KabariNews – Siapa saja yang mendengar kata “setan”, sudah bisa dipastikan hal pertama kali yang dirasakan adalah rasa takut.

Namun tidak demikian dengan kata “setan” yang satu ini. Bagi masyarakat di sekitar kawasan Jalan KH. Hasyim Ashari, Jakarta Barat, nama tersebut cukup akrab mendampingi nama makanan yang ada di sana, di antaranya adalah Bakso Setan dan Rawon Setan.

Ditemani hujan rintik-rintik, mengetahui ada Bakso Setan ternyata menggugah rasa penasaran tim Kabari untuk mencoba mencicipi menu jajanan yang satu ini.

Bakso Setan ternyata cukup banyak diminati oleh para pecinta kuliner, khususnya mereka yang suka makan bakso di kawasan Jakarta dan sekitarnya.Maka tidak heran bila untuk menikmati bakso yang memiliki harga satu porsinya Rp 10.000 tersebut, Anda harus sabar menunggu giliran untuk dilayani. Oleh karena itu, disarankan jika ingin mencoba Bakso Setan jangan datang saat jam makan siang atau jam istirahat, karena sudah dapat dipastikan Kedai Bakso Setan ini akan ramai dengan pengunjung.

Mbak Iroh (34), pemilik kedai Bakso Setan mengungkapkan, bahwa nama Bakso Setan tersebut digunakannya hanya untuk membedakan bakso miliknya dengan bakso lainnya yang ada di Jakarta. Selain itu, nama ini terbukti dapat menarik para konsumen.

Berbeda dari bakso pada umumnya adalah ukuran baksonya tidak seperti biasa, karena ukurannya terbilang cukup besar sekitar 10 cm.

Bahkan sebelumnya ukuran bakso yang dijajakan di sini lebih besar dari yang ada sekarang ini, yakni seukuran mangkok baksonya. Namun karena para pembeli sering tidak habis dan terbuang percuma, maka ukurannya pun dewasa ini diperkecil.(Arip)