1. Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan segera memberlakukan Kartu Identitas Anak (KIA), semacam KTP. Dengan kartu tersebut, anak di bawah umur akan mendapatkan pelayanan yang sama seperti orang dewasa secara terbatas. Dijelaskan Mendagri Tjahjo Kumolo, kebijakan itu akan diterapkan secara nasional pada tahun ini dengan berdasarkan pada Peraturan Mendagri Nomor 2/2016.
  2. Untuk mengantisipasi peredaran narkoba semakin luas dikalangan dunia pendidikan Ibu Kota, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat akan mengunjungi sekolah-sekolah setiap hari Senin pagi. Kedatangannya ke sekolah, untuk menjadi inspektur saat upacara bendera dan akan menyampaikan informasi mengenai bahaya narkoba bagi generasi muda.
  3. Pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak akan kembali berlangsung pada 2017 di 101 daerah. Pemerintah daerah (pemda) yang menggelar pilkada 2017, diminta mengalokasikan dananya untuk semua tahapan. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo telah menyiapkan regulasi pendanaan pilkada 2017. Regulasi itu yakni Peraturan Mendagri Nomor 52/2015 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2016.
  4. Pemprov DKI Jakarta akan membagikan 2.500 kacamata gratis untuk warga Jakarta yang akan menikmati fenomena gerhana matahari pada 9 Maret mendatang. Kacamata dan souvenir akan dibagikan untuk pengunjung planetarium agar dapat menyaksikan fenomena langka gerhana matahari total. Planetarium, Taman Ismail Marzuki akan dibuka mulai 06.00- 08.00 WIB.
  5. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil yang digadang-gadang menjadi calon kuat dalam Pilgub DKI 2017 mendatang akhirnya memberi keputusan. Kang Emil memastikan dirinya tidak akan maju dalam pemilihan Gubernur DKI Jakarta. Ia mengaku masih ingin fokus menata Kota Bandung yang baru dipimpinnya selama lebih dari dua tahun ini. Masih banyak hal yang harus dituntaskan sesuai janjinya. “Saya mau ke Jakarta (sebagai cagub DKI) tetapi tidak sekarang” katanya.
  6. Ratusan dokter yang tergabung dalam Dokter Indonesia Bersatu berunjuk rasa di depan Istana Negara (29/2). Para dokter berjas putih membawa spanduk bertuliskan ‘Kami adalah dokter pejuang! Pelayan rakyat! Bukan hampa BPJS!”. Ratusan pendemo dijaga ketat petugas.
  7. Wisatawan dari beberapa negara antusias menyaksikan gerhana matahari total (GMT) di beberapa provinsi di Indonesia. Ada 6 negara yang rencananya akan melakukan penelitian di Indonesia yaitu Jepang, Belanda, Jerman, Amerika Serikat, Malaysia dan Rusia. Fenomena alam tersebut tentunya menguntungkan bagi Indonesia, karena itu banyak pemkot melakukan promosi daerah yang cukup menarik.
  8. Pemerintah Australia melalui media APF merilis travel advice yang merupakan surat peringatan untuk warga Australia yang berada di Indonesia. Dalam surat imbauan itu, Pemerintah Australia meminta warganya untuk berhati-hati mengunjungi Bali, Lombok dan Jakarta terkait ancaman bom.
  9. Leonardo DiCaprio meraih Piala Oscar dalam Academy Awards ke-88. lewat perannya di film The Revenant. Aktor kelahiran California 11 November 1974 itu berhasil memenangkan kategori Best Actor. Untuk pertama kali meraih Piala Oscar, DiCaprio mengaku bangga dan lega.
  10. Presiden Joko Widodo mendesak penggunaan produk lokal menjadi keutamaan dalam pembangunan proyek di seluruh Indonesia, khususnya oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Menurut Presiden, pembangunan proyek infrastruktur perlu membatasi penggunaan barang-barang impor dan mencaari pengganti produk buatan dalam negeri. Selain itu presiden juga meminta agar pembangunan proyek infrastruktur di daerah menyerap tenaga kerja sebanyak-banyaknya guna meningkatkan taraf hidup.