November tahun lalu baru saja dibuka Sekolah Bisnis Medical Marijuana di Oakland, sebuah kota di seberang San Francisco. Pencetus kawasan khusus di Oakland ini terinspirasi kota Amsterdam, Belanda yang melegalkan penjualan dan pemakaian marijuana dengan batasan tertentu.

Kawasan ini tepatnya di Oaksterdam, downtown Oakland. Nama Oaksterdam sebetulnya gabungan antara Oakland dan Amsterdam.

Sebegitu jauh, sudah ada 60 mahasiswa yang menyelesaikan kuliah – yang lamanya cuma dua kali pertemuan pada akhir pekan. Mata kuliahnya adalah seni dan sains tentang cannabis, tanaman yang berkhasiat untuk pengobatan. Mulai dari cara membudidayakan cannabis,memasak dan menjualnya serta memahami hak-hak pribadi tatkala“berhadapan dengan pihak yang berwajib”. Dengan biaya hanya $ 200,sekolah ini juga menyiapkan murid untuk bekerja di industri medical marijuana di California. Salah satu mata pelajarannya yaitu memasak dengan marijuana. Singkatnya, siswa diajari meracik konsentrat cannabis dengan berbagai produk makanan yang sudah umum dikenal, seperti cheesecake, permen, salad dressings dan minuman.

Medical marijuana dilegalkan di negara bagian California dan termaktub dalam Undang-Undang kota Oakland. Alasannya, tentu untuk keperluan kesehatan,seperti mengurangi rasa sakit pada penderita AIDS,kanker dan hepatitis. Disana juga ada beberapa klub marijuana, tapi untuk mengunjunginya tidak bisa sembarangan, harus memegang kartu khusus.

Namun, Hukum Federal tentang Marijuana masih diberlakukan. Asal tahu saja, salah satu dosen Oaksterdam U. ini,mengaku puluhan kali ditangkap agen federal di masa lalu.

Menurut pendiri sekolahnya – yang juga pemilik apotik marijuana untuk kesehatan, Richard Lee, idenya membuka “universitas” tersebut untuk memprofesionalkan industri medical marijuana, seperti layaknya industri bir dan perjudian.
Bagaimana prospek lulusan Oaksterdam U. ? Sang rektor sekaligus pendiri sekolah ini sesumbar bahwa pekerja pemula mendapat gaji lebih tinggi dari upah mininum. Bahkan untuk pemilik apotik dan manager medical marijuana bisa mencetak dollar 6 angka.

Drug Enforcement Agency, badan federal yang berwenang mengawasi peredaran dan penjualan marijuana di AS, bukannya tidak mengetahui kehadiran Oaksterdam U. Hanya saja mereka tidak punya alasan menyegel sekolah ini.

Sebagai info, berbicara tentang marijuana bukanlah sesuatu yang ilegal di AS.Juga, menyimpan marijuana dalam batas tertentu di tempat seperti Oaksterdam U., diangggap legal. Bahkan, di Sonoma County, penduduk diijinkan menanam dan memakai 99 batang tanaman cannabis (betina) di lahan kurang dari 100 kaki persegi.

Nah, apakah soal pemakai marijuana, cimeng dan gele dapat lepas dari jerat hukum dan bisa melenggang segalanya bebas di AS ? Apakah masyarakat AS permisif terhadap konsumsi cannabis ? Hmm… tentu saja tidak. Ini memang masalah kontroversial di AS ! (magenta)

Untuk Share Artikel ini, Silakan Klik www.KabariNews.com/?31171

Klik Disini untuk Baca Artikel ini di Majalah Kabari April 2008 ( E-Magazine )

Mohon Beri Nilai dan Komentar di bawah Artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Intero Real Estat

Lebih dari 1 juta rumah di Amerika

Klik www.InteroSF.com          Email :  Info@InteroSF.com

Telp. 1-800 281 6175