Tahun 2008 ini Kedutaan Besar Amerika di Jakarta memilih Victor Roring dalam program Visitor Leadership. Program yang berlangsung tiga minggu tersebut, diperuntukkan bagi kalangan profesional dari berbagai bidang. Mantan pemimpin negara, seperti Tony Blair dan Margaret Thatcher pernah mengikuti program yang sama. Keikutsertaan mantan pemain dan sekaligus pelatih Timnas (Tim Nasional) basket Indonesia di Sea Games Chiang Mei 2007 ini, sebagai seorang profesional di bidang olahraga khususnya bola basket.

Victor lahir dan besar di Manado. Kalangan penggila basket di Manado semuanya hampir mengenal Viktor Roring, sebagai remaja langsing yang jago basket dari SMA 7 Manado.Sejak Sekolah Dasar Viktor memang sudah ‘gila’ basket. Berbagai turnamen basket ia menangkan, mulai dari tingkat kecamatan sampai provinsi.

Kelincahannya bermain, menarik perhatian seorang pencari bakat dari PERBASI (PersatuanBola Basket Indonesia) yang kemudian mengajaknya ke Jakarta. Tak berpikir lama-lama, pria dengan tinggi badan 195 cm ini langsung memutuskan hijrah ke Jakarta dan bergabung di klub Pelita Jaya dibawah asuhan Perbasi. Karirnya mulai menanjak ketika ia menjadi “center”unggulan tim nasional. Puncak kariernya sebagai pelatih saat ia memimpin tim nasional merebut medali perak di Sea Games Chiang Mai 2007. Itulah prestasi terbaik yang pernah diukir Timnas basket Indonesia.

Kini ia melatih pemain basket klub yang dulu dibelanya, Satria Muda Britama. Sebagai pelatih, ia menerapkan disiplin yang ketat bagi anak didiknya, “Dua kata yang tidak ada dalam kamus saya, telat dan bolos !”

Pengagum coach Mike Krzyzewski( pelatih tim basket Duke University) ini berujar, “Biar bagaimanapun,pendidikan juga penting. Saya tidak mau anak didik saya mengabaikan pendidikan.”

Ini merupakan kunjungan pertama Victor ke Amerika. Selama menjalani program Visitor Leadership, bapak dua anak ini, berkesempatan mengunjungi berbagai universitas di Amerika untuk melakukan semacam studi banding dan transfer pengetahuan, termasuk mengunjungi markas NBA dan ngobrol langsung dengan Direktur Operasional NBA. Dalam program tersebut, ia juga mengunjungi kota New York, Indianapolis, Chicago, Colorado Springs, dan Los Angeles.

Selama kunjungannya itu, Victor belajar banyak hal yang baru, “Nonton pertandingan NBA disana sangat mengasyikan, sepulang menonton kita serasa baru berlibur, bukan sekedar nonton.” katanya

Namanya juga ‘anak basket’, kesempatan bisa nonton pertandingan NBA,tentu menjadi pengalaman tak terlupakan. “Tapi yang pasti, disana saya tidak cuma cari pengalaman doang dong, tapi harus benar-benar dimanfaatkan untuk belajar dan mengembangkan diri, supaya bisa ditransfer untuk kemajuan basket di Indonesia,” ungkapnya.

Satu hal yang menarik baginya, adalah saat berbicara dengan Direktur Operasional NBA, “Dia mengajukan pertanyaan kepada saya, kira-kira program seperti apa yang bisa dibantu NBA untuk memajukan olahraga basket di Indonesia ? Wah, saya bingung juga menjawabnya. Tapi akhirnya kami memang banyak bertukar pikiran. Intinya NBA tertarik membantu kemajuan basket Indonesia.”

Selama di Amerika, ia mendapatkan banyak ide dan tips dalam melatih serta mengembangkan industri basket. Pada akhir wawancara, Victor memberikan kesan mengenai program ini dan tentang Amerika. “Terus terang saya merasa beruntung bisa ikut program ini, dan ternyata orang Amerika cukup ramah, kok !” ujarnya tersenyum. (melany lintuuran/yayat)

Nama : Victor Gideon Roring
Lahir : Manado, 18 Desember 1972
Istri : Ellen Tuwaidan
Anak : 1. Natahniel Vitya Roring 2. Anastasia Katryna Roring
Kunjungan Victor Roring di Amerika :
-NBA headquarter: Dir. of Basketball Operations International and the asst. dir.
Indianapolis
-Commissioner of Indiana HS Athletic Assoc.
-NCAA headquarter: Sr. VP for Branding and Communications, Dir. of Public and Media Relations
-Watched NBA pacers vs spurs
DC
-Visited different state and federal departments
Chicago
-Assoc.Director of Athletch Dept and External Affairs of Depaul University (watched practices and match)
-YMCA of the USA: Sr. Assoc. Director of International Groups
Colorado Springs
-USA Basketball: Exec. Director
Los Angeles
-Watched Clippers game
-LA 84 foundation: VP of education services

Untuk Share Artikel ini, Silakan Klik Disini www.KabariNews.com/?31168

Mohon Beri Nilai dan Komentar dibawah Artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

April Insurance

Lebih dari 100 Perusahaan Asuransi di California

Klik www.ThinkApril.com

atau telpon 1-800 281 6175 atau Email  Info@ThinkApril.com