Jakarta, KabariNews.com – Berdasarkan pemantauan para ilmuwan dan ahli astronomi, gerhana matahari total yang akan terjadi  pada hari Rabu (22/7), merupakan gerhana matahari yang terlama dari yang pernah terjadi.

Durasi gerhana matahari yang akan terjadi besok yakni sekitar 6 menit 39 detik.

Dibandingkan dengan gerhana matahari yang terjadi pada bulan Agustus 2008 dengan durasi selama 2 menit 27 detik, gerhana matahari besok merupakan gerhana matahari terlama.

Gerhana matahari besok akan dimulai di Teluk Khambat, utara Mumbai, India. Lalu bayangan gerhana matahari akan mulai bergerak ke timur melewati India, Nepal, Myanmar, Bangladesh, Bhutan dan Cina hingga berakhir di Samudra Pasifik.

Daerah Shanghai serta beberapa pulau di selatan Jepang merupakan daerah yang paling beruntung, karena masyarakat di daerah tersebut dapat melihat gerhana matahari total ini dengan sempurna.

Kegelapan di siang hari karena sinar matahari tertutup bulan akan menjadi fenomena yang tidak terlupakan bagi mereka.

Seperti yang dikutip dari pernyataan seorang ahli astronomi dari Shanghai Astronomical Observatory, Shao Zhenyi, bahwa kesempatan langka ini sudah lama ditunggu-tunggu oleh para ahli astronomi di seluruh negara.

“Kesempatan ini hanya terjadi dalam kurun waktu ratusan tahun, tidak heran jika kesempatan ini sangat ditunggu-tunggu. Ini merupakan kesempatan dan keberuntungan yang tidak ada nilainya.” ujar Shao Zhenyi.

Di Indonesia sendiri, kesempatan untuk menyaksikan gerhana matahari total tersebut hanya dapat dinikmati dari beberapa kota saja, yakni dari wilayah utara Indonesia.

Namun itu pun bukan penampakan gerhana matahari total yang terlihat, hanya sebagian piringan matahari saja yang tertutup oleh bayangan bulan yang, sehingga fenomena gelap di siang hari tidak dapat dirasakan di Indonesia.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?33441

Untuk melihat Berita Indonesia / Unik lainnya, Klik disini

Klik disini untuk Forum Tanya Jawab

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :