1. Penerapan aturan nomor polisi ganjil-genal di Jakarta akan mulai diterapkan pada 30 Agustus 2016. Berbeda dengan ujicoba yang hanya diberi teguran, pada penerapan resmi pengemudi yang melanggar akan langsung ditilang sesuai kesalahan yang dilanggar. Sesuai dengan peraturan, pelanggar yang tidak menggunakan TNKB akan dikenakan sanksi sesuai pasal 280 ayat 1, dengan sanksi pidana dua bulan atau denda maksimal Rp 500 ribu. Untuk pengemudi yang tidak membawa STNK melanggar pasal 288 ayat 1, sanksi pidana kurungan dua bulan penjara atau denda maksimal Rp 500 ribu. Jika kedapatan memalsukan STNK maka akan dikenakan sanksi Pasal 263 KUHP yakni penjara selama enam bulan.
  2. Sebanyak 177 orang calon haji Indonesia ditahan oleh imigrasi Filipina karena terbukti menggunakan paspor Filipina untuk berangkat naik haji dari negara tersebut. Para calon haji terdeteksi menggunakan paspor internasional Filipina sebelum terbang langsung ke Madinah pada 19 Agustus lalu. Diduga kuat mereka menggunakan dokumen paspor Filipina karena terbatasnya kuota haji Indonesia, sementara masih banyak kuota haji yang tersisa di Filipina. Pemerintah Indonesia masih terus berupaya untuk memulangkan 177 jemaah haji WNI yang ditahan oleh pihak imigrasi di Bandara Manila Filipina.
  3. Harga rokok diisukan akan mengalami kenaikan hingga Rp 50.000 per bungkus dari harga jual saat ini Rp 10.000 – Rp 20.000. Isu ini beredar setelah adanya rencana kenaikan tarif cukai rokok oleh Direktorat Jenderal Bea Cukai. Kabar yang beredar cepat langsung menimbulkan pro kontra di kalangan masyarakat. Namun isu tersebut langsung dibantah oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, yang menyatakan isu tersebut adalah hoax. Menurutnya, jika memang pemerintah akan menaikkan harga rokok, tidak mungkin dilakukan mendadak dan tanpa mempertimbangkan aspek-aspek terkait. Enggartiasto menduga isu kenaikan harga rokok sengaja disebarkan pihak tertentu agar menimbulkan kegaduhan ekonomi. “Kami sangat mengecam keras kepada dan terhadap penyiaran itu, dan menginformasikan berita tersebut resmi palsu atau hoax” tegasnya.
  4. Enam provinsi menetapkan status Siaga Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan, diantaranya Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan. September diperkirakan menjadi puncak dari jumlah titik api atau puncak panas kebakaran hutan dan lahan di Sumatera dan Kalimantan. BNPB menyatakan bahwa status siaga darurat itu memudahkan akses bagi BNPB dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menanggulangi kebakaran hutan.
  5. Hujan deras yang mengguyur sejak Sabtu (27/8) sore mengakibatkan kawasan elit Kemang, Jakarta Selatan terendam banjir. Banjir memberikan dampak yang cukup besar bagi pengunjung pertokoan di wilayah Kemang, ratusan kendaraan mobil mewah terendam banjir. Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab disapa Ahok mengatakan, banjir terjadi karena meluapnya air Kali Krukut. Luapan air itu lalu menghantam dan menjebol beberapa bangunan rumah warga yang berdiri di sepanjang kali. Untuk mengatasi banjir di kawasan Kemang, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan berencana membangun daerah tangkapan air atau waduk. Lahan yang akan digunakan untuk pembuatan waduk rencananya akan menggunakan milik Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta. Solusi lain dikemukakan Ahok untuk mengatasi banjir, yaitu lima rumah warga yang dindingnya jebol harus ditutup.
  6. Aksi bom bunuh diri terjadi di Gereja Katolik Stasi Santo Yosep, Jl Dr Mansur, Medan, Sumatera Utara. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun pastor Albert S Pandagian mengalami luka ringan di bagian lengan akibat menghindar dari serangan pelaku. Pelaku bom bunuh diri berhasil diamankan, juga bom yang dibawa di dalam ransel yang gagal diledakkan saat aktivitas Misa. Dari keterangan pelaku kepada petugas dia tidak sendiri, ada dua rekannya yang terlibat dan berhasil meloloskan diri.
  7. Teror percobaan bom bunuh diri di Gereja Katolik Medan gagal meledak  berkat umat yang sigap. Insiden terjadi saat pastor mulai berkotbah, terduga pembawa bom yang membawa tas ransel berlari ke arah altar. Melihat gelagat kurang baik, Pastor menghindar dari altar. Umat yang tengah khusuk beribadah segera mengejar dan menahan pelaku teror. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun pelaku mengalami luka-luka. Dalam tas ransel yang dibawa pelaku ditemukan bom rakitan yang belum meledak, pisau dan beberapa benda tajam lainnya.
  8. Kapala Badan Intelejen Negara (BIN) Sutiyoso menegaskan Ivan Armadi Hasugian (18) pelaku percobaan bunuh diri yang dilakukan di Gereja Katolik Stasi St Yosep Medan merupakan simpatisan dari ISIS. Kepala BIN memastikan, saat ditangkap pelaku memiliki atribut ISIS yang berada di saku berupa kertas yang bertuliskan kalimat I Love u kepada petinggi ISIS Al Baghdadi. Saat ini pihak berwenang tengah melakukan penyidikan terhadap pelaku aksi percobaan bom bunuh diri.
  9. Dua WNI korban sandera Abu Sayyaf, Sofyan dan Ismail sudah tiba di Tanah Air pada Jumat (26/8) dan sudah diserahkan kepada keluarga. Proses pemulangan korban pada keluarga berlangsung tertutup dan tidak dipublikasikan atas permintaan keluarga. Hal ini disampaikan Menteri Luar Negeri, Retno LP Marsudi di Istana Negara (29/8). Menlu memastikan kondisi kesehatan keduanya dalam kondisi baik. Sofyan dan Ismail merupakan bagian dari tujuh anak buah kapal Tugboat Charles yang dibajak kelompok bersenjata di perairan Sulu, Filipina 20 Juni lalu. Tidak dijelaskan bagaimana proses kedua WNI tersebut bebas dari penculik. Meski dua WNI lolos dari sekapan Abu Sayyaf, masih ada sembilan korban yang disandera. Pemerintah berharap sembilan korban segera dibebaskan.
  10. Sitem pemilihan umum (pemilu) 2019 menggunakan sistem pemungutan suara elektronik (e-voting) menjadi salah satu program prioritas yang hingga kini masih digodok pemerintah. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyatakan, pemerintah masih akan mengkaji pelaksanaan pemilu e-voting dan diharapkan dapat diterapkan pada pemilu 2019 mendatang. Karena itu Kemendagri mendorong target perekaman KTP elektronik (e-KTP) selesai pada 30 September untuk persiapan e-voting 2019.