini masih digodok pemerintah. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, pemerintah masih akan mengkaji pelaksanaan pemilu e-voting dan diharapkan dapat diterapkan pada pemilu 2019 mendatang. Karena itu Kemendagri mendorong target perekaman KTP elektronil (e-KTP) selesai pada 30 September untuk persiapan e-voting 2019.
  3. Setelah sempat ramai kasus prostitusi yang melibatkan model dan kalangan artis, kali ini Unit Cyber Crime Mabes Polri berhasil membongkar jaringan prostitusi anak di bawah umur. Prostitusi online ini melibatkan anak-anak di bawah umur yang khusus disediakan untuk para kaum gay. Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Boy Rafli Amar mengatakan pengungkapan ini terbongkar melalui patrol cyber. Ada tujuh korban yang diamankan dari kasus perdagangan anak ke kaum gay.
  4. Pemerintah Indonesia meningkatkan kewaspadaan terkait potensi masuknya virus zika ke Tanah Air. Hal tersebut menyusul laporan puluhan warga Singapura yang teridentifikasi positif terjangkit virus zika. Kemenkes memberikan imbauan meningkatkan kewaspadaan kepada semua petugas kesehatan dan sarana kesehatan, yang berada di pintu masuk Singapura-Indonesia. Mereka diminta memantau kemungkinan penularan virus zika lewat WNI, yang baru saja pulang dari Singapura.
  5. Pemerintah Indonesia mengeluarkan travel advisory atau saran agar masyarakat lebih berhati-hati saat berkunjung ke Singapura. Sebagai antisipasinya, khusus untuk ibu hamil dilarang berpergian ke Singapura terutama dari wilayah Bali. Bagi penumpang yang sedang tidak hamil diberikan health card agar dapat dibaca dan diwaspadai terkait gejala virus zika. Di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali telah dipasang alat thermo scan dan infrared di terminal kedatangan internasional khusus untuk penumpang yang datang dari Singapura. Penumpang asal Singapura yang datang ke Bli akan di scan tubuhnya agar tidak membawa masuk virus tersebut ke Pulau Dewata.
  6. Status warga negara Arcandra Tahar kembali menjadi WNI. Mantan Menteri ESDM yang sempat mencuat karena memiliki dua paspor Indonesia dan Amerika kini telah resmi kembali menjadi WNI. Hal ini ditegaskan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly, bahwa Arcandra Tahar bestatus WNI. “Setelah dilakukan pemeriksaan dan klarifikasi saudara Arcandra Tahar tetap menjadi WNI sesuai prinsip perlindungan maksimum dan non apatride stateless” kata Yasonna. Menurut Yasonna, Arcandra sudah kehilangan status kewarganegaraan Amerika Serikat berdasarkan Certificate of Loss od United States sejak 12 Agustus 2016.
  7. Kasus vaksin palsu belum usai, kini masyarakat kembali diresahkan dengan temuan obat kadaluarsa usai penggerebekan di pasar Pramuka. Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) bekerjasama dengan Polda Metro Jaya melakukan sidak di sejumlah apotek di pasar Pramuka. Ada 10 apotek diperiksa, dan dari pemeriksaan tersebut ditemukan ratusan obat kadaluarsa dan tak berizin. Penggerebekan yang dilakukan pada 1 September lalu meringkus pelaku berinisial M yang menjual obat kadaluarsa dalam bentuk satuan maupun grosiran ke pelanggannya dan sudah dilakukan sejak tahun 2006. Dari bisnis obat kadalursa, tersangka M meraup untung hingga ratusan rupiah setiap bulannya.
  8. Terkait temuan obat kadaluarsa, Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta BPOM bertindak tegas pelaku yang terlibat dalam peredaran obat kadaluwarsa. Peredaran obat ilegal kini tengah diusut Tim Ditrekrimsus Polda Metro Jaya beserta BPOM. Pengecekan toko obat dan penggeledahan dilakukan di sejumlah tempat. Dari temuan dilapangan penjual menggunakan modus mengganti tanggal serta tahun kadaluarsa obat. Tim gabungan BPOM dan Direktorat Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri menggerebek lima gudang di Komplek Pergudangan Surya Balaraja, Banten yang memproduksi obat-obat ilegal. Dari lima gudang tersebut, tim gabungan menyita barang bukti sebanyak 42.480.000 pil obat yang diproduksi dan diedarkan secara ilegal.
  9. Pelaku bom bunuh diri di Gereja Stasi Santo Yosep, Medan mempunyai hubungan dengan jaringan ISIS, hal ini disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Teroris (BNPT), Komjen Pol Suhardi Alius yang memastikan Ivan Hasugian melakukan teror di Medan atas perintah Bahrun Naim, salah satu pemimpin ISIS di Asia Tenggara. Untuk menindak lanjuti kasus ini Datasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri mengambil alih proses penyidikan. Ivan melakukan aksi teror di Gereja Stasi Santo Yosesp di Medan pada Minggu pagi 28 Agustus. Ia membawa ransel berisi bom rakitan, namun bom yang di dibawanya gagal meledak. Pelaku pun mengeluarkan senjata tajam dan menyerang pastor.
  10. 500 personel gabungan disiagakan untuk pengamanan di hari Idul Adha yang bersamaan dengan libur panjang. Diperkirakan kemacetan akibat libur panjang akan terjadi, karena itu Polda akan melakukan pengamanan di sejumlah titik keramaian agar gangguan keamanan dan masalah lalu lintas tidak menggangu masyarakat. Aparat akan disiagakan di beberapa pusat perbelanjaan, jalan arteri serta tempat-tempat keluar jalan tol untuk memberikan kenyamanan masyarakat.