KabariNews – Khasiat kelapa mulai dari menurunkan berat badan sampai mencegah flu

Bagi yang tinggal dan besar di Indonesia atau daerah tropis lainnya, manfaat dan kelezatan buah kelapa tentunya sudah tidak asing lagi. Dari mulai dimasak untuk kue atau masakan, sampai dibuat menjadi minuman segar. Tapi apakah Anda tahu bahwa kelapa itu bernutrisi tinggi?

1. Meningkatkan Metabolisme

Percaya atau tidak, menurut riset rumah sakit kota Wellington di New Zealand kelapa itu bisa menurunkan berat badan 50 persen lebih cepat. Ini terjadi karena terdapatnya kandungan medium chain fatty acids, yaitu semacam zat lemak unik yang mampu mengantar kandungan lemak ke dalam hati dan mengubah langsung menjadi energi, bukan gumpalan lemak.

2. Kekebalan Optimal

Sebagai satu-satunya buah yang mengandung zat lauric acid, menurut laporan riset oleh Universitas Georgetown, kelapa bisa mengusir penyakit musiman seperti influenza, demam dan mononucleosis (infeksi kronis seperti TBC). Itu dikarenakan tubuh kita secara alami mengubah lauric acid menjadi monolaurin, semacam biokemikal yang mencegah selsel bakteri dan viral bertambah.

3. Kekuatan Daya Otak

Kelapa memiliki zat potassium sebanyak yang dikandung oleh buah pisang. Komponen kimia tersebut mampu mengencerkan darah untuk memperlancar sirkulasi, mempercepat pengantaran oksigen menuju sel-sel otak. Selain itu, potassium menghantar zat-zat nutrisi lainnya seperti choline ke arah otak, dimana mereka menolong pembentukan kunci bagi stimulasi elektrik yang menghubungkan otot dengan organ (neurotransmitters). Hasil dari proses tersebut menjadikan manusia berpikir dan berfokus lebih tajam.

4. Menenangkan Perut

 Satu cangkir penuh dengan parutan kelapa kira-kira mengandung 9 gram serat yang tidak dapat dilarutkan jumlah yang disarankan untuk dikonsumsi. Serat-serat tersebut menyediakan tempat bagi bakteri bagus yang memproduksi butyric acid bernama probiotics. Sistem stimulator saluran pencernaan alami tersebut membantu melancarkan pencernaan dan membasmi perut keram, masuk angin, serta kembung.