logo top 10

  1. Korban tewas akibat gempa bumi (2/7) bekekuatan 6.2 skala Richer di Aceh bertambang menjadi 40 orang.  Dari catatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sebanyak 31 orang meninggal di kawasan Aceh Tengah, 9 orang tewas di Kabupaten Beneh Meriah. Kapala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, sebanyak 63 orang luka berat, dan sekitar 2.362 orang luka ringan. 15.919 rumah rusak, juga 623 bangunan dan fasilitas umum rusak. Saat ini  pengungsi mencapai 22.152 orang.
  2. Gempa terjadi di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kekuatannya mencapai 5,9 skala richter (SR). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberi informasi, gempa terjadi sekitar pukul 09.13 WIB, Senin (8/7/2013). Pusatnya berada di laut dengan kedalaman 10 kilometer wilayah tenggara Kabupaten Malang, Jawa Timur. Tak ada ancaman tsunami yang ditimbulkan akibat peristiwa ini. Laporan soal korban dan kemungkinan kerusakan masih ditelusuri.
  3. Pesawat Boeing 777 milik maskapai penerbangan Asiana Airlines mengalami kecelakaan saat mendarat di Bandara Internasional San Fransisco, California, Amerika Serikat, Sabtu (6/7) waktu setempat. Dilaporkan dua korban tewas sementara 130 lainnya tengah dirawat di rumah sakit. Pesawat Boeing 777 terbang dari Seoul, Korea Selatan, dan membawa 307 orang.
  4. Jelang Ramadhan harga-harga kebutuhan pokok terus melonjak. Mulai dari daging, ayam potong, telur, beras, gula, sayuran sampai bumbu masak. Kenaikan sembako membuat masyarakat khususnya warga kurang mampu semakin bingung sementara penghasilan tidak bertambah. Masyarakat menghimbau pemerintah agar memperhatikan harga dipasaran, pasalnya bukan saja pembeli yang merasakan dampak atas kenaikan tersebut, tapi kebanyakan penjual juga mengeluh, karena harga naik omset penjualan pun ikut menurun karena turunnya minat masyarakat.
  5. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melarang sekolah negeri menarik pungutan yang memberatkan siswa.  Sesuai dengan peraturan Menteri Nomor 60 Tahun 2011 Tentang Larangan Pungut Biaya Pendidikan Pada Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Apabila ditemukan oknum guru atau sekolah melakukan pungutan liar maka akan dikenakan sanksi.
  6. Keputusan resmi kenaikan tarif angkutan umum khusus DKI Jakarta belum juga dikeluarkan Pemprov DKI Jakarta. Ketidaktegasan ini membuat para sopir mengeluh, sehingga mereka pun mendatangi DPRD untuk meminta kepastian. Para sopir tidak mempermasalahkan berapa besaran kenaikan, namun mereka meminta kebijakan karena kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) telah merugikan, bahkan mereka harus nombok. Pemprov DKI Jakarta sudah memberikan usulan kenaikan tarif angkutan umum di Jakarta kepada DPRD DKI. Untuk bus kecil semula Rp2.500 jadi Rp3.000, bus sedang semula Rp2.000 jadi Rp3.000, dan bus patas semula Rp2.000 jadi Rp.3.000.
  7. Beasiswa miskin akan diberikan kepada 16,6 juta siswa, hal tersebut disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh. Bantuan tersebut akan diberikan ke seluruh Indonesia, dengan rincian Rp 450 ribu per tahun untuk siswa SD, Rp 750 ribu untuk SMP, dan Rp 1 juta untuk SMA. Dana tersebut masih ditambahkan dengan bantuan buku, seragam, alat tulis yang besarannya mencapai Rp 200 ribu per anak.
  8. Selama 1 bulan penuh saat Ramadhan, Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan memantau semua media elektronik untuk memastikan semua tayangan televisi maupun radio sesuai dengan bulan suci. Pemantauan ini sebagai salah satu bentuk tanggung jawab ulama dalam mengawal dan menjaga akhlak bangsa.  MUI berharap agar media massa tidak menyiarkan tayangan yang bermuatan ramalan, kekerasan, lawakan berlebihan, serta cara berpakaian yang tidak sesuai dengan akhlakul kharimah.
  9. Jelang liburan sekolah dan lebaran pertengahan tahun 2013, pihak kepolisian Daerah Metro Jaya bersama jajaran pengusaha hotel dan apartemen akan memperketat pengawasan demi mengantisipasi demi mengatisipasi tidak terorisme. Pengamanan akan difokuskan di objek vital yang berlokasi di Jakarta. Obyek vital berupa lembaga Negara beserta kantornya, gedung-gedung korps diplomatik, Kawasan Industri dan tempat pariwisata seperti hotel.
  10. Sidarto Danusubroto resmi dilantik sebagai Ketua MPR periode 2009-2014, menggantikan Taufiq Kiemas yang meninggal dunia Juni lalu. Sidarto diambil sumpah janjinya di hadapan ratusan anggota MPR, perwakilan dari pemerintah dan anggota yudikatif. Dalam sumpah jabatannya, Sidarto berjanji memegang teguh Pancasila dan UUD 45, serta memperjuangkan aspirasi rakyat.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?56972

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :