1. Terungkapnya peredaran vaksin palsu membuat resah masyarakat. Yang mengagetkan vaksin palsu digunakan untuk imunisasi balita. Masyarakat resah karena takut anaknya terkena imbas dari vaksin palsu. Terungkapnya kasus berawal dari fakta lapangan banyaknya anak yang kondisi kesehatannya terganggu usai diberi vaksin. Selain itu, ada pula laporan pengiriman vaksin balita di beberapa puskesmas yang mencurigakan. Bariskrim Polri pun menangkap produsesn vaksin yang tidak memiliki izin. Dari penangkapan, diketahui ada tiga pabrik pembuat vaksin palsu. Saat ini  15 tersangka sudah diamankan dan masih memungkinkan ada penambahan tersangka yang terlibat dalam kejahatan ini.
  2. Presiden Joko Widodo menanggapi serius kasus beredarnya vaksin palsu yang disebut presiden sebagai ‘kejahatan luar biasa’ dan menuntut hukuman berat bagi siapa pun yang terbukti bersalah. “Vaksin palsu sebuah kejahatan luar biasa. Kalau kita lihat generasi-generasi yang ada di sini, anak-anak, ini kalau tidak divaksin, itu jangka panjangnya akan sangat buruk bagi sumber daya manusia kita” kata Presiden. Oleh karena itu, Presiden mendesak pihak-pihak terkait segera menelusuri kasus vaksin palsu. Ditegaskan, pelaku perlu diberikan sanksi atau hukuman berat agar menimbulkan efek jera.
  3. Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Indonesia mendorong pemerintah melakukan pemeriksaan komprehensif terhadap persediaan vaksin anak. Khususnya yang termasuk dalam daftar imunisasi wajib di seluruh sentra kesehatan yang menyelenggarakan layanan imunisasi anak. Tak hanya itu LPA Indonesia juga mendorong pemerintah mengagendakan pemberian imunisasi ulang secara cuma-cuma sebagai bentuk konsekuen pemerintah atas pengadaan imunisasi wajib sekaligus mengatasi ancaman besar terhadap kesehatan anak-anak akibat vaksin palsu.
  4. Penyanderaan terhadap anak buah kapal WNI kembali terjadi. Kali ini, tujuh ABK Kapal Tugboat Charles 001 dan Tongkang Robby 152 menjadi sasaran penyanderaan kelompok militan Abu Sayyaf. Dalam tiga bulan terakhir telah terjadi tiga kali penyanderaan terhadap WNI di wilayah Filipina. Pemerintah berjanji segera menyelesaikan masalah penyanderaan WNI. Agar tidak terulang kembali pemerintah menyiapkan langkah-langkah untuk mencegah dan menanggulangi penyanderaan, salah satunya patroli bersama dengan tentara Malaysia dan Filipina.
  5. Tahun depan, Festival Danau Sentani akan dikembangkan dalam wujud internasional. Berbagai budaya khas Indonesia hingga kebudayaan dari negara tetangga diharapkan turut serta di dalamnya. Untuk mewujudkannya Pemerintah berencana mengajukan Danau Sentani sebagai kawasan pengembangan bisnis pariwisata karena dinilai memiliki daya tarik objek alam serta budaya asli yang potensial.
  6. Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta melakukan sosialisasi penerapan sistem ganjil-genap pada 28 Juni hingga 26 Juli 2016. Pemberlakukan uji coba dilakukan pada Senin-Jumat pukul 07.00 – 10.00 dan 16.00 – 20.00 WIB. Penerapan aturan itu dilakukan secara acak di sembilan titik persimpangan berlampu yang terdapat di jalur Thamrin-Sudirman-Gatot Subroto. Sebanyak 300 petugas gabungan diterjunkan untuk membantu sosialisasi kebijakan baru pengganti sistem 3in1 untuk mengatasi kemacetan Jakarta.
  7. Beredar surat berisi permintaan Setjen DPR RI kepada Konsulat Jenderal RI (KJRI) di New York, Amerika Serikat, untuk memfasilitasi putri Wakil Ketua DPR Fadli Zon, Shafa Sabila Fadli, yang berangkat ke AS. Tak berselang lama setelah beredarnya surat dikalangan wartawan, Fadli membantah bila dirinya meminta fasilitas ke KJRI New York untuk putrinya, yang tengah mengikuti sebuah kegiatan di New York. Fadli menyampaikan tak pernah mengajukan permintaan fasilitas dan pendampingan untuk putrinya. Namun diakuinya telah melapor ke KJRI New York bahwa anaknya akan mengikuti kegiatan di AS. Belakangan, kontroversi ditutup dengan permohonan maaf jika dianggap ada kesalahan. Politisi Partai Gerindra itu juga melayangkan surat kepada Kementerian Luar Negeri, yang berisi penggantian uang transportasi kepada pihak KJRI. Uang tersebut akan diberikan melalui Kementerian Luar Negeri di Jakarta.
  8. Presiden Joko Widodo mengapresiasi kinerja Satgas Pemberantasan Penangkapan Ikan Secara Ilegal. Ketatnya pengawasan dan tindakan tegas membuat kapal-kapal asing mulai takut masuk wilayah Indonesia. Hingga saat ini sudah ada 176 kapal asing pencuri ikan di wilayah Indonesia yang ditenggelamkan. Presiden meminta agar pengawasan tetap dilakukan. “Jangan berhenti, konsisten ini perlu agar mereka melihat bahwa kita serius menangani ini” tegas Presiden.
  9. Pemerintah Indonesia mengecam keras serangan bunuh diri yang terjadi di Bandara Ataturk, Turki. Serangan bom bunuh diri menewaskan puluhan orang dan ratusan luka-luka. Pemerintah melalui Menteri Luar Negeri mengatakan, sejak terjadi tragedi tersebut pihak Kemenlu langsung melakukan komunikasi dengan KJRI Istanbul. Menteri Retno menyebutkan sejauh ini tidak ada WNI yang menjadi korban dalam serangan tersebut.
  10. Pemerintah melalui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Yuddy Chrisnandi menegaskan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilarang menerima THR atau hadiah dari pihak lain, dikarenakan hal tersebut melanggar ketentuan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2000 tentang tindak pidana korupsi dan gratifikasi. PNS juga tidak boleh menerima bingkisan berupa apapun yang berkaitan dengan jabatan dan pekerjaannya.