KabariNews – Saat ini cuaca pancaroba. Kadang panas, kadang hujan, datang siling berganti. Perubahan cuaca mempengaruhi ketahanan tubuh. Salah satu penyakit yang mudah menyerang adalah flu. Namun, beberapa jenis makanan dan minuman berikut ini bisa menjadi solusi bagi Anda mengatasi flu.

  1. Air Putih. Minum air putih dengan cukup dapat mengurangi penderitaan Anda dari penyakit ini. Selain menjaga tubuh tetap terhidrasi, minum air yang cukup dapat mengatasi hidung tersumbat saat flu. Air adalah pilihan yang jauh lebih baik daripada minuman berkafein yang memiliki efek diuretik dan dapat menyebabkan tubuh dehidrasi lebih cepat.
  2. Teh Hijau. Penelitian yang dilakukan ilmuwan Jepang menyatakan bahwa minum 2 cangkir teh hijau setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit ini hingga 70%. Dua zat utama katekin dan teanin, merupakan antioksidan yang baik untuk mengatasi flu.
  3. Sup Ayam. Menyantap sup ayam. Uap dari sup bisa melegakan hidung yang tersumbat oleh lendir pernapasan saat Anda terserang flu.   Selain itu, komposisi air pada sup dapat diserap tubuh untuk membantu mengencerkan lendir sehingga mudah dikeluarkan. Kandungan gizi pada ayam juga memiliki efek anti-inflamasi pada tubuh, membantu mengurangi pembengkakan yang terjadi pada saluran hidung dan sinus.
  4. Jus Sayur. Minum jus sayur dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Jus sayur kaya akan antioksidan. Ini adalah bentuk sayuran yang paling mudah Anda konsumsi saat Anda memiliki masalah dengan pencernaan.
  5. Bawang Putih. Kelebihan bawang putih adalah memiliki sifat antimikroba yang dapat menjaga kekebalan tubuh dan melancarkan saluran pernapasan dengan mencegah hidung tersumbat. Bila Anda tidak dapat mengonsumsinya secara langsung, campurkan bawang putih ke dalam masakan favorit Anda.
  6. Pisang. Pisang merupakan buah yang mudah dicerna karena teksturnya yang lembut, sehingga baik untuk kesehatan pencernaan Anda. Selain itu kandungan kalium yang tinggi pada pisang dapat membantu meringankan nyeri otot dan kram, dan mengatasi flu.
  7. Jahe. Saat Anda demam dan terserang flu, jahe dapat menghangatkan tubuh Anda. Lebih dari itu, jahe juga dipercaya membantu mengurangi peradangan pada tubuh. Campurlah jahe dengan minuman kesukaan Anda. Untuk hasil terbaik, konsumsilah dalam keadaan hangat.
  8. Jus Jeruk. Kandungan vitamin C yang tinggi dan karotenoid dalam jus jeruk adalah antioksidan kuat untuk melawan radikal bebas dan efektif untuk mencegah perkembangan virus influenza dalam tubuh Anda. Untuk mengatasi flu, minumlah 100% jus jeruk dan rasakan manfaatnya segera.
  9. Bayam. Sayuran yang kaya nutrisi ini bisa mengobati sakit flu, karena bayam mengandung folat yang membantu tubuh Anda memproduksi sel baru dan memperbaiki DNA. Bayam juga mengandung serat, antioksidan. Nutrisi bayam paling banyak didapat saat bayam dimakan mentah (setelah dicuci) atau dimasak sebentar.
  10. Air Garam. Garam meja dapat menjadi obat saat terkena pilek karena cuaca. Saat merasa tenggorokan tidak enak atau berdahak, buatlah larutan garam dengan air hangat, dan kumur tiga kali sehari. Rasanya memang tidak terlalu enak, tapi efeknya cepat dan sangat membantu mengobati gejala pilek. (Dessy/Foto :ist)