1. 10 ABK WNI yang disandera kelompok bersenjata di Filipina akhirnya dibebaskan dan telah kembali ke Indonesia. Pembebasan para sanderan adalah buah diplomasi kepada kelompok Abu Sayyaf tanpa harus menggunakan senjata. Dalam pidato pengumuman pembebesan sandera, Presiden Jokowi mengucap syukur dan berterimakasih kepada pihak-pihak yang terlibat dalam proses pembebasan 10 ABK. Presiden juga menyatakan akan terus berusaha keras untuk membebaskan WNI yang saat ini masih disandera. “Kita terus bekerja untuk membebaskan 4 ABK WNI yang lain” kata Presiden.
  2. Polda Metro Jaya dan jajaran Polres mengamankan kegiatan libur panjang pada 5-6 Mei 2016. Pengamanan dilaksanakan selama lima hari mulai 4 – 8 Mei 2016. Petugas akan ditempatkan di lokasi rawan kejahatan, pusat keramaian, tempat wisata dan kemacetan lalu lintas terutama di ruas jalan tol.
  3. Buruh yang tergabung dalam Konferensi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) meminta pemerintah menaikkan upah minimum provinsi 2017 sebesar Rp 650 ribu. KSPI berharap dengan kenaikan upah minimum bisa mendorong kesejahteraan para pekerja.
  4. Memperingati Hari Pendidikan Nasional, sebanyak 2.293 kacamata dibagikan gratis untuk siswa di DKI Jakarta. Pemberian kacamata minus gratis ini merupakan rangkaian program Bright Eyes Bright Future kerjasama dengan Yayasan Berani Bhakti Bangsa. Dengan diberikannya bantuan kacamata gratis diharapkan dapat mendorong anak-anak Indonesia semakin semangat belajar untuk mencapai cita-citanya.
  5. Peringatan May Day di Seattle, Amerika Serikat berakhir ricuh. Lima polisi terluka dan Sembilan orang ditahan setelah demonstran melemparkan kembang api dan bom molotiv ke arah polisi. Para demonstran berkumpul setiap tahun untuk memperingati Hari buruh yang jatuh pada 1 Mei untuk berorasi masalah lapangan kerja dan imigrasi, namun demonstran dibeberapa kota besar AS menggunakan kesempatan untuk berunjuk rasa menentang kekerasan polisi.
  6. Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad) mengibarkan bendera merah putih raksasa di perbatasan Indonesia-Papua Nugini. Bendera berukuran 15×25 meter dikibarkan dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional. Pengibaran bendera raksasa dilakukan Batalyon Infantri Mekanis 411/Pandawa Kostrad di Mercusuar perbatasan RI-PNG Skouw, Distrik Muara Tami, Jayapura. Selain peringatan Hardiknas, upacara tersebut juga sebagai peringatan bersatunya Papua ke pangkuan NKRI.
  7. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) terus menyuarakan pencegahan game online yang berbahaya bagi anak. KPAI meminta pemerintah tidak membuka dan melegalkan game online yang merusak generasi muda. Game dikatakan bahaya jika mengandung unsur kekerasan, sadisme, SARA dan pornografi.
  8. Ribuan penari dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri ikut memeriahkan gelaran tahunan ‘Solo Menari 24 jam’ dalam rangka memperingati Hari Tari Dunia pada 28-29 April. Tahun ini ada 221 grup yang melibatkan 6.000 penari. Acara digelar di sejumlah lokasi, diantaranya di sepanajang jalan Jend Sudirman dari bundaran Gladak hingga Kantor Balaikota Surakarta, Kawasan Kampus ISI Surakarta, SMK Negeri 8 hingga sejumlah mal.
  9. Pemerintah berencana memperbanyak pelabuhan ekspor produk perikanan. Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli menuturkan, tambahan pelabuhan ekspor diperlukan sebab saat ini produksi hasil perikanan tangkap melimpah, buah pemberantasan penangkapan ikan ilegal. Pembahasan lebih lanjut terkait pembukaan pelabuhan ekspor akan dibahas dalam rapat mendatang dengan Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perikanan.
  10. Polisi menembak mati seorang pria warga negara Prancis bernama Amokrane Sabet. Dia terpaksa ditembak karena menusuk seorang anggota polisi hingga tewas. Mantan petarung MMA ini diketahui sering membuat onar. Kabid Humas Polda Bali Kombes Heri Wiyanto mengatakan, ada 20 orang yang melaporkan tindakan Sabet yang meresahkan.