”Withor without sex, this creature can multiply, ” begitu terang Steve Durken, seorang ranger di Moss Beach, setengah jam dari San Francisco.Polisi pengawas pantai tadi memang sedang bertugas menjaga tidepool di Fitzgerald Marine Reserve, San Mateo. Sesekali ia menjawab pertanyaan pengunjung.

Tidepool sendiri merupakan “kolam” atau “genangan” ditepi pantai yang timbul karena pasang surutnya air laut. Karena faktor air di batu karang itulah, banyak fauna dan flaura bisa bertahan hidup,bahkan hidup subur. Di pantai barat AS, sejumlah tidepool dengan habitat yang menarik dikunjungi, kebanyakan berada di California Utara.

Makhluk yang dimaksud oleh ranger tadi adalah Aggregating Anemone. Bahasa Indonesianya ubur-ubur. Warnanya kehijauan dan tidak membahayakan. Seperti layaknya di film “Finding Nemo”, Anemone ini ketika dibuka,“kakinya tangannya” banyak sekali. Begitu tidak ada air, satwa laut tersebut menutup diri seperti kue donat. Cuma kelihatan “pusarnya”.

Sementara jenis lain yang tak kalah menariknya adalah Anthopleura Elegantissima karena fleksibilitasnya dalam urusan beranak-pinak. Agar punya baby ,ubur-ubur ini tidak ambil pusing meski tidak punya pasangan hidup.Pendeknya, mereka cukup membelah diri untuk memiliki keturunan. Tanpa sex. Karena itulah, ubur-ubur berkembang subur menjadi koloni di sepanjang tidepool pantai California.

Satu famili dengan ubur-ubur ini adalah Giant Green Anemone (Anthopleura Xanthogrammica). Warnanya hampir serupa, tapi bentuknya tak sama. Besar sekali. Selain itu, saat laut surut dan sedang beruntung, orang bisa melihat ubur-ubur warna merah atau kuning di tidepool.

Fauna laut lain yang menarik untuk diamati di kawasan tidepool California, diantaranya. keong laut berbagai varian warna dan bentuk (Hermit Crab), starfish (Bintang Laut), sea lion (singa laut) dan bulu babi (sea urchin). Bulu babi berbulu tajam, tapi warnanya yang ungu atau coklat muda terkesan cantik.

Tertarik ke tidepool di California ? Agar semua aman, bila bepergian ke tidepool California, ingatlah semboyan “dipandang boleh, dipegang jangan”. Fauna dan flora cukup dipandang saja ! (magenta)

Untuk Share Artikel ini, Silakan Klik Disini www.KabariNews.com/?31175